Probolinggo – Sebanyak 32 ekor ikan paus terdampar di pesisir pantai Desa Randu Pitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Rabu (15/6/2016) lalu. Namun demikian belum bisa dipastikan apakah ada ikan paus lainnya yang kembali akan mendarat.

Laporan BNPB, tim gabungan dari Dinas Perikanan dan Kelautan, BKSDA, BPBD Kabupaten Probolinggo, TNI, Polri, SKPD, relawan, dan masyarakat berhasil menyelamatkan sebanyak 24 ekor ikan paus jenis pilot sirip pendek kembali ke perairan laut.

“Sedangkan 8 ekor ikan paus mati kekurangan oksigen,” kata  Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Puluhan ikan paus yang terdampat tersebut beberapa diantaranya terdampar di dekat hutan mangrove. Diperkirakan ikan paus tersebut terdampar akibat cuaca ekstrem yang terjadi sebelumnya sehingga konsentrasi oksigen berkurang di perairan laut dalam.

BPBD Kab Probolinggo melaporkan ke posko BNPB bahwa penanganan ikan laut terdampar dilakukan dengan hati-hati. BPBD membantu instansi yang berwenang dalam penyelamatan ikan paus.

Masyarakat sekitar banyak berdatangan ke lokasi untuk melihat ikan paus yang terdampar. Saat air laut pasang maka sebanyak 24 ekor ikan paus yang berhasil diselamatkan dilepas ke laut dengan selamat. (asr)

Share

Video Popular