Erabaru.net. Mengeluarkan racun rasanya bagaikan suatu proyek besar, ada diet detoks vitalitas, detoksifikasi puasa, detox enema (detoks menggelontor usus) dan lain-lain…Cara-cara tersebut membuat masyarakat yang sehari-harinya sibuk, menghentikan langkahnya sejenak.

Sebenarnya dalam tubuh manusia sudah terdapat seperangkat sistem detoks yang sangat bagus, asalkan kita mengetahui metode detoks yang tepat, ditambah dengan beberapa “gerakan kecil” yang mudah dan efektif, maka setiap saat racun dari dalam tubuh bisa dikeluarkan.

Setiap bagian dalam tubuh kita selama bertahun-tahun telah mengakumulasi banyak racun (toxin), untuk itu detoksifikasi dalam tubuh sangat dibutuhkan, sampah dalam tubuh jika tidak bisa segera diekskresikan maka bisa menimbulkan pengaruh buruk bagi kesehatan.

Dalam kehidupan, dimulai dari segelas air pertama ketika bangun tidur di pagi hari, sebenarnya sudah dimulai program detoks, ketika menyikat gigi, mengikis plug pada lidah, menyisir rambut, tertawa terbahak dan lain-lain, asalkan dengan cara tepat maka sama saja bisa mencapai efek detoksifikasi.

Berikut beberapa tindakan sehari-hari yang bisa bertindak sebagai detoksifikasi.

Menyisir rambut

Metode pemeliharaan kesehatan zaman dulu berpendirian “rambut sebaiknya kerap disisir”. Chao Yuanfang seorang tabib terkenal dari Dinasti Sui (581 – 618) menyatakan, menyisir rambut memiliki efek melancarkan peredaran darah, menghalau angin, mengurai radang dan menjaga rambut tidak memutih. Menyisir rambut bisa mendorong peredaran darah pada kulit kepala menjadi lancar, bertujuan memijat saluran meridian dan titik-titik akupunktur, karena sebagian besar dari 12 meridian dan 8 meridian ekstra berkumpul di kepala, dengan sering menyisir rambut maka bisa mengaktifkan saluran meridian empedu dan meridian kandung kemih, memfasilitasi fungsi peredaran organ-organ di seluruh tubuh dan meningkatkan daya detoksifikasi.

Ketika menyisir rambut sebaiknya searah dengan alur meridian di kepala yakni: menelusuri dari bagian dahi hingga ke bagian belakang kepala, disisir datar ke arah belakang sudah betul, setiap hari disisir 50 kali, atas kepala maupun di kedua sisi kepala harus kena sisir.

Tertawa

Ketika Anda tertawa terbahak yang keluar dari lubuk hati, hormon kortisol dan adrenalin dalam tubuh yang penyebab stres akan mulai menurun, sehingga bisa meningkatkan daya detoks. Tertawa terbahak juga memiliki efek mengaktifkan kinerja otak, anti penuaan dan lain-lain.

Penelitian dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa tertawa terbahak-bahak selama 1 menit kalori yang dihabiskan setara dengan berlari perlahan (jogging) selama 10 menit. Juga ada penelitian yang menunjukkan bahwa ketika tertawa terbahak otak melepaskan gelombang γ dalam jumlah besar, pergerakan otak yang kemudian terjadi, sama dengan efek ketika seseorang bermeditasi yakni bisa mengaktifkan otak sama seperti pelatihan kecerdasan. Selain itu tertawa terbahak juga bisa mengaktifkan sel NK, mengeluarkan hormone anti penuaan dan mencapai fungsi pencegahan tumor.

Sering-seringlah melihat lelucon humor dan film komedi, agar suasana hati menjadi santai. Ketika melihat bagian yang lucu, bagian perut terasa kencang dan meledaklah tertawa terbahak.

Membersihkan endapan pada lidah

Kebanyakan orang mempunyai lapisan plug pada lidah, dalam plug itu tersembunyi banyak sekali bakteri, jika bakteri-bakteri ini masuk ke dalam saluran usus bisa mempengaruhi pencernaan saluran usus dan buang kotoran atau menyebabkan sembelit bahkan bisa kanker. Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa semacam Fusobacterium yang sering terlihat dalam rongga mulut, bisa muncul dalam usus besar dan menjadi salah satu penyebab kanker kolorektal.

Membersihkan lapisan plug lidah bisa mengurangi peluang bakteri buruk itu masuk ke dalam saluran usus, agar bakteri dalam usus yang berfaedah bagi pencernaan dan buang kotoran bertahan dalam jumlah tertentu serta mempertahankan operasi bakteri dengan normal untuk menghindari terjadinya sembelit.

Membersihkan plug lidah tidak cukup jika hanya menyikat dengan sikat gigi, paling bagus menggunakan alat pengeruk lidah atau sendok stainless, mengeruk tiga kali dari pangkal lidah mengarah ke ujung lidah.

Memijat ujung jari

Memijat ujung jari bisa membuat darah mengalir dengan lancar ke penghujung bagian tubuh kita, mengangkut toksin dan CO2 di semua bagian tubuh dan dikeluarkan dari tubuh, serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Di bagian tangan kita terdapat 6 jalur meridian yang bersirkulasi yang berkomunikasi dengan setiap organ tubuh dan jaringan, hal tersebut bisa mencerminkan kondisi kesehatan organ-organ di seluruh tubuh. Syaraf dari 5 jari tangan bersepadanan dengan penyakit atau gejala penyakit yang berbeda, jika sering memijat jari tangan maka dapat mengurangi penyakit di seluruh tubuh kita.

Manfaat terbesar cara detoks dengan memijat jari adalah setiap saat bisa dilakukan dikala sepasang tangan Anda senggang. Posisi kunci dari detoks pijat jari ini terletak pada bagian akar dari kuku, setiap hari jari-jari sepasang tangan dan kaki pijatlah sebanyak 2-3 kali, segera akan terlihat hasilnya. (Epochttimes/Lin/Yant)

Share

Video Popular