Sayuran rendah kalori namun kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, banyak yang rendah karbohidrat dan tinggi serat, membuat mereka ideal untuk diet rendah karbohidrat.

Definisi dari diet rendah karbohidrat bervariasi, namun sebagian besar berada di bawah 150 gr karbohidrat per hari, dan beberapa terendah 20 gr per hari.

Apakah Anda sedang diet rendah karbohidrat, selalu makan lebih banyak sayuran merupakan ide yang bagus.(Artikel ini adalah baagian ke-2 dari dua bagian)

11. Bawang putih

Bawang putih. (pixs4u/iStock)
Bawang putih. (pixs4u/iStock)

Bawang putih dikenal memberikan efek menguntungkan pada fungsi kekebalan tubuh.

Studi telah menemukan bahwa bawang putih meningkatkan perlawanan terhadap virus flu biasa dan menurunkan tekanan darah.

Satu siung (3 gr) bawang putih mengandung 1 gr karbohidrat, sebagian serat.

Catatan. Satu suing bawang putih mengandung 1 gr karbohidrat. Dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

12. Kale

Smoothie kale (Dirima/iStock)
Smoothie kale (Dirima/iStock)

Kale penuh dengan antioksidan, termasuk quercetin dan kaempferol.

Telah terbukti menurunkan tekanan darah dan juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit lainnya.

Satu cangkir (67 gr) kale mentah mengandung 7 gr karbohidrat, 1 gr serat. Hal ini juga memberikan 206 persen mengesankan dari RDI vitamin A dan 134 persen dari RDI untuk vitamin C.

Asupan vitamin C yang tinggi telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melawan radikal bebas yang merusak, yang dapat mempercepat proses penuaan.

Catatan. Kale mengandung 6 gr karbohidrat per porsi. Tinggi antioksidan dan memiliki lebih dari 100 persen dari RDI vitamin A dan C.

13. Mentimun

Makan acar dan makanan tradisional fermentasi lainnya dapat membantu menyembuhkan gangguan suasana hati. (tycoon751_iStock)
Makan acar dan makanan tradisional fermentasi lainnya dapat membantu menyembuhkan gangguan suasana hati. (tycoon751_iStock)

Mentimun yang rendah karbohidrat dan sangat menyegarkan.

Satu cangkir (104 gr) ketimun cincang mengandung 4 gr karbohidrat dengan serat kurang dari 1 gr.

Meskipun mentimun tidak tinggi vitamin atau mineral, tapi mengandung senyawa yang disebut cucurbitacin E, yang mungkin memiliki efek menguntungkan pada kesehatan.

Hasil dari penelitian dengan tabung percobaan dan hewan depercaya mengandung anti-kanker dan anti-inflamasi dan dapat melindungi kesehatan otak.

Catatan. Mentimun mengandung 4 gr karbohidrat per porsi. Mereka dapat membantu melindungi terhadap kanker dan kesehatan otak.

14. Kubis Brussel

Kubis Brussel .(bhofack2/iStock)
Kubis Brussel .(bhofack2/iStock)

Setengah cangkir (78 gr ) satu porsi kubis Brussel matang mengandung 6 gr karbohidrat, 2 gr serat.

Ini juga menyediakan 80 persen dari RDI untuk vitamin C dan 137 persen dari RDI vitamin K.

Terlebih lagi, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa makan kubis Brussel dapat mengurangi faktor risiko kanker, termasuk kanker usus besar.

Catatan . Kubis Brussel mengandung 4 gr karbohidrat per porsi. Mengandung vitamin C dan K, dan dapat membantu mengurangi risiko kanker.

15. Celery

Celery.
Celery.

Celery sangat rendah karbohidrat mudah dicernakan.

Satu cangkir (101 gr) porsi celery cincang mengandung 3 gr karbohidrat, 2 gr serat. Ini adalah sumber yang baik dari vitamin K, menyediakan 37 persen dari RDI.

Selain itu, mengandung luteolin, antioksidan yang menunjukkan potensi yang baik mencegah dan membantu mengobati kanker.

Catatan . Celery 3 gr karbohidrat mudah dicerna per porsi. Juga mengandung luteolin, yang memiliki sifat anti-kanker.

16. Tomat

Tomat (OlgaMiltsova/iStock/Thinkstock)
Tomat (OlgaMiltsova/iStock/Thinkstock)

Tomat memiliki sejumlah manfaat kesehatan mengesankan.

Seperti alpukat, mereka secara teknis buah tetapi biasanya dikonsumsi sebagai sayuran.

Tomat juga rendah karbohidrat mudah dicerna. Satu cangkir (149 gr) tomat cherry mengandung 6 gr karbohidrat, 2gr di antaranya adalah serat.

Tomat merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, dan K. Selain itu, mereka tinggi kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Tomat juga telah dibuktikan dapat membantu memperkuat sel-sel endotel yang melapisi arteri Anda, dan kandungan likopen yang tinggi dapat membantu mencegah kanker prostat.

Tomat memasak meningkatkan konten lycopene, dan menambahkan lemak seperti minyak zaitun saat memasak telah dibuktikan untuk meningkatkan penyerapan.

Catanan. Tomat mengandung 4 gr karbohidrat mudah dicerna per porsi dan tinggi vitamin dan kalium. Mereka dapat membantu melindungi kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.

17. Lobak

Lobak (mythja/Shutterstock)
Lobak (mythja/Shutterstock)

Lobak adalah sayuran rendah karbohidrat, rasa pedas.

Satu cangkir (116 gr) dari lobak iris mentah mengandung 4 gr karbohidrat, 2 gr di antaranya adalah serat.

Mereka cukup tinggi vitamin C, menyediakan 29 persen dari RDI per porsi.

Lobak adalah salah satu sayuran Brassica, yang telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pasca menopause dengan memodifikasi cara tubuh memetabolisme estrogen.

Catatan. Lobak mengandung 4 gr karbohidrat mudah dicerna per porsi dan dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pasca menopause.

18. Bawang berah

Bawang merah.(Monstruo Estudio/Unsplash)
Bawang merah.(Monstruo Estudio/Unsplash)

Bawang adalah sayuran lezat dan bergizi.

Meskipun mereka cukup tinggi karbohidrat , mereka biasanya dikonsumsi dalam jumlah kecil karena aromanya yang kuat.

Setengah cangkir (58 gr ) dari bawang merah mentah iris mengandung 6 gr karbohidrat, 1gr serat.

Bawang tinggi di quercetin antioksidan, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Satu studi terhadap perempuan yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) menemukan bahwa mengonsumsi bawang merah kadar kolesterol LDL berkurang.

Catatan . Bawang merah mengandung 6 gr karbohidrat per porsi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL ke tingkat yang lebih rendah.

19. Terong

Terong. (Elena Veselova/Shutterstock)
Terong. (Elena Veselova/Shutterstock)

Terong merupakan sayuran yang umum di banyak masakan Italia dan Asia.

Satu cangkir (99 gr) terong cincang yang dimasak mengandung 8 gr karbohidrat, 2gr di antaranya adalah serat.

Hal ini tidak sangat tinggi di sebagian besar vitamin atau mineral, tetapi penelitian hewan menunjukkan terong dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan penanda lain dari kesehatan jantung.

Hal ini juga berisi antioksidan yang dikenal sebagai nasunin dalam pigmen ungu kulitnya. Para peneliti telah melaporkan bahwa nasunin membantu mengurangi radikal bebas dan dapat melindungi kesehatan otak.

Intinya. Terong mengandung 6 gram karbohidrat dicerna per porsi dan dapat membantu melindungi jantung dan kesehatan otak.

20.Kubis

Kubis (NTDTV)
Kubis (NTDTV)

Kubis memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan.

Sebagai sayuran cruciferous, mungkin membantu mengurangi risiko kanker tertentu, termasuk esofagus dan kanker perut.

Satu cangkir (89 gr ) kubis mentah cincang mengandung 5 gr karbohidrat, 3 di antaranya adalah serat.

Kubis juga menyediakan 54 persen dari RDI untuk vitamin C dan 85 persen dari RDI vitamin K.

Catatan. Kubis mengandung 5 gram karbohidrat mudah dicerna per porsi. Ini mengandung vitamin C dan K, dan dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

21. Artichokes

Artichokes . (Joanna Kosinska/Unsplash)
Artichokes . (Joanna Kosinska/Unsplash)

Artichoke lezat dan bergizi.

Satu artichoke ukuran sedang (120 gr ) mengandung 14 gr karbohidrat. Namun, 10 gr diantaranya serat, sehingga sangat rendah karbohidara mudah dicerna karbohidrat.

Sebagian dari serat adalah inulin, yang bertindak sebagai prebiotik yang memasaok bakteri usus yang sehat.

Terlebih lagi, artichoke dapat melindungi kesehatan jantung. Dalam satu studi, ketika orang-orang dengan kolesterol tinggi minum jus artichoke, mereka mengalami penurunan penanda inflamasi dan memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Catatan. Artichoke mengandung 14 gram karbohidrat mudah dicerna per porsi dan dapat meningkatkan kesehatan usus dan jantung.

Ada banyak sayuran lezat yang dapat dimasukkan pada diet rendah karbohidrat.

Selain  rendah karbohidrat dan kalori, mereka juga dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan  Anda secara keseluruhan . (Epochtimes)

Share

Video Popular