Survei di Inggris dan Wales memperkirakan bahwa sekitar 60.000 orang menggunakan steroid untuk mendapatkan massa otot supaya menjadi lebih ramping dan bugar, atau supaya lebih kuat. Tapi akademisi dan ahli yang berhubungan dengan pengguna steroid percaya bahwa angka yang sebenarnya jauh lebih tinggi – mungkin di ratusan ribu.

Klinik pertukaran jarum suntik di Inggris melaporkan bahwa pengguna steroid adalah kelompok remaja yang jumlahnya melebihi kelompok pengguna narkoba ilegal. Baru-baru ini, Merchants Quay Irlandia, yaitu klinik pertukaran jarum suntik terbesar di Irlandia, melaporkan bahwa selama dua tahun terakhir 50% lebih banyak orang datang ke klinik untuk menyuntikkan steroid.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa sejumlah besar pria muda mengonsumsi berbagai obat terlarang, termasuk steroid dan hormon pertumbuhan manusia, yang semakin menjadi pilihan utama untuk pria muda yang ingin menaikkan atau menurunkan berat badan. Sedangkan penggunaan steroid secara tradisional terbatas pada atlet profesional, binaragawan, tentara dan polisi.

Terjadi peningkatan jumlah anak muda tidak puas akan bentuk fisik mereka. Bukanlah hal baru bila terjadi tekanan sosial untuk menyesuaikan diri dengan standar kecantikan ideal, tetapi pertumbuhan situs media sosial seperti Instagram, Snapchat dan Facebook telah memperburuk tekanan akan penampilan diri yang sempurna.

Anak muda menghabiskan beberapa jam sehari berinteraksi dengan rekannya serta membandingkan dirinya dengan rekannya dengan menggunakan media sosial, yang sering mengejar gambar penampilan yang sempurna atau untuk meningkatkan jumlah pengikutnya untuk memberi komentar “suka”.

Penampilan fisik yang sempurna memang mempengaruhi banyak wanita, tapi bukti yang berkembang sekarang ini menunjukkan bahwa kaum pria juga berada di bawah tekanan yang sama – tidak kurus tapi berotot.

Terjadi kekhawatiran yang memuncak antara profesional kesehatan di Inggris di mana pria menderita karena memiliki citra tubuh yang buruk yang mengakibatkan efek buruk pada kesehatan, kesejahteraan dan kepercayaan dirinya. Sebagai contoh, All-Party Parliamentary Group on Body Image melaporkan bahwa terjadi peningkatan yang tinggi atas ketidakpuasan citra tubuh di antara orang dewasa dan remaja di Inggris. Diperkirakan sekitar dua-pertiga orang dewasa menderita karena memiliki citra tubuh yang buruk dan bahwa 34% remaja pria telah melakukan diet untuk mengubah bentuk tubuhnya atau untuk menurunkan berat badan.

Di Inggris dan di negara lain terjadi peningkatan yang mengkhawatirkan akan latihan beban yang berlebihan, di mana pria muda memboroskan uang untuk membeli suplemen, menunjukkan kelainan pola makan dan, menggunakan steroid dan obat yang dapat memperbaiki penampilannya seperti klenbuterol (untuk menurunkan berat badan) dan melanotan II (untuk pemberi warna coklat pada kulit).

Tidak aman

Penggunaan steroid dapat menyebabkan masalah kesehatan yang utama termasuk kerusakan hati, masalah jantung dan infeksi kulit. Steroid juga menyebabkan gangguan psikologis, seperti ketergantungan, depresi dan gangguan citra tubuh. Di Inggris terbukti bahwa HIV menyebar di kalangan pengguna steroid, dengan prevalensi HIV 1,5% pada pria yang menyuntik steroid, yang sebanding dengan pria yang menyuntik heroin, amfetamin dan narkoba lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengguna steroid sering menggunakan obat tambahan lainnya, seperti hormon pertumbuhan manusia dan obat penurunan berat badan, serta zat rekreasi atau psikoaktif, seperti kokain dan ekstasi. Minum banyak campuran obat adalah berbahaya. Misalnya, minum steroid bersamaan dengan alkohol dapat menyebabkan kerusakan hati. “Roid rage” adalah kondisi di mana orang cenderung bertindak agresif, yang semakin buruk bila seseorang minum steroid bersamaan dengan zat psikoaktif, seperti kokain dan amfetamin.

Menolong pengguna steroid

Petugas kesehatan dan akademisi di Inggris mendesak organisasi dan politisi untuk meningkatkan bantuan terhadap pengguna steroid. Kesehatan Masyarakat Inggris juga menyarankan dewan dan profesional kesehatan setempat untuk terlibat lebih efektif pada pria muda yang menggunakan steroid. Tetapi sulit untuk masuk ke dalam kelompok ini karena mereka sering tidak melihat diri mereka sebagai pengguna narkoba. Sehingga pengguna steroid terutama yang berusia muda, cenderung tidak menggunakan layanan lokal karena dicap sebagai pengguna obat suntikan.

Yang memperburuk keadaan adalah dokter umum sering kurang memiliki pengetahuan khusus untuk memenuhi kebutuhan individu pengguna steroid sehingga membentuk penghalang yang nyata bagi pengguna steroid untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkannya. Akibatnya, pengguna steroid cenderung beralih ke internet atau temannya di pusat kebugaran untuk meminta saran.

Yang dibutuhkan adalah klinik spesialis steroid di bawah naungan dewan lokal. Klinik ini harus menyediakan jarum suntik serta memberikan pendidikan dan pemeriksaan kesehatan untuk pengguna steroid.

Namun, langkah-langkah pencegahan dan pengurangan dampak untuk alkohol dan narkoba lainnya jauh tertinggal di belakang, tidak hanya terjadi di Inggris tapi juga di sebagian besar negara. Pemerintah perlu untuk mengatasi kebutuhan penduduk yang memakai obat-obatan secara pesat dan termasuk pengguna steroid.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular