Sejumlah pesawat penumpang milik maskapai penerbangan Taiwan China Airlines (CAL) yang akan berangkat dari Bandara Taoyuan dan Songshan terpaksa dibatalkan karena pemogokan kerja awak kabin yang dilakukan mulai Jumat (24/6/2016) pukul 00:00. Namun, penerbangan CAL dari bandara di Tainan dan Kaohsiung tetap normal.

Central News Agency melaporkan bahwa managemen maskapai CAL telah mengumumkan pembatalan sejumlah penerbangan yang sudah dijadwalkan pada 24 Juni 2016 mulai pukul 06 – 22. Sedangkan penerbangan dari bandara di Tainan dan Kaohsiung tidak berubah.

Ketua Lembaga Eksekutif Pemerintah Taiwan Lin Chuan mengatakan, maskapai China Airlines sebagai perusahaan publik seharusnya bisa menjadi model bisnis. Oleh karena itu, He Nuanxuan yang dalam waktu dekat akan diangkat sebagai Direktur Utama dari maskapai tersebut dapat secepatnya mengatasi permasalahan internal mereka.

“Reformasi maskapai CAL, dari sekarang,” katanya.

Alasan utama pembatalan sejumlah jadwal pemberangkatan pesawat CAL dari kedua bandara di Taipei itu karena pemogokan yang dipimpin oleh serikat awak kabin pesawat itu dilakukan secara tiba-tiba dan di luar prosedur yang berlaku. Selain menahan paksa paspor para awak kabin, kepala serikat beserta awak yang berunjuk rasa di depan kantor maskapai juga mengancam akan menahan semua penerbangan yang berangkat dari bandara Taoyuan.

Dalam pengumuman yang dikeluarkan manajemen maskapai CAL disebutkan bahwa perilaku para awak  yang irasional telah membuat banyak awak darat dan rekan-rekan meragukan faktor keselamatan kerja.

“Demi melindungi keamanan rekan-rekan kami, perusahaan terpaksa harus mengumumkan pembatalan penerbangan,” sebut manajemen.

Pengumuman juga menyebutkan bahwa manajemen CAL akan membantu para calon penumpang yang sudah memiliki tiket pada 24 Juni agar dapat diterbangkan dengan pesawat dari maskapai lain atau dengan penerbangan yang tertunda. Untuk itu, maskapai CAL akan memberikan uang USD 100 sebagai kompensasi kepada semua calon penumpang. Dan mengharapkan inisiatif untuk menghubungi staf layanan pelanggan CAL. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular