Erabaru.net. Eksplorasi bawah air Okeanus Explorer berhasil merekam spesies ikan hantu langka  pada minggu lalu, yang menjadi “penampakan impian” bagi sejumlah ahli kelautan. Ikan tersebut, yang diduga merupakan family Aphyonidae, direkam oleh Okeanus Explorer selama ekspedisi Kepulauan Mariana Utara, di Samudera Pasifik.

Ikan berukuran sepanjang 10 cm yang ditemukan di kedalaman sekitar 2.500 meter ini, belum pernah terlihat hidup-hidup sebelumnya.

“Ini baru luar biasa,” kata Dr. Bruce Mundy, dari National Marine Fisheries Service NOAA tentang ikan tembus pandang yang berbentuk seperti belut itu.

“Ini benar-benar sebuah penampakan yang tidak biasa,” ujar Mundy. “Banyak dari mereka yang hanya diketahui dari spesimen yang dikumpulkan oleh pukat laut dalam atau kapal keruk.”

Ikan hantu bertubuh transparan dengan kulit yang mirip jelly. Mereka hanya memiliki sedikit sisik dan pigmen mata.

Beberapa pekerja di tim Okeanos Explorer membandingkan ikan itu dengan Falkor, tokoh dari novel The Neverending Story (1979), yang difi lmkan pada 1984.

Tim Okeanos Explorer sedang melakukan penelitian di area laut dalam dari Commonwealth of the Marianas Trench Marine National Monument and te Commonwealth of the Northern Mariana Islands.

NOAA telah mengundang siapa saja dengan koneksi internet untuk mengikuti ekspedisi tersebut secara Live, dengan penyelaman yang dilakukan pada 6-8 Juli 2016 lalu. (Epochtimes/Zzr/Yant)

Share

Video Popular