Kebiasaan – kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari yang tidak terlalu diperhatikan, sangat mungkin menyimpan potensi gangguan yang membahayakan kesehatan. Meskipun beberapa orang menyadari kebiasaan ini sangat penting untuk diubah, namun hal itu tidak mungkin dilakukan dalam tempo singkat, dan juga jangan terlalu memaksakan diri.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak sehat.

Kurang minum air

Minum air bermanfaat untuk kesehatan, yaitu menjaga kelembaban tubuh, bermanfaat untuk membersihkan memori, menstabilkan emosi, membuat gerakan menjadi lincah, menjaga kulit tetap lembut, di saat hari panas membuat tubuh menjadi dingin, membuat otot-otot dan persendian bekerja lebih baik, serta membantu tubuh membersihkan toksin yang dikeluarkan melalui ginjal.

Menurut rekomendasi US Institute of Medicine, setiap hari pria dewasa membutuhkan sekitar 13 gelas air atau cairan, sedangkan perempuan dewasa membutuhkan sekitar 9 gelas. Pada umumnya setiap hari orang memperoleh sekitar 2 gelas cairan dari makanan. Namun tidak semua orang harus minum air dalam jumlah yang sama, cara terbaik adalah dengan mengamati warna urine: jika berwarna kuning muda (seperti warna air lemon), pertanda telah cukup minum air.

Makan saat larut malam

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “metabolisme sel-sel”, ditemukan bahwa tikus yang makan malam lebih awal, kemudian berpuasa selama 16 jam, ternyata lebih ramping dibandingkan tikus yang makan menjelang tengah malam dengan asupan kalori yang sama. Pada kenyataannya, bahkan ketika tikus diberi makan kadar lemak tinggi, tikus yang berpuasa mempunyai bobot agak lebih ringan. Para peneliti berspekulasi bahwa semakin lama rentang waktu antara puasa dan makan, membuat tubuh dapat lebih efektif memanfaatkan makanan. Selain itu, lebih awal makan malam dapat membuat orang tidur lebih baik.

Menurut US National Institutes of Health, kebiasaan makan pada larut malam dapat menyebabkan gangguan pencernaan, dan mengganggu tidur.

Kurang olahraga

Olahraga teratur tidak hanya dapat membantu Anda menurunkan berat badan, namun juga dapat meningkatkan energi, dan juga dapat membantu memperpanjang usia! Menurut Framingham Heart Study,orang yang beraktivitas tingkat sedang atau tinggi mempunyai umur lebih panjang, memperpanjang hidup rata-rata 1,3-3,7 tahun. Selain itu, olahraga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko beberapa jenis penyakit kronis, seperti kanker payudara dan beberapa kanker risiko tinggi seperti prostat. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah di otak, mempertajam pikiran, dan membantu kontrol gula darah.

Pada 2008, Panduan Kegiatan American Physical merekomendasikan, orang dewasa membutuhkan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang per minggu, seperti jalan cepat, ditambah setidaknya 2 hari aktivitas penguatan otot, atau 75 menit aktivitas yang kuat seperti berlari, ditambah setidaknya dua hari pelatihan ketahanan.

Kurang tidur

Penelitian menunjukkan, kurang tidur mungkin dapat melemahkan sistem penilaian, kekebalan tubuh, dan pengambilan keputusan (juga lebih mungkin untuk membuat kesalahan) dan merugikan kesehatan jantung. Kurangnya tidur dapat menyebabkan depresi; jika diet, akan membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit. Cara terbaik adalah dengan mempertahankan tidur selama 7-8 jam setiap malam. National Sleep Foundation merekomendasikan tidur tidak selalu membutuhkan sejumlah jam tertentu, hal ini bervariasi bagi setiap orang, asalkan ada waktu tidur yang sesuai, membuat tubuh dapat berfungsi dengan baik, itu sudah cukup.

Terlalu banyak garam

Orang Amerika rata-rata asupan garamnya melebihi 1.000 mg per hari dari jumlah asupan garam seharusnya. Menurut sebuah studi dari majalah New England of Medicine, jika kita bisa memakan lebih sedikit garam dalam kehidupan sehari-hari, maka risiko terkena penyakit jantung menjadi lebih kecil 9%. Salah satu cara termudah untuk mengurangi asupan garam adalah dengan memasak di rumah menggunakan bahan-bahan segar. Makanan restoran dan makanan olahan cenderung mengandung kadar garam tinggi.

Pemilihan makanan tertentu berdasarkan instruksi label kemasan

Para ahli percaya, produk pengganti lemak kemungkinan dapat memengaruhi kemampuan alami tubuh untuk mengatur asupan makanan dan menyebabkan orang untuk makan lebih banyak. Kadar nutrisi dalam produk bebas gluten dapat sangat bervariasi. Menurut sebuah studi yang membandingkan 11 macam roti bebas gluten, ada jenis roti yang bebas gluten memiliki lemak hingga 13 kali lebih banyak, dan protein 16 kali lebih banyak daripada makanan lainnya. Itulah sebabnya jangan disesatkan oleh instruksi label “Sehat”.

Makan siang di meja kerja

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan siang dengan fokus di meja makan, akan merasa puas dan mampu menahan godaan makanan ringan di sore hari. Pada peserta studi makan siang, 30 menit setelah makan, perut terasa penuh, sore harinya lantas jarang makan kue dan minum teh, sedangkan mereka yang makan siang di depan komputer merasakan perut tidak begitu penuh, sehingga pada sore harinya lebih banyak memakan kue di saat tea-time.

Menggoreng dengan minyak zaitun

Meskipun minyak zaitun dianggap sehat untuk jantung karena mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh, membantu menurunkan kolesterol “jahat” dan meningkatkan kadar kolesterol ‘baik”, namun ada situasi yang tidak cocok untuk metode penggorengan.

Karena minyak zaitun memiliki titik asap rendah dibandingkan dengan beberapa jenis minyak lainnya. Ketika dipanaskan sampai titik asap minyak zaitun, senyawa menguntungkan mulai terurai menjadi bentuk senyawa yang berpotensi membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, minyak zaitun tidak boleh digunakan dalam suhu tinggi untuk menggoreng. Minyak zaitun cocok untuk pencampuran salad dengan sayuran dan untuk memasak di atas api sedang.

Spons dapur jarang diganti

Dibandingkan dengan sikat gigi, spons dapur dapat membawa 150 kali lebih banyak bakteri, jamur, dan ragi. Menurut sebuah studi oleh US National Science Foundation, bakteri yang ditemukan dalam spons dapur dapat membuat Anda sakit. Para ahli menyarankan, spons dapur setiap hari direndam dan dikeringkan dalam microwave selama dua menit, atau setiap dua minggu sekali mengganti spons baru. ( Epochtimes / Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular