Oleh Zheng Xiaohan

10 orang termasuk anak-anak terluka ketika rollercoaster ‘Tsunami’ dalam taman hiburan M&D’s di Motherwell dekat Glasgow, Skotlandia yang mereka tumpangi keluar rel dan jatuh ke tanah dari ketinggian sekitar 9 meter, pada Minggu (26 /6/2016).

Laporan mengutip pemberitaan media ‘Independent’, ‘BC’ dan ‘Daily Mail’ menyebutkan bahwa sekitar pukul 15:30 hari Minggu itu 6 unit mobil ambulans dan 6 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pertolongan. Para korban termasuk 8 orang anak-anak langsung dilarikan ke rumah sakit.

Saksi mata mengatakan bahwa rollercoaster yang tergelincir itu jatuh di lokasi arena permainan mobil balap anak-anak.

Cedera yang dialami seorang dewasa dan anak dianggap tidak terlalu serius, kondisi mereka cukup stabil sekarang. Namun 3 orang anak mengalami cedera serius. Kabarnya, 2 orang dari mereka saat kejadian itu sedang melakoni permainan dalam arena balap.

Rollercoaster ‘Tsunami’ tersebut bisa berkecapatan sampai 40 mil saat melewati tikungan rel atau rel yang berulir. Ada saksi mata yang mengatakan, saat kecelakaan terjadi penumpangnya menjerit-jerit karena terpelanting.

Polisi Skotlandia merevisi jumlah korban dari sebelummnya yang tercatat 11 orang menjadi 10 orang dan menegaskan bahwa penumpang di rollercoaster yang jatuh itu hanya 9 orang.

Ada 5 rangkaian rollercoaster yang jatuh akibat keluar dari rel yang berbelok. Namun kepolisian tidak dapat memastikan berapa kecepatan lari saat kecelakaan terjadi.

Remaja putri berusia 13 tahun bernama Caitlin Barnes sedang bersama kawannya berada di lokasi kejadian dan nyaris menjadi korban karena rangkaian rollercoaster jatuh di dekatnya. Ia mengatakan, setelah mendengar satu suara seperti benturan keras ia langsung menengok ke belakang dan menyaksikan rollercoaster itu jatuh.

“Banyak orang yang terjebak di dalam, seorang anak gadis sampai tergantung dengan posisi kepala di bawah,” ungkapnya.

Semua orang yang berada di sana ketakutan sekali. Sebagian bahkan sampai menangis.

Rangkaian rollercoaster ‘Tsunami’ dalam taman hiburan M&D’s Motherwell keluar rel dan jatuh dari ketinggian 9 meter pada 26 Juni 2016. (video screenshot)
Rangkaian rollercoaster ‘Tsunami’ dalam taman hiburan M&D’s Motherwell keluar rel dan jatuh dari ketinggian 9 meter pada 26 Juni 2016. (video screenshot)

Seorang saksi mata lainnya, Katie Burns yang baru tak lama naik rollercoaster “Tsunami” itu dalam akun sosial media mengatakan, “Sejujurnya, saya belum pernah merasakan ketakutan yang seperti saat ini…. orang dewasa dan anak-anak bergantungan dengan posisi kepala di bawah, seperti adegan dalam film horor saja. Anak-anak menjerit dan menangis.”

Seorang saksi mata bernama Gavin kepada media ‘The Mirror’ mengatakan bahwa rollercoaster itu keluar dari rel yang berbelok dan jatuh ke lokasi arena balap mobil anak-anak. Sejumlah orang dan petugas penyelamat sudah tiba untuk melakukan pertolongan. Betul-betul mukjizat karena tak seorang pun yang tewas dalam kecelakaan ini.

Manajemen Taman hiburan M&D’s langsung mengeluarkan pengumuman untuk menghentikan sementara semua bisnis dalam taman hiburan ini.

informasi yang tercantum dalam situs menunjukkan bahwa rollercoaster ‘Tsunami’ ini bisa mencapai kecepatan tertinggi sampai 104 km per jam, dikenal sebagai satu-satunya rollercoaster berulir yang ada di Skotlandia. BBC melaporkan bahwa ‘Tsunami’ ini pernah mengalami kerusakan pada tahun 2011 yang menyebabkan 9 orang termasuk anak-anak terjebak pada ketinggian 18.2 meter selama sekitar 8 jam. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular