Perdana Menteri Inggris yang baru Theresa Mary May tidak menempati kantor dan kediaman  resmi yang diatur kerajaan yaitu Dawning Street No.10, tetapi memilih no. 11 yang memiliki ruangan lebih luas dibandingkan dengan no.10.

Agence France-Presse memberitakan bahwa di lantai pertama dalam pintu no. 10 yang berwarna hitam ada ruang kantor perdana menteri, dan atasnya dipakai sebagai kediaman resmi perdana menteri bersama anggota keluarganya. Sedangkan gedung no.11 ditetapkan sebagai ruang kantor dan kediaman untuk Menteri Keuangan Inggris, meskipun lantai atasnya lebih luas daripada no.10.

Theresa mengikuti langkah ketiga perdana menteri terdahulu yakni Tony Blair, Gordon Brown dan David Cameron, menempati ruang atas bangunan no.11 sebagai tempat tinggal.

Pada 1998, Blair memilih bangunan no. 11 karena ia membutuhkan ruang yang lebih banyak untuk menampung keluarganya,  namun Gordon Brown yang ketika itu masih menjabat menteri keuangan tidak membutuhkan ruangan besar untuk keluarga karena belum memiliki anak.

Alasan Theresa memilih bangunan no. 11 adalah karena ia memiliki hobi memasak dan suka memasak di waktu ada senggang. Di bangunan no. 11 itu sudah tersedia dapur kelas atas yang dipakai keluarga Cameron.

Petugas kantor Theresa mengatakan, Cameron beserta keluarganya sudah meninggalkan Dawning street pada 13 Juli 2016 lalu. Namun Theresa dan keluarganya sampai sekarang belum datang menempati, mungkin tidak lama lagi.

Karena Perdana Menteri Theresa May memilih untuk menempati gedung no. 11 Dawning street, maka Menteri Keuangan Philip Hammond akan menempati gedung no. 10. (Central News Agency/Sinatra/rmat)

Share

Video Popular