Google telah memutuskan untuk menggunakan “Nougat” sebagai sistem operasi Android N generasi  berikutnya, akhirnya masalah nama yang cukup lama membuat galau Google ini terjawab sudah dengan ditetapkannya Nougat sebagi pilihannya.

Sistem operasi mobile Android N versi Nougat akan diluncurkan pada akhir pertengahan 2016 ini. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Google mengadakan sayembara terbuka untuk menjaring ide nama sistem operasi teranyar miliknya itu. Akhirnya, Nougat terpilih karena nama tersebut paling banyak diberikan.

Dalam upacara yang diselenggarakan di kantor pusat Google pada Kamis pagi waktu setempat, Google menghadirkan sebuah patung Android bertema Nougat di taman kantor pusatnya Mountain View.

Nougat adalah makanan ringan dari campuran gula ditambah kacang atau berbagai buah-buahan kering di dalamnya. Dalam sebuah survei yang dilakukan Google terhadap pembacanya di blog teknologi AS 9to5, akhirnya Nougat dipilih karena nama tersebut paling banyak diberikan.

Google memang dikenal selalu memberikan kode nama sistem operasi mobile besutannya berdasarkan nama camilan dan manisan. Sistem operasi robot hijau yang muncul secara alfabetis ini selalu hadir dengan nama-nama unik dan menarik. Sebut saja Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan Marshmallow.

Sejak Android 1.5, Google telah menamai setiap versi dari sistem operasi mobile dengan nama makanan manis-manis, pilihan nama sistem operasi buatan Google ini berdasarkan abjad yang bergerak secara berurutan melalui huruf-huruf alfabet. Tradisi pengambilan nama android bak permen gula gula ini dimulai lebih dari enam tahun yang lalu. Tapi khusus untuk Android N adalah versi pertama yang membuka saran jajak pendapat secara umum dalam rangka pemberian nama OS android tersebut

Android Nougat menawarkan perombakan fitur, dan sejumlah fitur baru lain di antaranya perubahan panel notifikasi, hadirnya split screen multitasking, serta peningkatan performa Doze, fitur penghematan baterai yang sudah lebih dulu hadir pada Android Marshmallow. (Jhon/asr)

Share

Video Popular