Komando Armada Ketujuh AS dalam pemberitaannya menyebutkan bahwa kelompok tempur dari 2 kapal induk USS John C. Stennis dan USS Ronald Reagan, pada Sabtu (18/6/2016) berada di perairan Filipina untuk melakukan latihan perang memmperluas pertahanan udara, pemantauan maritim dan serangan jarak jauh.

Menurut BBC bahwa Pengadilan Arbitrase Internasional Den Haag pada bulan depan mungkin akan mengeluarkan keputusan atas arbitrase soal sengketa wilayah dengan Tiongkok yang diajukan oleh Filipina beberapa waktu lalu. Serta menghadapi sikap agresif dan tanpa kompromi yang ditunjukkan Tiongkok, AS  melakukan latihan perang di perairan Filipina dengan maksud untuk mempertontonkan kekuatan militer.

Komando militer AS mencatat bahwa sejak Tiongkok terus mengembangkan kekuatan maritimnya dan melakukan reklamasi pulau yang berada di Laut Tiongkok Selatan secara besar-besaran. Latihan militer AS kali ini menunjukkan bahwa kehadiran kekuatan militer AS di Asia Pasifik masih akan berlanjut.

Komandan kelompok tempur kapal induk AS, Laksamana Muda Marcus A. Hitchcock mengatakan, belum ada angkatan laut dari negara lain yang dapat membangun kekuatan pertempuran di laut sebesar ini, sungguh sangat spektakuler.

Filipina menamakan 200 mil laut perairan di tepi barat negaranya sebagai Laut Filipina, namun sebagian dari perairan itu tumpang tindih dengan perairan yang namanya Laut Tiongkok Selatan. Oleh karena itu, latihan militer AS yang langka di perairan tersebut menarik perhatian internasional.

Kedua kapal induk USS John C. Stennis dan USS Ronald Reagan tersebut termasuk kapal induk kelas Nimitz yang dilengkapi dengan pesawat multi target, memiliki kemampuan tempur yang besar. Kedua kapal induk tersebut masing-masing didampingi oleh sejumlah kapal perang dan kapal selam.

Dalam berita yang dirilis oleh Komando Armda Ketujuh pada 18 Juni menyebutkan bahwa kedua kapal induk tersebut melakukan latihan pertempuran di laut dan pertahanan udara, latihan untuk serangan jarak jauh, pengawasan dan pasokan maritim, koordinasi antar unit serta latihan lainnya.

Kapal induk USS John C. Stennis sejak awal bulan Maret memasuki wilayah Laut Tiongkok Selatan sampai sekarang masih terus berada di sana dan melakukan tugas investigasi di perairan setempat.

Media AS Navy Times memberitakan, USS Ronald Reagan dan USS John C. Stennis mungkin akan berada di perairan Laut Tiongkok Selatan untuk melakukan perondaan laut dalam suatu periode. Penempatan mereka masih akan berlanjut sampai bulan Juli mendatang sampai USS John C. Stennis berangkat mengikuti latihan militer multinasional Pacific Rim di perairan Hawaii.

Berita juga menyebutkan bahwa USS Ronald Reagan beserta kelompok tempurnya setelah malakukan pemeliharaan dan penambahan pasokan akan kembali ke Laut Tiongkok Selatan untuk bergiliran tugas dengan USS John C. Stennis.  Tampak jelas bahwa AS masih akan terus menempatkan kapal induknya di Laut Tiongkok Selatan. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular