Deborah memimpin sesi konseling kelompok maupun individu selama lebih dari 20 tahun, namun cara terapi terbarunya mengambil bentuk yang mengejutkan. Colors of Loss and Healing, adalah buku mewarnai pertama yang dirancang untuk memulihkan diri dari kesedihan.

Rasa duka lara, bersalah, kemarahan, keputusasaan, ketidakadilan, dan banjir air mata, semua ini adalah beberapa emosi yang bisa menghantui seseorang yang dilanda kesedihan mendalam. Orang-orang mengatakan duka lara akan memudar seiring berlalunya waktu. Namun bagi banyak orang, luka emosional sepertinya tidak akan pernah bisa sembuh.

Menurut pendapat terapis duka lara, Dr. Deborah S. Derman, Ph.D., waktu saja tidak cukup.

“Anda harus bisa memahami bahwa kesedihan itu adalah normal, tapi bukan sesuatu yang bisa pergi begitu saja atau menghindar,” katanya. “Anda harus pergi melaluinya agar bisa melangkah ke sisi lain.”

Dalam praktek konselingnya, Deborah telah banyak membantu anak-anak maupun orang dewasa melalui proses pemulihan kesedihan. Ia sangat memahami pekerjaannya, karena pernah mengalami kejadian traumatis sendiri.

Peristiwa traumatis Deborah yang pertama datang saat berusia 27 tahun, di mana pacarnya melakukan bunuh diri. Beberapa tahun kemudian, ia menyaksikan sebuah pesawat kecil jatuh di bandara setempat, yang menewaskan kedua orangtuanya. Ketika berusia 39 tahun, suaminya meninggal mendadak karena serangan jantung di lapangan rugby, meninggalkan Deborah hidup sendiri bersama dua balita dan anak ketiga yang masih dalam kandungan.

“Ketika saya menjadi janda pada tahun 1992, belum ada teknologi seperti ponsel. Tidak ada kelompok online. Sumber daya masih sangat terbatas,” katanya. “Jadi saya memutuskan disaat saya menginjakkan kaki saya di tanah, saya akan kembali ke sekolah, meraih gelar doktor, dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada orang setelah mengalami kehilangan.”

Epoch Times mewawancari Deborah tentang buku barunya, dan apa yang terlibat dalam berjuang mengatasi kesedihan.

Epoch Times (ET): Orang dapat menderita selama bertahun-tahun ketika seseorang yang dekat dengan mereka, meninggal dunia. Mengapa pemulihan kesedihan begitu sulit?

Dr. Deborah: Inilah harga dari cinta. Bila Anda benar-benar mencintai dan orang tersebut tidak bersama Anda lagi, maka Anda akan merindukan untuk selamanya.

Salah satu hal yang terjadi dengan pasien saya dan tentu saja saya sendiri adalah, jika Anda menikah lagi, tidak ada yang mengajarkan Anda bagaimana mencintai dua suami pada saat bersamaan.

Kita diajarkan untuk mencintai satu orang pada satu waktu, tetapi ketika menjadi sendiri dan akhirnya menikah lagi, dapat menciptakan banyak perasaan yang sangat tidak nyaman. Anda sangat bersyukur memiliki cinta lagi dalam hidup, tapi ada konflik. Anda berpikir, “Apakah saya tidak setia kepada satu atau yang lain?” Ketika Anda mencintai dua orang sekaligus itu bisa sangat membingungkan sampai Anda mengetahui bahwa ini adalah bagaimana.

Misalnya, suami pertama saya meninggal 24 tahun yang lalu, dan saya sudah menikah lagi selama 17 tahun. Tapi ketika anak-anak saya lulus dari perguruan tinggi, saya benar-benar merindukan suami pertama saya. Saya sangat berharap ia bisa berada di sana untuk melihat mereka.

Saya juga sangat merindukan ayah ibu pada hari wisuda itu. Mereka adalah kakek-nenek yang paling keren untuk didambakan. Aku tahu mereka akan sangat bangga pada anak-anak saya, yang seharusnya tetap hidup untuk menyaksikan mereka telah tumbuh dewasa.

Tahun lalu, orang bisa berkata kepada saya, “Oh, Anda belum menghapus kesedihan Anda. Anda seharusnya telah menggantungnya dan membiarkan terbang sejak dulu.” Tapi itu tidak benar. Saya akan merindukan orangtua dan suami pertama saya untuk semua hal ini, dan itu normal.

ET: Jadi, ini tidak seperti cinta Anda kepada mereka pernah hilang, hanya kemampuan Anda untuk berfungsi dapat meningkat seiring dengan waktu.

