Sayuran rendah kalori namun kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, banyak yang rendah karbohidrat dan tinggi serat, membuat mereka ideal untuk diet rendah karbohidrat.

Definisi dari diet rendah karbohidrat bervariasi, namun sebagian besar berada di bawah 150 gr karbohidrat per hari, dan beberapa terendah 20 gr per hari.

Apakah Anda sedang diet rendah karbohidrat, selalu makan lebih banyak sayuran merupakan ide yang bagus.
Berikut adalah daftar dari 21 sayuran rendah karbohidrat terbaik untuk di sertakan dalam diet Anda.

1. Paprika

Paprika. (jeshoots/pexels)

Paprika. (jeshoots/pexels)

Paprika, juga dikenal sebagai paprika manis atau capsicums, yang sangat bergizi.

Mereka mengandung antioksidan yang disebut karotenoid yang dapat mengurangi peradangan, menurunkan risiko kanker, dan melindungi kolesterol dan lemak dari kerusakan oksidatif.

Satu cangkir (149 gr) paprika cincang mengandung 9 gram karbohidrat, 3 gr di antaranya adalah serat.

Paprika hijau, oranye, dan kuning, merah memiliki profil gizi yang sama, namun paprika merah paling tinggi kandungan antioksidan tertentu.

Intinya. Paprika adalah anti-inflamasi dan tinggi vitamin A dan C. Mereka mengandung 6 gr karbohidrat (“bersih”) per porsi.

2. Brokoli

Sup brokoli. (StephanieFrey/iStock)
Sup brokoli. (StephanieFrey/iStock)

Brokoli adalah makanan super yang baik. Termasuk anggota dari keluarga sayuran silangan, yang mencakup kale, kubis Brussel, lobak, dan kol.

Studi menunjukkan brokoli dapat menurunkan resistensi insulin pada penderita diabetes Type 2. Juga dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat.

Satu cangkir (91 gram) brokoli mentah mengandung 6 gr karbohidrat, 2 gr serat. Ini juga menyediakan lebih dari 100 persen dari RDI vitamin C dan K.

Catatan. Brokoli mengandung 4 gr karbohidrat per porsi. Mengandung vitamin C dan K, dapat mengurangi resistensi insulin dan membantu mencegah kanker.

3. Asparagus

Asparagus.(Timolina/Shutterstock)
Asparagus.(Timolina/Shutterstock)

Asparagus adalah sayur musim semi yang lezat.

Satu cangkir (180 gr ) asparagus dimasak mengandung 8 gr karbohidrat, 4 gr di antaranya adalah serat. Ia juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, dan K.

Dalampenelitian di laboratorium telah menemukan bahwa asparagus dapat membantu menghentikan pertumbuhan beberapa jenis kanker, dan penelitian pada tikus menunjukkan dapat membantu melindungi kesehatan otak dan mengurangi kecemasan.

Catatan. Asparagus mengandung 4 gr karbohidrat per porsi. Ini adalah sumber yang baik dari beberapa vitamin dan dapat membantu melindungi terhadap beberapa jenis kanker.

4. Jamur

Jamur kancing putih atau agaricus. (Budgetstockphoto/iStock)
Jamur kancing putih atau agaricus. (Budgetstockphoto/iStock)

Jamur sangat rendah karbohidrat.

1 cangkir (70 gr ) porsi jamur putih mentah hanya mengandung 2 gr karbohidrat, 1 gr serat.

Terlebih lagi, mereka telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Dalam sebuah studi dari pria dengan sindrom metabolik, makan 100 gr (3,5 ons) dari jamur putih selama 16 minggu mengalami perbaikan yang signifikan dalam penanda antioksidan dan anti-inflamasi.

Catatan . Jamur mengandung 1 gr karbohidrat per porsi. Dapat mengurangi peradangan pada orang dengan sindrom metabolik.

5. Timun Jepang

Timun Jepang (Jimmychou/iStock)
Timun Jepang (Jimmychou/iStock)

Satu cangkir (124 gr) dari timun Jepang mentah mengandung 4 gr karbohidrat, 1 gr serat. Ini adalah sumber yang baik dari vitamin C, menyediakan 35 persen dari RDI per porsi.

Intinya. Timu Jepang dan jenis-jenis temun lainya mengandung 3 gr karbohidrat per porsi dan tinggi vitamin C.

6. Bayam

Salad bayam dan strowbery. (Lesyy.iStock)
Salad bayam dan strowbery. (Lesyy.iStock)

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang memberikan manfaat kesehatan yang besar.

Para peneliti melaporkan bahwa bayam dapat membantu mencegah kerusakan DNA. Juga melindungi kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko penyakit mata umum seperti katarak dan degenerasi makula.

Terlebih lagi, itu adalah sumber yang sangat baik dari beberapa vitamin dan mineral. Satu cangkir (180 gr ) bayam dimasak menyediakan lebih dari 10 kali RDI vitamin K.

Bayam juga rendah karbohidrat, tapi karbohidrat menjadi lebih terkonsentrasi.

Misalnya, 1 cangkir bayam yang dimasak mengandung 7 gr karbohidrat dengan 4 gr serat, sedangkan 1 cangkir bayam mentah mengandung 1 gr karbohidrat dengan hampir 1 gr serat.

Catatan. Bayam matang mengandung 3 gr karbohidrat per porsi, sangat tinggi vitamin K, dan membantu melindungi jantung dan kesehatan mata.

7. Alpukat

Alpukat . (Samira Bouaou/Epoch Times)
Alpukat . (Samira Bouaou/Epoch Times)

Alpukat adalah makanan unik dan lezat. Meskipun secara teknis buah, alpukat biasanya dikonsumsi sebagai sayuran. Mereka juga tinggi lemak dan mengandung sangat sedikit karbohidrat.

Satu cangkir (150 gr) alpukat cincang memiliki 13 gr karbohidrat, 10 gr di antaranya adalah serat.

Alpukat juga kaya asam oleat, jenis lemak tak jenuh tunggal yang memiliki efek menguntungkan pada kesehatan. penelitian kecil telah menemukan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

Mereka juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C, folat, dan potasium.

Meskipun alpukat adalah makanan yang cukup tinggi kalori, mereka mungkin bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang kelebihan berat badan yang menyertakan setengah alpukat saat makan siang dilaporkan merasa lebih kenyang dan memiliki kurang keinginan untuk makan selama lima jam berikutnya.

Catatan. Alpukat menyediakan 3 gr karbohidrat bersih per porsi. Mereka memberikan rasa kenyang dan tinggi lemak dan serat, menyehatkan jantung.

8. Kembang kol

Kembang kol. (Anna1311/iStock)
Kembang kol. (Anna1311/iStock)

Kembang kol adalah salah satu sayuran rendah karbohidrat yang paling serbaguna dan populer.

Ini memiliki rasa yang sangat ringan dan dapat digunakan sebagai pengganti kentang, beras, dan makanan tinggi karbohidrat lainnya.

Satu cangkir (100 gr ) kembang kol mentah mengandung 5 gr karbohidrat, 3gr di antaranya adalah serat. Juga tinggi vitamin K dan memberikan 77 persen dari RDI untuk vitamin C.

Seperti sayuran lainnya, kembang kol juga terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

Catatan . Kembang kol mengandung 5 gr karbohidrat per porsi. Mengandung vitamin K dan C, dan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

9. Kacang buncis

Kacang buncis. (Sonja Langford/Unsplash)
Kacang buncis. (Sonja Langford/Unsplash)

Kacang buncis adalah anggota dari keluarga kacang-kacangan, bersama dengan kacang dan lentil. Namun, mereka memiliki lebih sedikit karbohidrat daripada kebanyakan kacang-kacangan lainya.

Satu cangkir (125 gr) porsi kacang buncis dimasak mengandung 10 gr karbohidrat, 4 gr di antaranya adalah dari serat.

Mereka tinggi pigmen hijau yang dikenal sebagai klorofil, yang studi pada hewan menunjukkan dapat membantu melindungi terhadap kanker.

Selain itu, mereka mengandung karotenoid, yang berhubungan dengan meningkatkan fungsi otak selama penuaan.

Catatan. Kacang buncis mengandung 6 gr karbohidrat per porsi, serta antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker dan melindungi otak.

10. Selada

Selada (Aijiro/Shutterstock)
Selada (Aijiro/Shutterstock)

Selada adalah salah satu sayuran terendah karbohidrat .

Satu cangkir (47 gr) selada mengandung 2 gr karbohidrat, 1 gr serat.

Tergantung pada jenis, mungkin juga menjadi sumber yang baik dari vitamin tertentu.

Misalnya, romaine dan varietas hijau gelap lainnya kaya akan vitamin A, C, dan K. Mereka juga tinggi folat.

Folat membantu tingkat penurunan homosistein, suatu senyawa diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung-. Dalam salah satu penelitian terhadap 37 wanita, mengonsumsi makanan tinggi folat selama lima minggu mengurangi kadar homosistein sebesar 13 persen, dibandingkan dengan diet rendah folat.

Catatan . Selada mengandung 1 gr karbohidrat per porsi. tinggi beberapa vitamin, termasuk folat, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.(Epochtimes)

Bersambung

Share

Video Popular