Oleh: Huang Xiao Yu

Baru-baru ini, pengamatan astronomi menemukan sebuah asteroid kecil seperti satelit yang berputar mengitari Bumi. Anehnya, asteroid ini telah mengitari Bumi selama 50 tahun, tapi tidak pernah terdeteksi oleh astronom Objek tersebut dinamakan 2016 HO3, yang terdeteksi teleskop Pan-STARRS 1 di Hawaii pada 27 April 2016.

“Asteroid 2016 HO3 telah setengah abad mengikuti gerak planet kita, namun berada pada jarak yang sangat jauh, kami menyebutnya sebagai satelit kuasi Bumi, dan ia masih akan mengitari bumi selama berabad-abad,” kata Paul Chodas, astronom dari NASA’s Near Earth Object Research Center, seperti dikutip dari laman CNN, Kamis (16/6/2016).

Para ilmuwan yang memantau pergerakan asteroid menyatakan di Twitter, bahwa orbit 2016 HO3 stabil dan berada pada jarak yang jauh, jadi tidak perlu khawatir akan menabrak bumi.

Melansir laman Sapce.com, asteroid 2016 HO3 berdiameter sekitar 40 – 100 meter, lintasan asteroid 2016 HO3 ini cenderung memutar dan melayang dari waktu ke waktu, jaraknya dari bumi sekitar 14,5 juta kilometer, dan tidak pernah lebih jauh dari 38,6 juta km. Bulan yang dimiliki Bumi sendiri berjarak 384.000 kilometer dengan diameter 3.219 kilometer.

Asteroid 2016 HO3 sekilas terlihat sedang menari bersama bumi,” ujar Chodas menambahkan. Apakah itu adalah bulan lainnya yang mendampingi Bumi?

Menurut penjelasan NASA, karena asteroid tersebut sangat jauh, jadi tak dapat dijuluki satelit alami layaknya Bulan. Sebagai gantinya, para ilmuwan menyebutnya kuasi-satelit.

“2016 HO3 bukan merupakan asteroid pertama yang menemani Bumi, 10 tahun lalu, pernah ditemukan asteroid lain bernama 2003 YN107 yang mengorbit dengan pola serupa, namun belakangan asteroid itu pergi,” jelas Chodas.

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa terdapat “Bulan Mini” yang mengorbit Bumi, di mana beberapa di antaranya mengitari secara permanen sedangkan lainnya hanya sementara. Pada 2012 lalu, dengan menggunakan komputer canggih, para peneliti menyimpulkan bahwa pada waktu tertentu setidaknya terdapat satu asteroid dengan diameter minimal 1 meter mengorbit Bumi, demikian dikutip dari CNN. (Epochtimes/joni/rmat)

Share

Video Popular