Erabaru.net. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Terkejutkah Anda? Anda tidak harus terkejut, karena kurang tidur telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan yang serius. Untuk memahami hubungan ini, mari kita pelajari bersama mengenai tidur dan penyakit jantung, serta cara untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko serangan jantung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa kurang tidur akan meningkatkan risiko penyakit jantung. WHO membandingkan kurang tidur sama bahayanya dengan merokok dan bahkan posisi duduk yang lama.

Dalam penelitian terbaru, 657 pria Rusia yang diamati secara ketat untuk dipantau kualitas tidur dan risiko penyakit jantung mereka. Selama 14 tahun, kasus serangan jantung dan stroke dicatat dari peserta penelitian ini.

Peneliti menemukan bahwa pria Rusia yang melaporkan mengalami gangguan tidur memiliki peningkatan risiko serangan jantung hingga 2,6 kali lebih tinggi daripada pria Rusia yang tidak memiliki gangguan tidur.

Selain itu, risiko stroke meningkat empat kali lipat pada pria Rusia yang mengalami gangguan tidur dibandingkan dengan pria Rusia tanpa gangguan tidur.

Karena penyakit jantung, khususnya, adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia, maka temuan ini cukup berguna. Dengan memahami hubungan antara tidur dengan penyakit jantung akan membantu kita menemukan cara untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, pesan untuk dibawa pulang ke rumah adalah, kesehatan jantung dimulai dengan beristirahat malam yang cukup.

Pentingnya tidur untuk kesehatan jantung

Selain membuat lebih sulit untuk tetap terjaga atau fokus di sekolah atau saat bekerja, apnea tidur (sleep apnea) yang tidak diobati dapat mengakibatkan seseorang berisiko tinggi untuk mengalami tekanan darah tinggi, stroke, masalah jantung, depresi, dan diabetes. (Shutterstock )
Selain membuat lebih sulit untuk tetap terjaga atau fokus di sekolah atau saat bekerja, apnea tidur (sleep apnea) yang tidak diobati dapat mengakibatkan seseorang berisiko tinggi untuk mengalami tekanan darah tinggi, stroke, masalah jantung, depresi, dan diabetes. (Shutterstock )

Seperti disebutkan sebelumnya, tidur adalah penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sebuah survei yang dilakukan antara tahun 1999 dan 2004 mengungkapkan bahwa 40 juta orang Amerika menderita berbagai gangguan tidur dan sebagian besar dari mereka tidak terdiagnosis. Sulit tidur adalah masalah besar yang perlu ditangani.

Sebelum kita mengungkapkan cara yang efektif untuk memperbaiki kualitas tidur, mari kita lebih mendalami bagaimana kurang tidur mempengaruhi kesehatan.

Berikut adalah beberapa contoh yang paling menonjol akibat kurang tidur.

  • Gangguan aktivitas otak, daya ingat lemah
  • Murung
  • Energi terkuras
  • Depresi
  • Sistem kekebalan tubuh melemah
  • Peningkatan risiko kecelakaan
  • Berat badan meningkat
  • Peningkatan tekanan darah
  • Peningkatan risiko diabetes
  • Halusinasi
  • Peningkatan risiko angina (ketidaknyamanan atau tekanan lokal di dada) dan aritmia (kelainan irama jantung)
  • Peningkatan risiko cairan di paru-paru, yang dapat menyebabkan gagal jantung

Karena kurang tidur memengaruhi semua fungsi utama dalam tubuh, maka adalah sangat penting meningkatkan kualitas tidur untuk kesejahteraan secara keseluruhan.

Tips untuk meningkatkan kualitas tidur untuk jantung sehat

Banyak faktor penyebab kurang tidur, yang dapat membahayakan kesehatan jantung, sehingga penentuan penyebab kurang tidur adalah langkah pertama. Apakah Anda memiliki masalah medis tertentu? Apakah Anda stres? Apakah Anda mengonsumsi obat yang membuat Anda terjaga di malam hari? Ini adalah pertanyaan penting untuk bertanya pada diri sendiri ketika mencoba untuk meningkatkan kualitas tidur.

Beberapa anjuran mendasar untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik meliputi mengurangi tingkat stres, makan dengan baik (makanan siap saji dapat memicu insomnia), tetap aktif secara fisik, dan menghindari kafein. Tips ini dapat bekerja untuk segera memperbaiki kualitas tidur Anda.

Jika Anda menghindari kafein, olahraga teratur, menikmati diet sehat, tetapi masih tetap tidak dapat tidur, mungkin sudah saatnya untuk konsultasi dengan dokter. Dokter akan dapat mendeteksi jika Anda memiliki kondisi yang mengakibatkan Anda tidak dapat tidur.

Sebagai contoh, beberapa kondisi seperti arthritis, kandung kemih terlalu aktif, dan nyeri sendi merupakan faktor penyebab Anda terjaga. Selain itu, jika Anda saat ini mengonsumsi obat tertentu, seperti steroid atau obat hipertensi, akan menyebabkan Anda sulit tidur.

Bahkan depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Mencari bantuan untuk kondisi seperti ini adalah penting, tidak hanya untuk mengobati penyakit mental, tetapi untuk mencapai kualitas tidur yang lebih baik.

Satu hal yang perlu diingat ketika memperbaiki kualitas tidur adalah menghindari mengonsumsi obat tidur. Obat tidur tidak hanya menyebabkan efek samping, seperti sembelit, sakit kepala, dan rasa kantuk, tetapi dapat menyebabkan ketergantungan obat, dapat berinteraksi dengan obat yang sedang Anda pakai, dan dapat menjadi racun bagi hati Anda. Maka penting untuk mencoba solusi alami untuk meningkatkan kualitas tidur.

Penyakit jantung dapat dicegah, dan langkah pertama yang baik adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan tips alami untuk kualitas tidur yang lebih baik dan faktor gaya hidup, seperti makan dengan baik, berolahraga, dan tidak merokok, maka Anda dapat berhasil mengurangi risiko penyakit jantung.(Epochtimes/ Vivi/Yant)

Share

Video Popular