Oleh: Chen Gang

Tim Doucette adalah seorang pria Kanada yang menderita legally blind atau kebutaan secara legal. Secara perbandingan, penglihatannya adalah sepersepuluh dari penglihatan orang-orang normal pada umumnya. Namun, ketika malam tiba, Tim dapat melihat bintang-bintang yang tidak mampu dilihat orang-orang berpenglihatan normal pada umumnya.

Kesan kaku orang-orang pada umumnya terhadap orang buta, sebagian besar adalah tidak bisa melihat pesona dunia yang penuh warna warni ini. Namun, seorang pria asal Kanada bernama Tim Doucette telah mematahkan tirai atas kesan yang kaku terhadap orang buta ini, karena ia sendiri adalah seorang astronom amatir sekaligus penderita legally blind atau kebutaan secara legal (seseorang yang memiliki ketajaman visual 20/200 feet atau kurang atau memiliki bidang penglihatan yang sempit dengan diameter terlebar memiliki jarak sudut pandang  tidak lebih dari 20 derajat).

Penglihatannya adalah sepersepuluhnya dari penglihatan orang-orang normal pada umumnya. Meskipun penglihatannya tidak sesempurna seperti orang-orang pada umumnya, namun, setiap menjelang malam, Tim justru dapat melihat bintang-bintang yang tidak tidak mampu dilihat orang-orang berpenglihatan normal pada umumnya.

Karena didiagnosis dokter menderita menderita katarak kongenital saat lahir, Tim nyaris tidak bisa melihat sesuatu apapun di sekitarnya, sehingga untuk memperjelas penglihatannya, Tim pun menjalani operasi mata saat masih kanak-kanak, sebagian lensa matanya diangkat dan mempelebar pupilnya. Meskipun telah menjalani operasi, tapi Tim masih dinyatakan sebagai legally blind atau kebutaan secara hukum seperti penjelasan di atas. Selain itu efek samping dari operasi tersebut, telah membuatnya merasa sangat tersiksa, karena matanya serasa sangat tertusuk saat melihat benda apapun.

Akibat operasi tersebut, Doucette tidak bisa tahan akan siang hari, karena sinar terang berlebih masuk ke dalam matanya yang tak terlindung. Namun di sisi lain, Doucette justeru mampu melihat pada malam hari dengan kualitas pandangan yang lebih baik. Bahkan ia dapat melihat kerlipan bintang-bintang yang tidak mampu dilihat orang normal pada umumnya.

‘Keuntungan’ ini dimanfaatkan sekali oleh Doucette yang juga memiliki hobi astronomi atau mengamati luar angkasa pada malam hari. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular