Erabaru.net. Cukup banyak manfaat dari kain katun, namun kelemahannya adalah mudah kusut. Lalu bagaimana cara pemeliharaan kain katun setelah dicuci?

Biasanya pakaian bahan katun terasa kaku, dikenakan di tubuh dan gesekan dengan kulit akan menjadi tidak nyaman, setelah lama dipakai akan timbul pasir-pasir bulu. Sedangkan kain linen memiliki kelemahan yaitu tekstur terlalu ringan, setelah memakainya serasa kurang kencang seperti katun. Tetapi ketika katun dikombinasikan dengan linen akan lebih bagus, berkarakteristik tidak mudah kusut, mudah dicuci dan dikeringkan, adalah pilihan terbaik untuk bahan pakaian dikala cuaca panas.

Pakaian dengan bahan tekstur katun paling baik dicuci dengan tangan, setelah dicuci dijemur dengan rapi. Karena bahan katun itu cukup lembut, jika dicuci dengan mesin, rentan membuat pakaian berubah bentuk dan kusut, yang terbaik adalah mencucinya dengan tangan. Setelah dicuci jangan memerasnya terlalu kuat, untuk mencegah serat raminya tergeser sehingga dapat memengaruhi penampilannya dan tingkat ketahanannya.

Pakaian berwarna tidak boleh direndam dalam air panas dan sebisa mungkin tidak di jemur langsung sinar Matahari, ketika digantung di jemuran juga harus dibalik bagian dalam pakaian menghadap ke luar, kerah dan jahitan ditarik-ratakan dan dikencangkan, untuk mencegah kusut dan warnanya memudar. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular