Pitaya atau dikenal sebagai “buah naga merah”, “buah keberuntungan”, tergolong dalam keluarga opuntia ficus-indica (kaktus pir), adalah buah-buahan yang melimpah di musim panas. Buah pitaya mengandung multi serat, rendah kalori, bergizi tinggi, kaya vitamin C, protein nabati, anthocyanin, serat makanan larut air, karoten dan sebagainya. Memiliki khasiat sebagai antioksidan, anti-radikal bebas dan anti-penuaan, selain itu juga dapat meningkatkan pencegahan degenerasi sel-sel otak.

Anthocyanin adalah antioksidan alami

Anthocyanin merupakan antioksidan alami paling efektif dalam menghilangkan radial bebas di dalam tubuh yang diakui secara internasional. Kemampuannya dalam melawan oksidasi radikal bebas adalah 15 kalinya dari vitamin E, dan 20 kali dari vitamin C. Penelitian di Taiwan mendapati bahwa kandungan antosianin dalam buah naga merah adalah 15 kalinya dari buah cherry, dan 28 kali lipat dari anggur red globe, selain memiliki khasiat sebagai antioksidan yang kuat, juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, dan memperlambat disfungsi hati.

Antosianin adalah suatu pigmen larut air, memiliki zat gizi yang sangat besar pengaruhnya bagi tubuh kita. Di Eropa, antosianin dikenal sebagai “kosmetiknya untuk kecantikan kulit”, ia dapat memenuhi gizi dan menghilangkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, mencegah terjadinya kerutan kulit lebih awal.

Pitaya membantu kesehatan jantung

Hasil penelitian di Malaysia menemukan, bahwa buah naga dapat membantu kesehatan jantung, mencegah penyakit jantung dan gangguan tekanan darah. Kandungan serat dan vitamin C-nya juga sangat melimpah. Hasil penelitian terkait telah dipublikasikan dalam jurnal “pharmacognosy research”.

Buah naga, berefek sebagai obat herbal alami, mengandung albumin yang jarang dimiliki tumbuhan lainnya, sementara kandungan anthocyanin dan serat makanan larut air dari buah naga ini, memiliki khasiat menurunkan tekanan darah, menghilangkan panas dalam, dan memperbaiki masalah sembelit, sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang berusia paruh baya.

Namun, meskipun Anthocyanin memiliki khasiat yang kuat sebagai anti-penuaan, tapi tidak bisa diekstrak sepenuhnya, hanya bisa memenuhi kandungan antosianin melalui makanan, kandungan antosianin paling banyak dalam buah-buahan dan sayuran berwarna ungu, bagi kaum hawa yang secara cerdas melengkapi antosianin ini, tidak hanya bisa memiliki kulit yang halus mulus, tapi juga mampu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki penglihatan serta membantu membentuk tubuh yang indah.(Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular