Olympia Einkaufszentrum (OEZ), Moosach, Munich/ Munchen, sebuah mal di Jerman pada Jumat (22 /7/2016) sore mendapat serangan lebih dari seorang teroris. Penembakan menyebabkan 9 orang tewas, sejumlah orang lainnya terluka. Kota Munich memasuki darurat keamanan. Penembak belum teridentifikasi.

Media cetak Rusia ‘Satelit’ mengutip laporan media Jerman ‘Bild’ memberitakan bahwa setidaknya salah satu pelaku serangan dalam mal itu sudah mati bunuh diri. Namun berita ini belum mendapat konfirmasi dari pihak kepolisian.

Polisi mengatakan pihaknya belum mengetahui tentang keberadaan dan jumlah pelaku serangan, meskipun ada dugaan bahwa jumlah mereka mungkin mencapai 3 orang. Dan korban tewas sampai sekarang tercatat 9 orang. Menurut polisi salah satu jenasah itu diduga adalah pelaku penembakan.

Media lokal menyebutkan bahwa jenasah kesembilan yang ditemukan polisi di lokasi yang berjarak +/- 1 km itu dipercaya adalah pelaku penembakan. Selain itu, polisi menduga dalam ranselnya tersimpan  bahan peledak, sehingga perlu mendatangkan robot untuk mengamankannya. Namun laporan ini tanpa konfirmasi polisi.

Kepolisian kota Munich mengingatkan bahwa keadaan darurat keamanan diberlakukan sehubungan dengan masih aktifnya orang-orang bersenjata. Dan polisi sedang mencari para pelaku teror.

Ada saksi mata yang mengaku melihat setidaknya 3 orang bersenjata yang melakukan serangan di mal itu.

Seorang jurubicara kepolisian Munich mengatakan bahwa pelaku masih buron, tetapi menolak untuk membenarkan bahwa salah satu dari pelaku itu telah melakukan bunuh diri. Ia juga menolak untuk memberikan berapa jumlah korban yang jatuh.

Kepolisian Federal Jerman sudah mengutus unit anti terorris ke kota Munich untuk membantu dalam perburuan pelaku. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular