Oleh: Huang Xiao Yu

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah merilis sebuah foto bukit pasir di Mars yang diambil dari kamera Mars Reconnaissance Orbiter. Dari gambar tersebut tampak serangkaian bukit berwarna gelap yang membentuk layaknya kode Morse. Para ilmuwan dibuat bingung melihat bentuk bukit pasir itu.

Di atas bukit pasir di Mars, seperti dikutip dari laman CNN, para astronom menemukan sejumlah symbol yang mirip dengan kode Morse, tetapi mereka tidak berpikir ini adalah pesan yang disampaikan makhluk hijau kecil (alien).

Tak seperti garis di bukit pasir yang biasa kita lihat di Bumi, angin yang mengukir gundukan itu membuatnya memiliki titik dan garis dengan pola berbeda, layaknya kode Morse.

Namun hingga saat ini peneliti belum dapat menemukan penyebab mengapa ‘kode Morse’ terbentuk di wilayah tersebut.

Foto beresolusi tinggi itu diambil pada 6 Februari 2016 oleh NASA-Mars Reconnaissance Orbiter, gambar itu berupa serangkaian bukit berwarna gelap di Mars. Jarak Mars dari bumi ketika itu adalah 196 juta kilometer.

Wilayah tersebut mulanya berupa kawah tua yang diselimuti pasir dan membentuk gundukan tak beraturan serta dipengaruhi arah angin yang terjadi di Mars. Bentuk dan orientasi bukit pasir biasanya dapat memberi tahu arah angin. Tapi, di gambar ini gundukan pasir yang terbentuk sangat kompleks, sehingga sulit untuk mengetahui arah angin.

“Akibatnya, bukit-bukit pasir di sini (Mars) membentuk titik dan garis yang berbeda,” demikian kata NASA dalam pernyataannya.

Bentuk bukit pasir yang menyerupai strip adalah bukit linear yang dibentuk oleh hembusan angin. Sementara bukit pasir yang berbentuk titik-titik, yang dikenal sebagai bukit pasir barchanoid, terbentuk secara tidak sengaja ketika hembusan angin meniup pasir yang telah terbentuk menjadi bentuk strip.

“Belum ada penjelasan yang baik terkait proses itu untuk saat ini, dan ini akan menjadi salah satu target wilayah yang akan diteliti lebih lanjut,” jelas NASA dalam sebuah siaran pers.

Kira-kira apa huruf atau tulisan yang akan terungkap jika ingin menerjemahkan arti garis dan titik pada bukit pasir di Mars itu ke dalam bentuk teks tertulis?

Veronica Bray, seorang peneliti planet dari University of Arizona, telah menerjemahkannya pada Gizmodo.com seperti berikut ini : NEE NED ZB 6TNN DEIBEDH SIEFI EBEEE SSIEI ESEE SEEE!!

Jika makhluk planet Mars atau alien ingin berkomunikasi dengan penduduk bumi, maka mereka harus bekerja keras dalam susunan kalimat. Namun, NASA tak berpikir bahwa kode tersebut sengaja ditinggalkan oleh alien untuk menyampaikan suatu pesan kepada penduduk Bumi.

Wahana antariksa Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) diluncurkan NASA pada Agustus 2005 silam, dan tiba di planet Mars pada Maret 2016 lalu, hingga sekarang telah lebih dari satu dekade di orbit Mars. Wahana ini merupakan salah satu dari lima wahana yang beroperasi di atas orbit Mars, sementara empat wahana lainnya masing-masing adalah Mars Express-ESA, Mars Orbiter Mission-India, Mars Odyssey dan MAVEN milik Amerika. (Epochtimes/joni/rmat)

Share

Video Popular