Erabaru.net. Dalam ilmu PTT (Pengobatan Tradisional Tiongkok), lambung dan limpa adalah poros dari organ dalam lainnya dalam beraktivitas dan beristirahat, adalah sumber dari pertumbuhan Qi (energi vital) dan darah. Dan bagaimana untuk menjaga limpa dan lambung agar tetap selalu berfungsi dengan maksimal.

Berikut empat cara untuk pemeliharaan limpa dan lambung.

Olahraga

Mengacu pada olahraga yang tepat dapat mengaktifkan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, sehingga aliran energi dan darah berkecukupan. Pilih metode olahraga yang bersifat soft (slow & low speed) atau yang sesuai dengan kondisi fisik masing-masing.

Bervegetarian

Kurangi asupan makanan berminyak, perbanyak makan sayuran. Makanan sehari-hari harus berbasis vegetaris, untuk membersihkan usus dan lambung. Hidangan harus yang cukup hangat, agar terhindar dari cedera mukosa (selaput lengket dalam organ pencernakan) karena makanan yang bersuhu terlalu panas, makanan yang bersuhu terlalu dingin juga dapat mencederai limpa dan lambung.

Kurangi minuman keras

Jangan berlebihan dalam mengonsumsi minuman keras, agar terhindar dari risiko kerusakan limpa dan lambung.

Jaga suasana hati

Ilmu PTT percaya bahwa terlalu banyak berpikir mudah mencederai limpa dan lambung, dalam jangka panjang berisiko kekurangan proses biokimia Qi dan darah, sehingga timbul lelah mental, jantung berdebar, napas pendek, pelupa, insomnia, tubuh menjadi kurus, yang berakibat neurasthenia (lemah syaraf), neurosis pencernaan, penyakit maag dan lain-lain. Itu sebabnya harus perhatikan pemeliharaan karakter, sentiment dan moralitas, berpikiran terbuka, berlapang dada dan selalu bersikap bajik dalam berhadapan dengan orang lain. Disiplin diri sendiri dengan berolah-jiwa adalah cara pemeliharaan terbaik bagi tubuh. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular