Erabaru.net. Pisang mendapat julukan sebagai makanan pembawa kebahagiaan, rahasianya terletak pada kulitnya, karena kaya dengan tryptophan, yang dapat mengurangi hormon pemicu depresi atau suasana hati yang labil. Tryptophan dapat meningkatkan kadar hormon serotonin sebagai peningkatan mood, relaksasi dan rasa percaya diri dalam tubuh, selain itu juga berkhasiat dalam mengurangi gejala insomnia dan depresi, serta membantu menstabilkan emosional. Nilai gizi dari kulit pisang adalah tiga kalinya dari pisang itu sendiri, dan memiliki khasiat yang tak terduga dalam merawat kesehatan!

Ahli gizi dari Inggris dan Amerika mengatakan, kulit pisang mengandung magnesium, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, B12 dan nutrisi lainnya, serta kandungan antioksidan, protein dan seratnya yang melimpah itu dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan mood, membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Sebuah artikel yang dipublikasikan di jurnal Applied Biochemistry and Biotechnology 2011 lalu menyebutkan, kulit pisang mengandung polifenol, karotenoid dan zat biologis aktif lainnya. Vitamin A pada kulit pisang dapat membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak. Sementara vitamin B6 bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, dapat menguatkan kesehatan jantung, otak, mengatur gula darah, dan meningkatkan mood. Sedangkan vitamin B12 bermanfaat bagi otak dan sistem saraf. Selain itu, vitamin B kompleks dan antioksidan dalam kulit pisang bisa membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Khasiat kesehatan dari kulit pisan:

1. Menurunkan kolesterol. Kandungan seratnya dapat membantu pencernaan dan melancarkan BAB, dan juga mengurangi kolesterol dalam darah.

2. Memenuhi elektrolit. Kalium atau potasium dalam kulit pisang dapat membantu memproduksi neurotransmitter dan  energi di otot, serta mencegah kejang otot, memetabolisme karbohidrat dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh, efektif sebagai suplemen elektrolit.

3. Membuat nyaman suasana hati. Kulit pisang kaya akan triptofan yang dapat diubah menjadi serotonin, serotonin adalah hormon yang dapat menjaga keseimbangan suasana hati. Kekurangan serotonin dapat membuat seseorang depresi, namun kelebihan juga membuat seseorang pusing.

4. Membuat tidur lebih nyaman. Triptofan dalam kulit pisang, dapat menstabilkan suasana hati, mengurangi gejala insomnia, adalah resep yang sering digunakan dokter untuk mengobati atau mengatasi gangguan tidur.

5. Melangsingkan badan. Kulit pisang mengandung vitamin B kompleks dan antioksidan, yang bisa membantu meningkatkan metabolisme, rendah kalori, tinggi serat. Kulit pisang yang bernilai gizi tinggi ini merupakan suplemen terbaik yang cocok untuk Anda yang sedang berdiet dan menjaga berat ideal.

6. Mencegah kanker. Kaya akan anti-oksidan yang dapat menjaga sel-sel dari ancaman perubahan yang biasanya menyebabkan tumor.

7. Menguatkan sel darah merah. Kandungan nutrisinya dapat memperkuat sel-sel darah merah yang mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan meminimalkan kerusakan sel tersebut.

8. Menjaga kesehatan mata. Mengoptimalkan mata Anda dengan kandungan lutein yang tinggi. Lutein merupakan zat yang membantu kemampuan penglihatan pada malam hari, mencegah katarak, dan degenerasi makula.

9. Meningkatkan sistem imun. Mengandung vitamin B6, serta kaya akan serat yang dapat membantu menciptakan bakteri baik atau probiotik pada usus. Bakteri probiotik akan membantu proses pembersihan dan pembasmian racun di dalam tubuh dan membantu kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Tak dipungkiri, kulit pisang memang tidak seenak dagingnya ketika dimakan. Tapi Anda bisa memakannya dengan cara digoreng terlebih dahulu, dikukus atau dijadikan campuran bolu pisang. Rasanya tetap enak dan tidak sepet, namun pastikan kulit pisang tersebut adalah organik. Hal ini mencegah dari masuknya pestisida, insektisida, atau bahan berbahaya lainnya ke dalam tubuh. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular