JAKARTA – Permainan Pokemon Go sudah mendapatkan tempat untuk kebanyakan orang mulai anak muda hingga dewas. Permainan yang mengutamakan pada jaringan GPS ini terus menjadi sorotan luas dari berbagai instansi negara berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia.

Divisi Humas Mabes Polri turut mengomentari tentang permainan yang baru diluncurkan awal Juli 2016 lalu. Melalui akun facebook resminya, Humas Mabes Polri mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati saat memainkan aplikasi permainan yang terbaru ini.

“Ingat pesan kami, jangan sembarangan main game ini disembarang tempat, jangan sampai Mitra Humas main game niatnya menghibur diri namun justeru membahayakan diri sendiri,” tulis akun Facebook Humas Mabes Polri, Minggu (17/7/2016).

Dalam pesanya, Humas Mabes Polri mengimbau kepada pengguna internet untuk saling bekerjasama menasehati mereka penyuka game ini supaya tidak main game Pokemon GO di sembarang tempat.

Beberapa waktu lalu, Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati saat mengoperasikan permainan game tersebut. Imbauan ini disampaikan dikarenakan aplikasi ini bisa saja membahayakan publik.

“Aplikasi Pokemon itu bisa saja membahayakan publik. Tentu masyarakat perlu berhati-hati apalagi kalau kegiatan itu dilakukan di ruang publik,” seruan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Game ponsel ini dirilis pada 6 Juli 2016 lalu oleh Niantic dan Pokemon Company. Kedua produsen ini menyebarkan “monster saku” Pokemon pada lokasi peta di dunia nyata. Berbeda dengan permainan lainnya, para pemain harus secara fisik mencapai lokasi, seperti ditunjukkan oleh GPS ponsel mereka, untuk mengumpulkan makhluk-makhluk dalam permainan itu.

Berbagai lokasi menjadi sasaran para pemain untuk berhenti sembari memainkan ponsel mereka. Lokasinya tak menenti seperti perpustakaan, taman, air mancur, kantor polisi, kantor pemerintahan bahkan kuburan hingga tebing dapat ditandai sebagai Poke Stop dan Gym. Lalu para gamer memainkan gawai mereka melawan pokemon dengan pokemon lainnya serta mendapatkan poin.  (asr)

Share

Video Popular