Oleh Luo Dongping

Kudeta di Turki yang dilakukan oleh sejumlah anggota Militer Turki, pada Jumat (15/7/2016)  akhirnya gagal. Media Turki melaporkan bahwa 194 orang tewas dan 1.154 orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden berdarah malam itu. Seorang pejabat pemerintah Turki mengatakan, total 1.563 orang tentara yang terlibat kudeta telah ditangkap.

Selama terjadi kudeta militer malam itu, tank-tank masuk ke kota Istanbul dan ibukota Ankara, pesawat tempur terbang berputar di langit kedua kota tersebut dan berkali-kali melepas tembakan membabi buta ke kerumunan orang, situasi sangat tegang. Beruntung otoritas Turki berhasil menggagalkan kudeta dan menguasai keadaan, meskipun situasi belum normal, suara tembakan masih terdengar di berbagai tempat.

AFP mengutip ucapan seorang pejabat Turki memberitakan bahwa sekitar 200 orang tentara yang berada di markas militer Turki sudah menyerah  dengan menanggalkan senjata.

Namun, sedikitnya ada 194 orang, termasuk 47 orang sipil tewas dalam kudeta malam itu. Lebih dari 1.100 orang kebanyakan adalah warga sipil yang turun ke jalana untuk mencegat tentara pemberontak  luka-luka terkena tembakan. Sementara itu, 1.563 orang tentara yang terlibat kudeta yang gagal itu ditangkap otoritas dari berbagai tempat.

Gedung Parlemen Turki yang mengalami kerusakan cukup serius akibat dijadikan sasaran serangan komplotan kudeta, saat ini sedang digunakan untuk pertemuan darurat anggota parlemen yang disiarkan melalui TV ke seluruh Turki. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular