Erabaru.net. Setiap orang tahu persis dengan makanan kesukaannya masing-masing, tapi tahukah Anda jenis makanan yang paling disuka organ kita ? Jangan hanya demi selera makanan favorit, tapi juga berikan asupan makanan yang disukai tubuh (organ dalam), jaga dan rawat sebaik-baiknya setiap organ vital kita.

Wortel : Menjaga kesehatan mata dan menjernihkan pandangan

Wortel untuk kesehatan mata dan menjernihkan pandangan.
Wortel untuk kesehatan mata dan menjernihkan pandangan.

Hubungan antara wortel dengan mata terutama dari karotennya. Karena karoten dalam tubuh dapat diubah menjadi vitamin A, vitamin A sangat membantu daya pandang mata, terutama daya pandang dalam cahaya redup dan di bawah cahaya yang cepat berubah. Orang-orang sekarang kerap mentap layar komputer, televisi, bermain game, dimana pada saat demikian paling banyak menguras vitamin A, sehingga banyak yang merasakan mata kering, dan akan terasa tidak nyaman jika kekurangan vitamin dalam serat makanannya, karena itu sebaiknya penuhi dengan karoten, yang dapat menjernihkan pandangan mata.

Kubis :Untuk kesehatan otak

Kubis untuk kesehatan dan menguatkan otak.
Kubis untuk kesehatan dan menguatkan otak.

Kubis untuk kesehatan dan menguatkan otak, sementara brokoli, kembang kol atau sejenis kubis bundar lainnya sebagai antidepresan, itu rata-rata mengandung asetilkolin, yang berkhasiat sebagai penguat otak, dan meningkatkan daya ingat. Konsumsi dua menu brassica oleracea L. (keluarga kubis-kubisan atau brassicaceae) setiap hari, misalnya pecai (sawi putih), dapat memperlambat 40% laju penurunan fungsi kognitif.

Biji bunga matahari : Menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah rhinitis (radang selaput lendir hidung)

Biji bunga matahari.(NTDTV)
Biji bunga matahari.(NTDTV)

Biji bunga matahari untuk mencegah rhinitis atau radang selaput lendir hidung. Banyak orang yang menderita hay fever atau rinitis alergi setiap tahun di Amerika Serikat, peneliti mengatakan ini mungkin karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang berhubungan dengan alergi. Vitamin E berkhasiat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, sementara biji bunga matahari dapat menyediakan 49% kebutuhan harian vitamin E.

Kacang kenari : Melembabkan bibir

Kacang kenari berkhasiat melembabkan kulit dan memenuhi kebutuhan cairan.
Kacang kenari berkhasiat melembabkan kulit dan memenuhi kebutuhan cairan.

Jika ingin memiliki bibir yang lembab dan tidak terlihat kering, maka tubuh memerlukan pembentukan sel kulit baru secara terus menerus, asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur metabolisme. Dan untuk mencapai efek melembabkan bibir ini, Anda perlu makan beberapa biji buah kenari setiap hari.

Mangga: Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Buah mangga, kiwi berkhasiat melindungi gusi. Kedua jenis buah tropis ini kaya akan vitamin C yang berkhasiat sebagai pelindung kesehatan gusi. Peneliti di Italia menemukan bahwa dengan mengonsumsi sedikitnya satu atau dua buah kiwi sehari, dapat menurunkan 50% risiko kanker mulut. Jika Anda menderita periodontosis (infeksi gusi berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi), maka sitokin di dalam tubuh akan meningkat, yang membuat Anda menderita siksaan akibat pendarahan gigi dan sakit gigi. Penelitan ini menemukan bahwa vitamin D dapat mengekang terbentuknya sitokin.

Buah prune (plum): Melindungi sekaligus memperbaiki fungsi lambung dan usus

Buah plum.
Buah plum.

Prune atau buah plum yang dikeringkan, dan tauco berkhasiat dalam memperbaiki pencernaan. Makanan tinggi serat dapat membantu melindungi sekaligus memperbaiki lambung dan usus (pencernaan). Melansir laman “The American Journal of Clinical Nutrition,” di antara 74.000 perempuan yang disurvei, mereka yang sering mengonsumsi makanan tinggi serat, maka kemungkinan terjadinya kegemukan berkurang 49%. Tauco terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi. Tauco mengandung probiotik, dapat memperbaiki fungsi pencernaan. Saat masak atau mengolah makanan, coba tambahkan sedikit bumbu tauco.

Minyak zaitun: Mengatasi rasa nyeri pada otot dan sendi

Minyak zaitun dapat menghilangkan radang.
Minyak zaitun dapat menghilangkan radang.

Minyak zaitun mengandung capsaicin dan banyak senyawa fenolik yang berefek sebagai anti-inflamasi yang kuat. Berkhasiat menghilangkan radang, meredakan rasa sakit. Saat memasak, coba tambahkan satu dua sendok minyak zaitun.

Asparagus : Menekan risiko penyakit jantung

Asparagus, anggur berkhasiat menekan risiko penyakit jantung. Peneliti di Italia menemukan asam folat dalam asparagus dapat mengurangi asam amino dalam tubuh yang bisa memicu penyakit jantung. Konsumsi 8 batang asparagus setiap hari dapat melengkapi 20% asam folat, sekaligus juga memenuhi nutrisi lain seperti kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sementara itu sebuah penelitian di Universitas Glasgow, Skotlandia, mendapati bahwa polifenol yang terkandung dalam buah anggur memiliki efek sebagai antioksidan yang kuat, dapat menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi jantung, dan berkhasiat melindungi fungsi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Tomat : Untuk kecantikan kulit

Tomat mengandung vitamin C yang berkhasiat sebagai pemutih. 
Tomat mengandung vitamin C yang berkhasiat sebagai pemutih.

Tomat berfungsi sebagai pelembab dan tabir surya, kaya akan gizi dan rendah kalori : dapat digunakan untuk menjaga bentuk tubuh, banyak para model maupun artis tenar sekarang, menggunakan tomat sebagai salah satu metode utama untuk menjaga bentuk tubuh. Cairan asam yang melimpah pada tomat, dapat menyeimbangkan nilai PH kulit Anda. Bagi mereka yang berkulit gelap dan kasar, dapat melumurkan cairan tomat pada wajah, diamkan sekitar 15 menit, setelah itu bilas dengan air, cara ini sangat membantu dalam menghilangkan kulit mati di sekitar wajah.

Sekarang Anda tahu apa yang paling disukai oleh tubuh, jadi segeralah penuhi dan lengkapi kebutuhan tubuh Anda seperti tersebut di atas.(Secretchina/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular