Film “Batman” yang diadopsi dari animasi Detective Comics-DC Amerika, perangkat baju Batman dilengkapi dengan kemampuan paling canggih untuk membantunya melawan kejahatan. Sekarang, sejumlah peneliti di Amerika mengembangkan sejenis pakaian “Superflex” yang memungkinkan seorang prajurit atau orang tua dan mereka yang punya keterbatasan fisik memiliki kekuatan “Super”, demikian dilansir dari “Daily Mail” co.uk.

Kreasi terbaru yang kompleks ini dikembangkan oleh sekelompok peneliti yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat. Pakain “Superflex” ini menggunakan sensor gerak, accelerometers dan giroskop yang mampu membaca dan mempelajari gerakan invidu pemakainya dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Sebagai bagian dari manajemen proyek (network planning) dari “US Department of Defense Advanced Research Projects Agency”, teknologi ini diaplikasikan untuk untuk mencegah dan menekan cedera muskuloskeletal di medan perang.

Kreasi terbaru tim developer California ini merupakan spin-off dari SRI International, saat ini tim terkait sedang berusaha menyempurnakan prototype “Superflex”, sekaligus sedang mencari mitra untuk komersialisasi.

Faktor yang memungkinkan Anda menjadi sesosok pahlawan super dari pakaian ini, karena Superflex menyimpan serangkaian sensor, mampu membaca dan mempelajari gerakan invidu, lalu secara cerdas menambahkan tenaga di lokasi sesuai dengan momen yang tepat.

Untuk prototipe saat ini adalah seperangkat pakaian yang lembut dan fleksibel, cocok disematkan untuk sebagian besar bentuk badan. Superflex dibekali dengan sistem canggih, ketika pengguna perlu bantuan ekstra atau orang tua yang perlu dibantu saat berjalan, pakaian ini dapat membagi beban secara merata ke lengan, kaki dan badan.

Membangun kembali kepercayaan diri

Bagi pejalan kaki yang bermasalah dengan gerakan fisiknya, walker (alat bantu jalan) memang salah satu solusi hemat biaya. Tapi, ia dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, kehilangan harga diri, kebebasan, dan memicu sejumlah masalah psikologis lainnya,” ujar Manish Kothari, Presiden SRI International Ventures Capital.

Tujuan utama Superflex adalah menghilangkan segala beban psikologis dan mengembalikan martabat pemakainya,” kata Manish Kothari menambahkan. Teknologi ini dirancang untuk membantu kestabilan anggota gerak atau tubuh seseorang yang gemetar, atau diaplikasikan untuk seorang prajurit yang membawa beban berat untuk mendukung gerakannya.

Karena baru akan diaktifkan pada saat diperlukan, sehingga daya tahan baterai pakaian ini juga bisa lebih lama, bagi mereka yang sering berolahraga. Tipe purwarupa Superflex memerlukan waktu lima menit buat dikenakan, tapi versi retailnya nanti akan lebih ringkas (dapat dipakai kurang dari dua menit), serta lebih hemat tempat dan praktis. Untuk saat ini, developer belum memberi tahu kapan Superflex akan tersedia dan berapa harganya. (Jhon/asr)

Share

Video Popular