Ini adalah kemitraan yang ditemukan di tempat lain di bumi, dan salah satu yang bisa mengungkapkan bagaimana kehidupan alien bisa bertahan hidup.

Para peneliti untuk pertama kalinya membudidayakan mikroba kecil yang hidup di sumber air panas asam di Yellowstone National Park. Mereka membentuk kemitraan mikroba, dan hanya 100 hingga 300 per sejuta dalam ukuran meter.

Mircea Podar dari Departemen Energi Nasional Oak Ridge, divisi laborratorium biosains, memimpin sebuah tim yang mengisolasi archaeon Nanopusillus acidilobi, membudidayakan mikroba-mikroba kecil tersebut, dan sekarang dapat mempelajari bagaimana mereka berinteraksi dengan tuan rumah mereka, archaeon yang lain (Acidilobus).

Hubungan antara dua organisme ini, terinci dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Nature Communications, dapat berfungsi sebagai model yang berharga untuk mempelajari evolusi dan mekanisme sistem yang lebih kompleks.

“Karya ini menunjukkan bagaimana organisme mencari cara untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan organisme tertentu dengan cara simbiosis atau parasit untuk bertahan hidup di lingkungan bermusuhan,” kata Podar.

Dengan mengintegrasikan pengetahuan dari genomik, proteomik dan mikrobiologi klasik, mereka bisa membudidayakan organisme liar dan kadang-kadang memanipulasi mereka untuk aplikasi praktis yang berkisar dari produksi energi untuk pengobatan.

Domain Archaea ini terdiri dari mikroorganisme sel tunggal, seperti bakteri, tidak memiliki inti sel atau organel terkait membran, sub-unit di dalam sel. Organel adalah salah satu struktur khusus dalam sel yang melakukan fungsi tertentu (misalnya, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma).Organel dalam organisme uniseluler adalah setara organ dalam organisme multisel.

Mikroba-mikroba ini telah menjaga dan mempertahankan membran sel yang terpapar dalam lingkungan yang terbuka, dan Nanopusillus telah mengembangkan mekanisme untuk memperoleh molekul biosintesis utama dari sel inang melalui kontak sel-ke-sel.

Dengan habitat-habitat seperti kolam panas di Yellowstone, mikroba Nanopusillus acidilobi telah sangat sulit dipahami, sehingga prestasi ini cenderung menciptakan kegemparan yang mengejutkan.

Salah satu pengulas jurnal tersebut mencatat bahwa penemuan dan makalah tersebut memberikan wawasan baru yang menarik dalam keragaman mikroba dengan implikasi filogenetik penting dan dengan demikian merupakan kontribusi yang sangat penting dalam bidang keanekaragaman archaea/mikroba tersebut.

Para peneliti juga mencatat kesamaan antara mikroba ini dengan keluarga jauhnya, Nanoarchaeumm laut, dimana telah dibudidayakan lebih dari satu dekade lalu.

Melalui pengamatan seperti ini dan dengan membuat perbandingan selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mampu mendapatkan informasi tentang sifat struktural dan molekul inang dari kelompok mikroba baru yang tidak biasa.

“Prestasi terbaru ini sangat memuaskan, yang mencatat bahwa itu adalah kombinasi dari ketekunan dan kesempatan dan menghabiskan beberapa tahun,” kata Podar.

“Kami telah menemukan dan membudidayakan organisme baru dari kelompok organisme yang orang telah mencoba untuk mendapatkannya lebih dari satu dekade, dan sebagian itu karena data genom sebelumnya telah kami diperoleh dari organisme di Yellowstone, dimana sistem mikroba ‘berlimpah dalam, fitur fisiologis dan genom yang unik dan luar biasa,” tambahnya.

tempat wisata air panas
Cistern Spring dan Steamboat Geyser berkaitan di bawah tanah.

Cistern Spring

Cistern Spring dan Steamboat Geyser berkaitan di bawah tanah. Selama letusan besar dari Steamboat, air di dalam kolam Cistern Spring mengalir.

Biasanya, Cistern adalah kolam biru yang indah dari mana air terus meluap. Hal ini cukup kreatif, penumpukan sebanyak 1/2 inci (12mm) sinter keabu-abuan setiap tahun, endapan yang mengandung silika atau berkapur keras, dibandingkan dengan  Old Faithful Geyser dan banyak fitur termal lainnya.

Pengaruh Cistern Spring meluas sepanjang hutan pinus lodgepole ke bawah. Hutan ini perlahan-lahan telah dibanjiri air yang kaya dengan silika sejak tahun 1965.

Hutan pionir pohon pinus lodgepole di Norris mengalir konstan, menyusut di sini dan di daerah lain meningkatkan panas sementara peningkatan di tempat-tempat kegiatan termal berkurang. (ran)

https://youtu.be/LM-qYFlNP3U

Share

Video Popular