Baru-baru ini, dua perusahaan menciptakan sistem helm pengemudi tank yang bisa “tembus pandang”, membuat pengemudi tank bisa “melihat menembus” kendaraan lapis baja seolah tanpa halangan, duduk di dalam tank melihat keluar tank seolah jalan santai di tempat terbuka, jelas tanpa halangan. Penemuan ini dianggap sebagai “kemungkinan penemuan revolusioner dalam pertempuran tank”.

Karena lapis baja yang tebal di bagian luar tank, pada sistem konvensional, pengemudi dan prajurit harus menggunakan sistem periskop untuk mengamati bagian luar tank, sistem ini tidak hanya membuat pandangan terhalang, juga tidak efektif dalam penggunaannya, mengakibatkan besar kemungkinan kesalahan menembak terhadap warga sipil atau pasukan sepihak.

Perusahaan Elbit Systems asal Israel baru-baru ini mengembangkan sistem bidik pada helm pengemudi tank yang sangat revolusioner, dan disebut-sebut sebagai “kemungkinan penemuan paling revolusioner dalam ajang tempur tank”. Helm yang diberi nama Iron Vision itu mampu merekam situasi di luar lewat kamera pada tank secara realtime dan ditransmisikan pada kaca pelindung pada helm, memberirkan pandangan 360º terhadap lingkungan di sekitar tank bagi para pengemudi di dalam tank.

Saat ini, teknologi ini telah digunakan pada helm pilot pesawat tempur, yang sangat membantu memperluas jarak pandang bagi pilot jet tempur. Elbit Systems terkenal sebagai perusahaan pembuat helm di seluruh dunia.

Sistem pembidikan helm (HMS) hasil pengembangan perusahaan tersebut telah diaplikasikan pada helikopter dan jet tempur, termasuk pada jet tempur teranyar jenis F-35 (Baca).

Menurut Elbit, helm Iron Vision menggunakan sensor dan piranti lunak antarmuka yang manusiawi untuk menampilkan kondisi di sekeliling tank pada kaca pelindung di helm komando dan pengemudi tank, dapat memberikan jarak pandang yang luas terhadap situasi di sekitar tank yang sesungguhnya, pemandangan yang dapat “menembus” baja tank.

Elbit menambahkan, helm Iron Vision memberikan tampilan gambar resolusi tinggi tanpa tunda, kualitas gambar yang sangat jelas dan jernih, pengemudi dapat melihat seluas 360º ke sekeliling tank tanpa hambatan. Helm tersebut berbobot ringan dan praktis, di dalamnya telah dipasang piranti lunak canggih yang dapat mengkalibrasi penyimpangan visual dan potensi mabuk kendaraan.

Di samping itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fungsi pandangan malam, si komandan dapat mengamati berbagai informasi terkait di luar tank secara langsung. Dan helm ini juga menggunakan teknik pelacakan kepala yang dapat mengunci sasaran dan ancaman, komandan hanya perlu melirik untuk bisa melacaknya.

Pakar dari Elbit mengatakan, helm Iron Vision ini akan mengubah metode berperang pasukan taktis darat. Dalam perang di perkotaan helm tank tembus pandang ini bisa menemukan musuh yang sebenarnya dan tidak akan mengakibatkan korban pada warga sipil.

Selain Israel, BAE System Company Inggris baru-baru ini juga menciptakan “Battle View 360 Systems”, yang menggabungkan sistem informasi dan data pada kamera dengan sensor, yang dapat memberikan “kemampuan tembus pandang” bagi prajurit, meskipun berada di dalam tank, tetap dapat mengamati situasi di sekeliling tank di ajang tempur. Teknologi pencitraan ini dipadukan dengan data pengamatan kamera pada tank, memberikan pandangan seluas 360º di sekeliling tank, memastikan prajurit dapat melihat menembus keluar tank lapis baja dan mengetahui keadaan di luar tank tanpa terhalang sedikit pun. (Epochtimes/Sud/Yant)

https://www.youtube.com/watch?v=8Z8mesXKrZ0

Share

Video Popular