Oleh: Han Jie

Keahlian adalah gerbang utama bagi kita untuk menuju profesi karier dan kehidupan yang lebih bermutu. Masalahnya adalah, dari keuangan mayoritas kita pada seret, setelah terbebani membayar uang sewa (atau kredit pinjaman KPR) atau kredit mobil, kebanyakan hanya bisa mempertahankan gaya hidup yang mendasar. Tapi jangan khawatir, masih banyak cara untuk bisa mendapatkan keahlian baru yang tidak perlu sampai mengalami kebangkrutan.

1. Seminar umum

Ketika ada orang meminta konglomerat AS Warren Buffett untuk memberikan wejangan kepada para lulusan sekolah, Buffett berkata, “Tingkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi dan berbicara di depan publik adalah salah satu keahlian yang paling bernilai yang harus Anda kembangkan.” Kebanyakan dari kita tidak memiliki kesempatan untuk sering meningkatkan keahlian berbicara itu, tapi toh ada pilihan yang murah, Anda bisa gunakan cara berikut untuk mulai berlatih.

The International Toastmasters Organization akan mengatur Anda ikut dalam komunitas sosial yang bertujuan sama, menggunakannya untuk meningkatkan teknik Anda berpidato di depan publik. Para anggota akan mendapat masukan dan kesempatan berlatih dalam organisasi ini secara sangat ekonomis.

2. Manajemen keuangan pribadi

Manajemen keuangan pribadi sepertinya adalah hal yang paling mendasar, tapi ini mungkin hal yang belum bisa dilakukan dengan baik oleh kebanyakan orang. Ada satu hal yang perlu diingat, Anda harus hidup sesuai pemasukan, satu hal lagi adalah harus diketahui berapa banyak yang harus Anda tabung, bagaimana Anda membagi uang Anda dan berbagai detail lain.

Bagaimana caranya: Sebuah buku yang sangat baik akan membantu Anda mengotomatisasi manajemen keuangan Anda, buku itu ditulis oleh Ramit Sethi berjudul “I Will Teach You To Be Rich”, di dalam buku itu diungkapkan nilai menjadi kaya yang sesungguhnya.

3. Investasi

Begitu Anda telah memiliki perencanaan keuangan maka mulailah melakukan investasi. Jika tidak ada investasi, kita tidak akan bisa mencapai kekayaan yang kita inginkan. Jika Anda tidak yakin 100% akan target investasi setiap tahun (saham, obligasi, properti, dan lain-lain), maka Anda seharusnya meluangkan waktu untuk memahaminya sebelum berinvestasi.

Bagaimana caranya: Simak perangkat seperti Investopedia (ensiklopedia investasi), data yang dimiliki sangat kaya, bisa mengajarkan istilah investasi, bahkan memiliki forum saham simulasi bagi Anda untuk masuk ke bursa saham dengan investasi “simulasi”.

4. Bahasa asing

Kita sedang memasuki sebuah era multi-bahasa dengan cepat, mulai dari budaya, bisnis dan manusia semua ini sedang berintegrasi dalam ruang lingkup global. Baik dalam hal mencari profesi yang lebih tinggi, atau berinteraksi dengan keluarga dan teman, atau berencana akan berlibur dalam waktu dekat, belajar bahasa asing akan mengubah hidup Anda.

Bagaimana caranya: Kabar baiknya adalah, belajar bahasa asing kini menjadi lebih mudah. Manfaatkan metode gratis secara optimal, jika menyukai tantangan belajar bahasa asing seperti Learn A Language Challenge, setiap pagi belajar 10 kosa kata baru yang paling sering dipakai.

5. Pengembangan Internet atau Mobile

Anda mempunyai pemikiran yang besar tapi tidak tahu bagaimana mewujudkannya?

Daripada menghabiskan uang banyak pada perusahan pengembang atau instansi perantara, mengapa tidak meluangkan waktu untuk belajar sendiri? Tidak ada hal yang lebih efektif dan lebih bermanfaat daripada belajar membuat program sendiri, dan untungnya, teknik membuat program juga sangat diminati saat ini.

Bagaimana caranya: Lihat seperti Codeacademy (forum interaktif di internet yang menyediakan pelajaran pembuatan program secara gratis) sebagai pilihan gratis, di forum ini tersedia prosedur dan situs bagi Anda untuk mulai menulis program, dan Anda juga akan mendapatkan masukan secara cepat.

6. Membaca cepat

Membaca dapat mengubah hidup dan aturan main profesi kita. Karena buku merupakan kristalisasi pengetahuan para ahli dan pola pikir para tokoh pemimpin, serta dapat memperbaiki kualitas hidup kita secara signifikan. Masalahnya adalah, membaca buku bisa menghabiskan waktu yang cukup banyak, terutama disaat kita sibuk dengan pekerjaan dan hidup sehari-hari kita. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara membaca cepat, meningkatkan kecepatan membaca kita. Ketika kecepatan membaca Anda menjadi semakin cepat, maka Anda akan bisa membaca lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit.

Bagaimana caranya: Pertama-tama, Anda perlu menguji kecepatan membaca Anda untuk mengetahui seberapa cepat Anda membaca saat ini. Untuk meningkatkan kecepatan membaca bisa mengikuti program pelatihan seperti Spreeder, atau bisa mencoba menggunakan pelajaran gratis dalam meningkatkan kecepatan membaca.

7. Meditasi

Meditasi telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan perasaan bahagia, mengurangi stres dan meningkatkan efektivitas kerja, sehingga dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Meditasi berasal dari kebudayaan Timur dan sekarang perlahan menjadi tren di masyarakat Barat.

Bagaimana caranya: Cara ini gratis (kunjungi website falundafa. or.id). Jika Anda adalah pemula, disaat bermeditasi tenangkan hati dan kosongkan pikiran Anda, ini akan membantu Anda mengosongkan dan menjernihkan hati serta pikiran lewat latihan. Latihan 10 menit setiap hari mutlak Anda butuhkan, dengan cepat Anda akan segera terbiasa, kebiasaan ini akan menimbulkan dampak positif bagi kehidupan Anda. (Epochtimes/Sud/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular