JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 17 kejadian yang menyebabkan pemudik meninggal dunia saat kemacaetan parah yang terjadi di jalur mudik tol maupun reguler di jalur Brebes, Jawa Tengah menjelang lebaran 2016. Pemudik yang meninggal menurut Kemenkes RI diantarnaya dikarenakan penyakit yang sudah diderita para pemudik sebelumnya berangkat mudik.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Achmad Yurianto mengatakan pemudik yang meninggal dikarena ada beberapa faktor yakni kelelahan dan kekurangan cairan. Menurut dia, faktor-faktor ini tentunya akan lebih mempengaruhi terhadap kelompok rentan yakni anak-anak, orang tua, pemudik dengan penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, jantung.

“Penyebab adanya korban yang meninggal. Kelelahan dan kekurangan cairan dapat berdampak fatal,” kata Yurianto dalam keterangannya yang disiarkan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Yurianto, tak hanya dikarenakan adanya faktor penyakit bawaan hingga kelelahan, kondisi dalam kenderaan juga mempengarhi terhadap kelompok rentan. Menurut Yuranto, kondisi kabin kendaraan yang relatif sempit serta tertutup dengan pemakaian AC terus menerus akan menurunkan oksigen serta naiknya CO2.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan korban meninggal saat kemacetan di jalur Kabupaten Brebes berdasarkan laporan BPBD Brebes ke Posko BNPB.

Berikut kejadian pemudik meninggal dunia :

  1. Kejadian 29 Juni 2016/Taklim/46 Tahun/ketangguan/kecelakaan motor vs motor hingga meninggal di tempat kejadian di bojongsari. Korban membawa ayam dan menabrak motor yang berlawanan arah dan motor terbakar bersama korban.
  2. Kejadian 30 Juni 2016/ Motor menabrak truk yang sedang berhenti di depan RM. Amanda kec. Paguyangan/ awal ditangani oleh Petugas Pusk Paguyangan kemudian dirujuk ke RS menggunakan Ambulans RSUD Bumiayu. Korban meninggal dunia 1 orang berasal dari Banyumas
  3. Kejadian 30 Juni 2016/jam 16.15 WIB (Korban adalah Okta Tri Utami 36 tahun meninggal dunia,Irmansyah 39 tahun (tidak luka), Erni Rosita 19 tahun luka berat, Rio (2 Tahun) tidak luka). Kejadian di Brebes dijalan alternatif songgom-larangan. Saat itu mobil inova  dari arah barat menabrak pohon selanjutnya petugas merujuk kepuskesmas Jatirokeh.
  4. Kejadian tanggal 1 Juli 2016, penudik bernama Ryona menabrak kereta.
  5. Kejadian 1 Juli 2016 / Komar /40 tahun / warga Karang Dempel / Meninggal /
    Becak ditabrak mobil pemudik tabrak lari selanjutnya ditangani oleh Puskesmas Kecipir
  6. Kejadian 2 Juli 2016 / Khariri /40 tahun / Karang Dempel /meninggal karena kesetrum listrik dan petugas yang menangani adalah puskesmas Kecipir.
  7. Kejadian 3 Juli 2016/Azizah/p/1,4 th/kutoarjo/ apnoe causa CO2 toksic (terjebak macet dalam mobil dengan AC beroperasi lebih dari 6 jam/ meninggal dalam perjalanan ke puskesmas.
  8. Kejadian 3 Juli 2016/Yuni Yati/50/magelang/sakit berat di rujuk ke Rumah Sakit Bhakti Asih sampai di Rumah sakit meninggal/samiyatun Puskesmas wanasari
  9. Kejadian 3 juni 2016 pukul  16.00  a.nTurinah/53 th/kebumen/meninggal di RM Minang Karangbale/meninggal/sri mulyaningsih puskesmas larangan
  10. Kejadian 4 Juli 2016/sundari/58th/purworejo kec.ringinarum kendal/suspec decom cordis/meninggal di bus pahala kencana terjebak macet.
  11. Kejadian 4 Juli jam 18.30/Susyani,36 th/ Cibinong/ meninggal ditempat, turun dari bus rosalia indah karena pusing terjebak kemacetan di jalan karangbale larangan, terus jatuh pingsan di bawa ke puskesmas.
  12. Kejadian 4 Juli 2016 / ny. Sariyem / 45th / Banyumas /pemudik diturunkan dari travel di klinik dr Desy wWnacala disebutkan pingsan karena kelelahan/tidak ada luka/kondisi DOA-meninggal dunia / jenazah mnggunakan mobil jenazah dr RSUD Soeselo slawi diantar ke banyumas .
  13. Kejadian 4 Juli jam 23.00/suharyati,50 th,meninggal ditempat, turun dari bus Sumber Alam karena terjebak kemacetan di jalan karangbale larangan trus jatuh pingsan muntah di bawa ke puskesmas dalam kondisi sudah meninggal dunia.
  14. Kejadian 4 Juli 2015 jam 20.00 WIB/ny poniatun/46th/madureso,kebumen /pemudik turun dari bus Zaki Trans saat di rumah makan Mustika Indah, Ciregol Tonjong/meninggal/jenazah di bawa menuju kebumen menggunakan ambulans Puskesmas Tonjong.
  15. Kejadian 5 Juli 2016, 06.30 wib/ Rizaldi wibowo/17 th /kendal/meninggal dalam bis.
  16. Kejadian 5 Juli 2016, 06.30 wib / Suhartiningsih/49 th/ Jakarta/meninggal dalam mobil pribadi/dilaporkan oleh puskesmas larangan.
  17. Kejadian 5 Juli 2016/Ny.Sumiatun/67 tahun/Pademangan Serpong Tangerang RT 6 RW 03/meninggal dunia di dalam bus lokasi di Dk. Siramin Slatri selanjutnya dibawa ke RSUD Brebes. (asr)

Share

Video Popular