Dr. Deborah: Itu benar. Pada masa awal kehilangan, akan mengambil alih setiap kali bangun tidur maupun saat tidur. Segala sesuatu tampaknya dikendalikan oleh perasaan putus asa, kesedihan, kehilangan, atau trauma, apa pun situasinya. Itu awalnya, dan kemudian perlahan-lahan Anda dapat menyingkirkan jauh darinya karena Anda dapat lebih mudah mengalihkan perasaan sedih maupun baik-baik saja. Pada awalnya semua diliputi oleh kesedihan. Duka mengontrol Anda. Seiring dengan waktu Anda masih bisa merasakannya, tapi tidak akan lagi merusak waktu Anda satu jam, satu hari, satu minggu, atau satu bulan.

ET: Bagaimana Anda menemukan bahwa aktivitas mewarnai akan menjadi bermanfaat pada pemulihan kesedihan?

Dr. Deborah: Yah, ulang tahun saya jatuh pada Hari Natal, dan itu hari ulang tahun yang sulit diingat karena semua orang cenderung melupakannya. Tapi teman terbaik saya memberi buku mewarnai. Saya memandangi ilustrasi dengan segudang ruang dan garis ini, dan berpikir, “Bagaimana orang memulainya?” Tapi akhirnya saya mengambil pensil warna dan mewarnai satu ruang kosong. Saya mengambil pensil lain dan mewarnai ruang kosong lainnya. Bola lampu ide saat ini muncul di benak saya dan berpikir, “Ya ampun! Ini persis dengan bagaimana kehidupan telah berjalan dengan semua hal yang telah terjadi pada hidup saya.”

Mewarnai adalah tentang satu hal pada suatu waktu. Anda tidak perlu khawatir tentang seluruh halaman atau seluruh buku. Anda hanya terus maju selangkah pada satu waktu.

Ini sejalan dengan saya melihat bagaimana seseorang memproses kesedihannya. Saat saya mengambil pensil, saya melihat kembali kehidupan saya sendiri, dan klinik yang saya miliki selama lebih dari 20 tahun hingga sekarang, dan saya mengekstrak unsur penyembuhan yang saya pikir penting bagi sepanjang hidup seseorang pada masa awal kehilangan.

Ketika Anda mengalami duka lara yang mendalam, apakah itu meninggal, kehilangan pekerjaan, atau masalah kecanduan, di tengah-tengah tantangan yang sulit, saya pikir jika seseorang dapat menghapus sebuah ruang -yang berarti tidak ada tagihan, dokumen, sertifikat kematian, atau laporan medis – dan keluarkan buku mewarnai dan pensil Anda, luangkan sedikit waktu setiap hari disaat-saat jeda, dalam ruang yang tenang, maka itu sangat efektif untuk penyembuhan.

ET: Bagaimana buku ini dirancang untuk memfasilitasi pemulihan kesedihan?

Dr. Deborah: Saya tidak hanya melakukan beberapa komponen psikologis, sosial, atau kepribadian. Saya hanya melihat keseluruhan gambar dan berpikir, “Apa yang Anda butuhkan untuk menyembuhkan?” Jadi saya ekstrak masing-masing elemen dalam satu kata atau frasa, kemudian saya dikonseptualisasikan ilustrasinya. Saya mencari hal-hal dalam hidup saya sendiri dan rumah yang saya pikir bisa menyimpulkan visualisasinya.

Ini kegiatan yang sangat menyenangkan. Saya berpikir: “Bagaimana saya akan menggambar ‘menghargai’?” Yah, ketika dulu saya berjalan di pantai dengan suami atau anak-anak saya, kami akan saling memberikan sebuah cangkang kerang atau batu di sore harinya. Saya menyimpan semua batu-batu dan kulit kerang itu, dan saya menghargai mereka. Jadi saya mengusung ide ini pada ilustrator saya dan berkata, “Gambarkan ini”. Itulah prosesnya. Sangat kreatif.

Ide-ide ilustrasi ini berasal dari kehidupan saya sendiri. Sebagai contoh, saya suka berkebun. Jadi untuk mengilustrasikan ‘kenangan’ tersebut, saya membayangkan tanaman yang selalu hijau (perennial) karena mereka selalu hadir di setiap tahunnya. Saya memiliki taman perennial yang indah di rumah pertama dengan suami pertama saya. Ketika saya menikah lagi, saya pindah, tapi saya mengambil semua tanaman perennial tersebut, dan sekarang saya memilikinya lagi di sini. Bagi saya, itu cara yang indah untuk menunjukkan kontinuitas dan kenangan.

Saya mengambil buku saya selangkah lebih jauh dikarenakan sebagai terapis dukacita saya memberikan semua orang sebuah jurnal. Saya pikir jurnal sangat terapeutik. Jadi di dalam buku mewarnai saya, dibalik setiap halaman ilustrasi adalah tempat untuk jurnal.

ET: Kedengarannya seperti dua teknik yang saling bekerja sama: mewarnai memungkinkan Anda memasuki ruang meditasi sehingga dapat mulai menuliskan perasaan Anda.

Dr. Deborah: Itu benar. Karena itu sangat sulit untuk memecahkan masalah atau mencari tahu jalan mana yang dituju atau apa yang harus dilakukan jika dalam pikiran berkecamuk. Sangat kacau, waktu yang sulit. Tetapi jika Anda mengambil napas dalam-dalam beberapa kali,lalu mewarnai, santai, dan menulis, maka hal-hal menjadi lebih jelas. Ini adalah kombinasi yang indah untuk melakukan sesuatu.

Ketika seseorang mengalami masa yang kritis, mereka melakukannya dengan cara uniknya sendiri. Jadi inilah mengapa saya tidak memberikan penjelasan kata ini seharusnya berarti apa untuk Anda. Saya meminta setiap orang memegang buku ini untuk mencari tahu apa artinya bagi mereka. Untuk seseorang yang mewarnai ‘persahabatan’, bisa menuliskan betapa bernilainya mereka dan menghargai teman-teman mereka. Tapi bagi orang lain yang mewarnai ‘persahabatan’, mereka mungkin akan berpikir tentang orang-orang yang membiarkan mereka jatuh. Ini sangat berbeda untuk setiap orang. Inilah sebabnya mengapa ini bukan buku resep. Ini baru memulai beberapa poin.

ET: Dapatkah mewarnai benar-benar memberikan bantuan yang efektif dari kesedihan?

Dr. Deborah: Saya sudah tidak mempelajari ini sebagai usaha ilmiah seperti yang kita lakukan di sekolah PhD. Tapi mari saya beri contoh.

Saya bekerja dengan sebuah keluarga sekarang, di mana si suami baru saja membunuh dirinya sendiri. Hal ini terjadi satu atau dua bulan yang lalu. Anggota keluarga semuanya mundur ke sudut dan tidak ada yang berbicara satu sama lain, karena mereka tidak ingin melihat satu sama lain menangis. Saya pernah melihat ini menimpa keluarga yang tidak tahu bagaimana berbicara, atau mereka takut.

Suatu hari si ibu berkata kepada saya, “Tadi malam, saya mewarnai dengan putri saya. Dan begitu kita mewarnai dan menulis, kami akhirnya mampu berbicara tentang Ayah.”

Mungkin mewarnai tidak untuk semua orang, tetapi sebagai seorang terapis kesedihan, saya hanya mendapatkan satu jam seminggu dengan seseorang. Apa yang mereka lakukan untuk sisa waktu ini? Hal ini memberikan mereka beberapa struktur pada sisa hidup mereka ketika tidak duduk dalam ruang konseling. Saya melihatnya sebagai pekerjaan rumah. Orang membawa jurnal mereka ketika datang untuk diperlihatkan kepada saya jika mereka menginginkannya. Atau mereka memberitahu saya apa yang mereka lakukan selama seminggu. Jadi banyak sekali yang terjadi di luar satu jam waktu profesional Anda.

Jadi, jika Anda bingung, Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dan Anda tidak bisa berhenti menangis, maka inilah sesuatu yang membantu Anda fokus dan mendapatkannya bersama-sama. Saya pikir itu sangat berharga. Ini bukan satu-satunya, tapi itu alat.

Ketika saya kehilangan seorang teman dekat karena bunuh diri, buku mewarnai akan sangat membantu. Saya sangat terisolasi dan sendirian ketika melalui kesedihan saya yang tidak pernah menginginkan siapa pun merasakannya. Saya benar-benar telah mendedikasikan hidup saya untuk itu. Buku mewarnai ini adalah cara bagi saya untuk menjangkau lebih banyak orang.

ET: Apa itu tentang mewarnai khususnya yang membuatnya mengandung unsur terapi?

Dr. Deborah: Saya pikir ada sesuatu hal yang menggunakan tangan Anda. Saya sudah membaca artikel tentang merajut dapat melalui kesedihan Anda. Bagi saya, berkebun. Terkadang mencabuti rumput liar. Saya menyukainya berulang-ulang.

Dalam buku, saya memberi Anda tugas untuk dilakukan. Saya ingin Anda memikirkan melewatinya, tetapi juga untuk duduk, menjaga tangan Anda sibuk dan menciptakan sesuatu. Saya pikir itu bekerja.

Ketika saya kehilangan suami saya dan untuk melakukan banyak hal terlalu berat bagi kehamilan saya, lalu saya mengambil kelas cat air di pusat seni lokal. Saya duduk di depan kertas cat air ini dan hanya menatapnya. Aku tidak tahu harus mulai dari mana. Dalam buku mewarnai, gambar sudah diatur untuk Anda. Anda hanya mulai mengisi ruang.

ET: Mengapa Anda pikir buku mewarnai secara umum telah menjadi begitu populer akhir-akhir ini?

Dr. Deborah: Dalam kehidupan kita yang sibuk, kapan kita bisa menjadi kreatif? Kapan kita bisa menikmati keindahan? Bagaimana kita mengisi beberapa waktu hanya untuk kita?

Saya rasa ini adalah intinya. Sangat penting bagi seseorang untuk dapat duduk santai setiap hari dan menciptakan sesuatu yang indah. (ajg)

Share

Video Popular