- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Korut Dikecam Internasional karena Meluncurkan Lagi 2 Rudal Balistik Musudan

Pihak berwenang dari Departemen Pertahanan Korea Selatan, pada Rabu (22/6/2016) mengatakan bahwa Korea Utara kembali meluncurkan 2 buah rudal balistik berjarak menengah ‘Musudan’ ke perairan Jepang. Di mana salah satu dari rudal yang diluncurkan itu diyakini telah berhasil. AS, Jepang dan Korea Selatan menyampaikan kecaman keras atas tindakan Korut itu.

Korut meluncurkan lagi 2 buah rudal Musudan

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, Korea Utara pada 22 Juni pukul 05:58 waktu Seoul meluncurkan sebuah rudal dari Gangwon-do,Wonsan menuju perairan Jepang. Rudal itu dinyatakan gagal karena meledak di udara setelah sempat meluncur sejauh kira-kira 150 km di atas perairan Jepang.

Pada hari yang sama pukul 08:05, rudal kedua diluncurkan dari lokasi yang sama menuju sasaran yang sama. Para pemantau Korea Selatan sementara beranggapan bahwa peluncuran kali ini besar kemungkinan berhasil karena sudah terbang sejauh 400 km.

Media Yonhap menyebutkann, Korut mungkin menaikkan sudut peluncuran rudal kedua itu, sehingga mampu terbang sampai melebihi 400 km. Saat ini, dinas intelijen Korea Selatan sedang menganalisa apakah rudal jarak menengah Korut itu dilengkapi dengan hulu ledak nuklir miniatur.

Media Korea Selatan menyebut bahwa Kim Jong-un pada saat peluncuran juga berada di lokasi untuk mengamati uji coba tersebut. AFP memberikan komentar, jika uji coba ini berhasil, maka dapat dikatakan bahwa upaya Korea Utara untuk menyerang benua Amerika dengan senjata nuklir sudah  mengalami kemajuan yang berarti.

AS, Jepang dan Korea Selatan  mengeluarkan kecaman keras

Jurubicara Pementerian Luar Negeri Korea Selatan Cho June-hyuck pada 22 Juni mengeluarkan pernyataan mengutuk keras Korut meluncurkan lagi 2 buah rudal Musudan, dan memperingatkan bahwa tindakan Korut itu hanya akan mengundang sanksi dan tekanan yang lebih keras baik dari Korea Selatan maupun masyarakat internasional.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS John Kirby dalam peryataannya menyebutkan, AS mengecam keras tindakan pemerintah Korut dan menyampaikan bahwa rasa kekhawatiran AS terhadap tindakan Korut ini akan segera dilaporkan kepada Dewan Keamanan PBB untuk ditindaklanjuti. Dengan demikian,  Korut harus mempertanggungjawabkan akibat tindak provokasinya.

NHK Jepang mengutip ucapan Shinzo Abe mengatakan bahwa melakukan uji coba peluncuran rudal ke perairan Jepang merupakan tindakan yang tidak akan ditolerir.

Sejak 2014, Korut mulai melakukan uji coba peluncuran rudal jarak menengah ‘Musudan’ buatannya sendiri. Jarak maksimal rudal tersebut diperkirakan antara 2.500 – 4.000 km. Ini berarti bahwa jarak cakupan rudal ini dapat meliputi seluruh wilayah Jepang dan Korea Selatan, bahkan mungkin sampai ke Pulau Guam di Pasifik barat di mana pangkalan militer AS berada.

4 kali uji coba peluncuran rudal ‘Musudan’ yang dilakukan Korut sejak awal tahun ini belum satu pun yang berhasil. (sinatra/rmat)