Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga yang teratur dapat membangun tulang anak yang kuat, bahkan pada anak-anak yang secara genetika memiliki tulang yang lemah.

Kita semua tahu bahwa olahraga dapat memperkuat tulang. Tapi sekarang, para peneliti mengatakan bahwa olahraga dapat memperkuat tulang bahkan anak-anak yang memiliki tulang rapuh karena genetika. Aktivitas fisik dikatakan dapat memerangi efek genetika pada kerapuhan tulang. Setelah memeriksa lebih dari 900 anak-anak yang berusia antara 5 dan 19 tahun, para peneliti memberi kesimpulan ini. Sebagai bagian dari studi ini, peneliti memerhatikan jumlah aktivitas fisik dan kepadatan tulang masing-masing peserta.

Anak-anak yang berkativitas lebih banyak menunjukan kepadatan tulang yang lebih tinggi bahkan ketika mereka memiliki disposisi genetik mengembangkan tulang rapuh.

Berikut beberapa manfaat olahraga bagi anak.

Mengembangkan ketahanan tubuh dari infeksi

Dengan aktif berolahraga dapat membentuk daya tahan tubuh anak yang lebih kuat, sehingga dapat melawan serangan flu, alergi dan demam yang datang menyerang anak Anda.

Menyehatkan jantung

Olahraga secara teratur dapat memperkuat sistem kardiovaskular dan menyehatkan jantung anak Anda.

Riwayat kolestrol lebih baik

Dengan rutin berolahraga dapat menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah pada anak.

Sirkulasi darah yang lebih baik

Dengan berolahraga akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh area tubuh, seluruh sel mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi.

Meningkatkan kecerdasan anak

Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang bergerak aktif secara fisik, cenderung lebih cerdas serta memiliki daya ingat yang kuat.

Mencegah obesitas pada Anak

Olahraga secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya obesitas pada anak sejak dini.

Menyehatkan tubuh anak secara keseluruhan

Berolahraga secara rutin tentu dapat meningkatkan kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Namun, Anda disarankan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda, tentang jenis olahraga yang sesuai dengan usia anak Anda.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular