Pada 8 Juni 2016, 36 orang politisi Swiss secara bersama menandatangi surat yang dikirim kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Zeid Ra’ad Al Hussein. Surat tersebut berisikan  permohonan kepada Komisi Tinggi PBB untuk HAM agar mendesak pemerintah Tiongkok mengadili Jiang Zemin.

Dalam surat itu disebutkan : Mengharapkan Anda dapat mendukung dan mendesad Presiden Xi Jinping untuk memerintahkan penangkanan, pendakwaan dan menjatuhkan hukuman terhadap mereka yang telah membuat aib umat manusia, yaitu mantan Presiden, Ketua PKT Jiang Zemin bersama lainnya yang terlibat dan ikut bertanggungjawab atas penganiayaan praktisi Falun Gong di Tiongkok.

Dalam penutupannya disebutkan : Kami justru ingin menyampaikan seruan kepada semua pihak bahwa  kita tidak pernah akan membiarkan kasus kejahatan semacam ini dapat dibebaskan dari hukuman ! Dan sejarah nantinya akan menjadi saksi perjuangan keadilan yang kita tempuh hari ini.

Saat membubuhkan tanda tangan, anggota Dewan Besar Kanton Jenewa Henry Rappaz mengatakan : “Mungkin Anda masih ingat, manusia baru sadar setelah 7 juta orang Yahudi kehilangan nyawa mereka dalam perang dunia yang lalu. Sekarang saatnya untuk mengambil tindakan penyelamatan terhadap para praktisi Falun Gong di Tiongkok yang sedang mengalami penderitaan akibat pelanggaran HAM berat.”

36 orang politisi yang menandatangani bersama surat itu terdiri dari 10 orang anggota Parlemen Federal. 1 orang mantan anggota Parlemen Federal. 1 orang Dewan Besar Kanton Jenewa. 1 orang mantan anggota Dewan Besar Kanton Jenewa, dan 23 orang anggota Dewan Jenewa.

Selain itu, 10 orang politisi Swiss pada 10 Agustus 2015 juga menyampaikan surat permohonan  kepada Xi Jinping untuk secepatnya menggelar pengadilan kasus Jiang Zemin. Dalam surat itu disebutkan bahwa kejahatan terhadap kemanusiaan, penyiksaan dan penganiayaan yang dilakukan Jiang Zemin harus dimintai pertanggungjawaban secara hukum.

Beberapa anggota parlemen Swiss, selebriti juga ikut membubuhkan tanda tangan mereka dalam surat itu sebagai pernyataan dukungan kepada 10 orang politisi itu. (Sinatra/asr)

Share

Video Popular