Perusahaan LG asal Korea Selatan baru-baru ini meluncurkan TV model baru di India yang mampu mengusir nyamuk melalui gelombang suara, teknologi anti-nyamuk ini diciptakan agar orang-orang terhindar dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan demam berdarah dan penyakit menular lainnya. Selain India, TV model baru ini juga akan dipasarkan di Sri Lanka dan Filipina.

TV yang bernama “Mosquito Away” ini sepenuhnya dirancang dan diproduksi di India. Dilengkapi dengan perangkat gelombang ultrasonik, yang dapat mengusir nyamuk melalui gelombang suara. Dalam situsnya, perusahaan tersebut mengatakan bahwa “gelombang ultrasonic ini mampu mengusir nyamuk, sehingga segenap keluarga Anda bisa menonton tanpa perlu khawatir digigit nyamuk. Karena tidak menggunakna bahan kimia berbahaya, jadi tidak beraroma dan tidak akan membahayakan kesehatan Anda sekeluarga.

Selain memastikan TV model baru ini bebas bahan kimia, dan tidak akan menimbulkan efek samping radiasi berbahaya bagi pengguna, LG juga mengklaim, teknologi ini bebas bahan kimia dan bisa tetap aktif meski televisi tidak dinyalakan, selain itu, konsumen juga tidak perlu khawatir tentang masalah pemeliharaan.

Model TV baru anti nyamuk ini sekarang tersedia dalam dua pilihan ukuran masing-masing 32 inci dan 43 inci, dengan harga US$ 400 untuk ukuran 32 inci, dan US$ 710 untuk ukuran 43 inci.

Tahun lalu, di ibukota India New Delhi saja ada lebih dari 10.500 kasus DBD. Sementara itu, hanya 11 persen dari penduduk India tinggal di daerah non endemis malaria, dan kasus malaria pada tahun 2013 di negara itu lebih dari 850.000 kasus.

Persoalan sampah dan genangan air memang masih menjadi masalah yang sering dijumpai di negara-negara berkembang. Daerah-daerah kumuh menjadi sarang penyebaran virus demam berdarah yang paling ditakuti, karena dapat berkembang biak dengan cepat. LG tergerak membantu mengatasi masalah tersebut dengan meluncurkan TV terbarunya yang dilengkapi teknologi “anti-nyamuk” bernama LG Mosquito Away

Juru bicara perusahaan LG mengatakan, bahwa TV pengusir nyamuk ini juga akan tersedia di Sri Lanka dan Filipina mulai Juli 2016. Namun, untuk saat ini belum ada rencana untuk dipasarkan di negara lain. LG menekankan bahwa selain menggunakan TV pengusir nyamuk ini, cara lain untuk menghalau nyamuk sebaiknya juga tetap dipakai. (Jhon/asr)

Share

Video Popular