Erabaru.net. Tahukah Anda seberapa kotor sebenarnya di lingkungan kantor tempat beraktivitas sehari-hari itu ? Konon bakterinya jauh lebih besar 400 kali dari jumlah bakteri di toilet! Melansir laman the “Yahoo Health Channel”, bakteri yang paling banyak di area perkantoran adalah tombol lift, gagang kulkas dan microwave, dispenser, keyboard komputer, telepon kantor, mesin fotokopi dan meja kantor.

Tombol lift : 17 kali lipat dari jumlah bakteri di toilet

Saat mulai beraktivitas sehari-hari, hal pertama yang terkontak dengan kita di kawasan perkantoran adalah lift, setiap tombol di lift itu merupakan salah satu titik yang paling padat dari berbagai bakteri patogen. Ada sekitar 540 spesies bakteri per sentimeter persegi pada setiap tombol di lift, atau 17 kali jauh lebih besar dari jumlah bakteri di toilet, kata Dr. Charles P Gerba, profesor dan pakar mikrobiologi dari University of Arizona, Amerika Serikat.

Kalau begitu, bagaimana caranya menghindari tangan menekan tombol lift saat menggunakan atau naik lift setiap hari ? Para ahli menyarankan sebaiknya gunakan siku untuk menekan tombol lift.

Gagang kulkas dan microwave : 200 kali lebih banyak dari jumlah bekteri di toilet

Ada beberapa perusahaan yang biasanya menyediakan kulkas dan microwave untuk menjaga kesegaran makanan atau memanaskan makanan bagi karyawan yang membawa bekal makan siang.

Sebuah penelitian di AS baru-baru ini menemukan bahwa jumlah bakteri pada gagang kulkas itu 200 kali jauh lebih banyak daripada dudukan toilet. Menurut pengujian, 80% dari gagang kulkas di perkantoran mengandung ratusan ribu hingga jutaan E-coli, Citrobacter dan Klebsiella, sementara itu, penyebaran virusnya bahkan jauh lebih cepat daripada bersin dan batuk.

Dispenser : Salah satu tempat bakteri yang paling banyak

Peneliti dari University of Arizona, Amerika Serikat menemukan bahwa switch atau tombol on/off pada dispenser merupakan salah satu titik bakteri terbanyak di area perkantoran. Selain itu, virus ini dapat menyebar dari penderita yang sakit ke area lain hanya dalam tempo 4 jam.

Para ahli menyarankan, sebaiknya dilap dulu dengan tisu anti bakteri sebelum digunakan.

Keyboard komputer : 3200 bakteri per sentimeter persegi

Sebuah studi mikrobiologi menyebutkan bahwa di atas keyboard komputer tersembunyi jamur ragi dan Staphylococcus aureus dan bakteri lainnya, rata-rata terdapat lebih dari 3200 spesies bakteri per sentimeter persegi pada keyboard.

Para ahli menyarankan sebaiknya dilap dulu dengan tisu antibakteri saat menggunakannya.

Telepon kantor : 162.000 bakteri per sentimeter persegi

Jumlah bakteri pada telepon kantor yang setiap hari digunakan itu juga sangat mengesankan. Sebuah studi terkait menyebutkan bahwa terdapat sejumlah besar bakteri tersembunyi pada telepon kantor, terutama pada gagang telepon itu terdapat 162.000 bakteri per sentimeter persegi, dan ini merupakan area yang rentan menyebarkan virus.

Ahli menyarankan sebaiknya agak menjauhkan bibir/mulut dari gagang telepon saat bicara.

Mesin fotokopi : Salah satu tempat yang paling disukai bakteri untuk bersemayam

Mesin fotokopi adalah salah satu peralatan kantor dengan frekuensi penggunaan tertinggi di area perkantoran, tempat yang hangat dari mesin fotokopi itu sendiri merupakan salah satu area yang paling disukai bakteri untuk bersemayam. Penelitian menyebutkan bahwa di atas layar sentuh pada mesin fotocopy itu terdapat sejumlah besar koliform fecal (bakteri koliform yang berasal dari tinja manusia atau hewan berdarah panas lainnya), E- coli dan Staphylococcus aureus, yang akan menyebar jika pernah digunakan penderita.

Ahli menyarankan sebaiknya diseka atau dilap dengan tisu antibakteri sebelum dan setelah penggunaan.

Meja kantor : 400 kali lebih banyak dari jumlah bakteri di toilet

Kaum perempuan suka merias diri di atas meja kantor, suka ngemil, atau menempatkan hiasan dan semacamnya, sehingga mudah disusup bakteri. Ada sekitar 20.000 bakteri per sentimeter persegi di atas meja kantor, atau 400 kalinya dari jumlah bakteri di toilet. Selain itu, jumlah bakteri di meja kantor kaum perempuan itu ada sekitar 3 – 4 kali lipat dari laki-laki.

Ahli menyarankan siapkan beberapa tisu antibakteri di dalam laci, dan biasakan untuk menyeka meja kantor setiap hari sebelum dan usai kerja.

Intinya, menyangkut kuman, barang yang paling sering disentuh orang akan menjadi barang yang paling mudah terserang kuman dan menjadi sarang bakteri. Tidak hanya barang-barang di tempat umum, tetapi juga barang-barang milik pribadi, misalnya ponsel, pulpen atau uang yang ada di dompet. Untu hal terakhir ini, Dr.Darlington dari The Health Commissioner of New York telah membuktikan bahwa rata-rata di selembar uang kertas mengandung sekitar 135.000 bakteri. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular