Oleh: Ye Yu Huan

Ruang tempat keberadaan kita sekarang ini dikenal sebagai ruang tiga-dimensi, dan kita tahu terowongan waktu itu apakah benar-benar ada?

Hasil percobaan ilmuwan Amerika Lisa Randall menemukan bahwa kemungkinan dari “ruang dimensi ke-5” itu benar-benar eksis, dengan pola yang bagaimana agar dari ruang tiga dimensi yang merupakan tempat keberadaan manusia ini baru bisa mencapai dimensi lain yang dikenal sebagai ruang dimensi ke-5?

Dan sebenarnya apa hubungannya ruang dimensi ke-5 itu dengan terowongan waktu?

Berikut kita pahami sejenak ruang dimensi kelima yang misterius ini.

Dalam film “Back to the Future,” diceritakan tentang sang tokoh utama yang menembus lorong waktu untuk mengubah masa lalu dan masa depan. Sementara dalam kehidupan nyata, manusia mungkin berpeluang menembus ruang dimensi lain!

Lisa Randall, profesor dari Harvard University secara mengejutkan menemukan bahwa di bumi kemungkinan eksis “ruang dimensi ke-5.”

“Namun, ruang dimensi ke-5 ini tersembunyi dengan sangat baik, sehingga kita tidak bisa melihantnya dengan mata telanjang,” ujar Landall.

Menurut keterangan profesor Landall, bahwa dengan menembus dunia (dimensi) lain melalui energi dari gravitasi mungkin bisa menemukan lorong waktu yang terhubung ke dimensi ketiga dan kelima. Profesor Landall dengan berani mengemukakan sebuah hipotesa yang revolusioner, bahwa kemungkinan “ruang dimensi ke-5” itu eksis berdampingan dengan ruang kehidupan kita, hanya saja saling tersembunyi.

Teori ini tidak bisa tidak membuat kita pun merenung, apakah yang dikenal sebagai hantu, roh, dewa atau malaikat itu eksis di ruang dimensi ke-5 ini?

Jika ada yang disebut hantu dewa ruang kelima, benar-benar menarik untuk dipikirkan.

Sebagai seorang profesional dalam bidang fisika Universitas Harvard, bertahun-tahun Lisa melakukan penelitian cermat. Dalam sebuah karya representatifnya, “Menyingkap misteri dimensi alam semesta yang tersembunyi,”  karena menceritakan secara mendetail tentang alam semesta, dan ia diakui sebagai fisikawati “dimensi ekstra” yang paling berpengaruh di dunia saat ini.

Untuk membuktikan ruang dimensi ke-5 itu memang benar-benar eksis, para ilmuwan di seluruh dunia menghabiskan 14 tahun waktu mereka dan biaya US $ 40 – 50 miliar membuat sebuah terowongan sepanjang 27 km di dasar tanah di pinggir kota Swiss, membangun Large Hadron Collider/akselerator partikel.

Jika dioperasikan secara resmi, maka dalam beberapa pekan ke depan, mesin unik ini dapat menjawab sejumlah soal yang paling muskil dalam fisika, misalnya struktur dan asal muasal alam semesta, serta ruang dimensi lain dan sebagainya.

Dua tabrakan proton akan memunculkan kembali ledakan Big Bang, bahkan ada rumor yang mengatakan bahwa tabrakan proton akan menghasilkan lubang hitam dan menelan bumi, tapi sekarang dikonfirmasikan rumor itu tidak benar. Lubang hitam ini akan hilang dalam sekejab saat dihasilkan, dan tidak sempat menghancurkan apa pun saking singkatnya.

Masih ada jarak yang jauh jika ingin menembus lorong waktu, “Karena saat ini manusia tidak mampu meninggalkan ruang tiga dimensi. Apabila ruang dimensi ke-5 itu memang benar-benar eksis, ini menyiratkan bahwa di sisi kita memang ada dunia/ dimensi yang tidak diketahui, kelak dalam waktu dekat, gerbang dimensi lain itu mungkin akan terbuka. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular