Penjara Penyihir Ditemukan di Gereja Skotlandia

693
penjara di gereja skotlandia
Sebuah cincin logam lebar dua inci itu tertanam di dinding utara Kapel St Mary di dalam gereja tersebut dan digunakan untuk merantai para penyihir yang terdakwa pada dinding. Cincin tetap ada sampai hari ini (foto).

Pada tahun-tahun sebelum Reformasi, sebuah kapel kecil di sebuah gereja di pinggiran Aberdeen menyediakan tempat yang tenang bagi wanita Katolik untuk berdoa dalam damai. Namun dalam 30 tahun beralih dari Katolik ke imanan Protestan, Kapel St Mary di Kirk St Nicholas, Aberdeen, mengambil peran yang gelap dan menyeramkan.

Sejarawan telah menemukan bukti bahwa kapel tersebut, yang dibangun pada abad ke-15, berfungsi sebagai penjara bagi yang tersangka penyihir saat mereka menghadapi perlakuan, sebelum mereka digiring ke kematian mereka.

Cincin besi sederhana tertanam di dinding utara kapel yang sekarang tersisa semua merupakan masa lalu yang menyeramkan ini. Tetapi catatan yang ditemukan dari arsip kota Aberdeen ini telah mengungkapkan cincin lebar dua inci ini dipasang untuk merantai para penyihir sementara waktu saat mereka ditahan di penjara.

penjara penyihir abad ke- 16
Kapel St Mary di Kirk St Nicholas di Aberdeen digunakan sebagai penjara penyihir menjelang akhir abad ke-16, telah ditemukan. Dua puluh tiga wanita dan satu pria diadili dan dieksekusi setelah dirantai ke dinding kapel tersebut. Kapel St Mary tahun 1886 setelah dikembalikan (foto kiri). Kapel St Mary seperti yang sekarang digambarkan (foto kanan)

Mereka mengungkapkan bahwa 23 wanita dan satu pria diadili dan dieksekusi karena sihir di kota selama “Great Scottish Witch Hunt” (perburuan penyihir Skotlandia) tahun 1597.

Dr Arthur Winfield, yang memimpin sebuah proyek untuk mengembalikan dan melestarikan ‘Mither Kirk’, sebagai St Nicholas yang dikenal secara lokal, mengatakan sulit untuk membayangkan kapel dengan masa lalu gelap itu ketika berdiri di dalamnya sekarang.

Dia mengatakan kepada MailOnline, “Saya cukup skeptis bahwa cincin itu sesuatu yang lebih dari sepotong logam di dinding. Ini terlihat sangat tidak signifikan.”

Tapi arsip kota tersebut menunjukkan beberapa rincian dimana cincin yang dipasang ini khusus untuk menahan orang-orang yang telah dituduh melakukan sihir, merupakan tempat terakhir orang-orang ini melihat sebelum mereka dibawa untuk dibunuh dan tubuh mereka dibakar.

Ada dugaan telah menjadi gereja di situs Mither Kirk sejak sebelum tahun 1100 dan itu dibangun di atas sebuah bukit di luar tembok kota. Yang kemudian disebutkan dalam dokumen Kepausan bertanggal tahun 1157.

Mayat 22 bayi telah digali dalam penggalian, tampaknya dimakamkan dalam lengkungan sepanjang bagian luar dinding gereja asli.

Karena di tahun 1400-an gereja tersebut diperbesar dan ditingkatkan, sehingga pembangunan Kapel St Mary sebagai bagian dari bangunan itu. Kapel itu awalnya digunakan sebagai tempat di mana wanita ingin berdoa namun setelah Reformasi tahun 1560, penggunaan gereja telah berubah.

Sementara ia lolos dari kerusakan dan sebagian besar utuh, dari kerusuhan yang terjadi selama kerap kali terjadi Reformasi berdarah di Skotlandia, ia dibagi menjadi dua tempat suci, Kirk Timur dan Kirk Barat.

Pada tahun 1597, bagaimanapun, Skotlandia dicengkeram oleh Great Scottish Witch Hunt di bawah perintah Raja James VI Skotlandia. Itu adalah salah satu gelombang perburuan penyihir yang melanda seluruh Eropa pada abad ke-15.

Penyihir itu berburu, namun bagaimanapun, dicatat oleh petugas yang bekerja di bawah Komisi Kerajaan yang dibentuk untuk mengendus para penyihir tersebut.

Catatan berisi rincian mengerikan untuk peralatan yang dibutuhkan dalam perburuan penyihir, gambut untuk pembakaran, tong aspal, tali dan hadiah perlombaan. Sementara sebagian besar dari mereka yang dituduh adalah perempuan, ada satu orang pria yang juga diadili dan dihukum karena sihir.

Andrew Mann dituduh menyembuhkan seluruh kawanan ternak milik seseorang, dengan memimpin tarian-tarian dan mencium pantat iblis, di daerah pedesaan. Dia juga mengatakan telah mengklaim memiliki hubungan jangka panjang dengan ratu para jin dan dapat memanggil dan memerintah setan hanya dengan dua kata.

“Kemungkinan dia punya semacam penyakit mental dan membuat dirinya dituduh sihir sebagai akibatnya,” kata Dr Winfield.

perburuan penyihir skotlandia tahun 1597
Kirk St Nicholas (foto kiri) dikenal secara lokal sebagai Mither Kirk. Konservasionis berusaha membangun sebuah pusat warisan di sana. catatan kota menunjukkan bagaimana penyihir dihukum, dengan catatan masing-masing ditandatangani oleh pihak berwenang pada saat itu Alexander Rutherford. Plakat bantalan namanya di gereja (foto kanan).

Di antara nama-nama lain yang muncul dalam catatan kota tersebut adalah Jane Wishart, yang dihukum karena 18 tuduhan santet termasuk mantra pelemparan yang menyebabkan penyakit pada para tetangganya. Dia juga mengatakan telah memicu anjing coklat untuk menyerang menantu laki-lakinya setelah berdebat dan memutilasi mayatnya yang tergantung di tiang gantungan.

Seperti banyak tuduhan sihir, mereka sering dilontarkan oleh orang lain dalam komunitas yang mungkin punya motif untuk melihat orang yang mereka dakwa dinyatakan bersalah.

Nama dan kejahatan masing-masing ‘penyihir’ secara cermat dicatat dalam catatan kota dan ditandatangani oleh yang berwenang pada saat itu Alexander Rutherford. Sebuah plakat bertuliskan namanya masih berada di dalam gereja tersebut.

Masing-masing yang dinyatakan bersalah sebagai sihir diambil dari Kapel St Mary, dicekik dan kemudian tubuh mereka dibakar. Tidak ada sisa-sisa para penyihir terdakwa telah ditemukan di situs tersebut tetapi penggalian di gereja itu telah menemukan sisa-sisa lebih dari 2.000 orang ditemukan terkubur di lokasi tersebut.

Sejak saatnya dinyatakan sebagai penjara penyihir , Kapel St Mary telah ditetapkan sebagai tempat untuk menyimpan tiang gantungan kota dan bahkan dapur umum untuk warga  kota yang miskin.

“Ini adalah tempat yang menakjubkan dengan banyak sejarah hidup. Dalam banyak hal sejarah gereja itu membantu untuk menceritakan kisah tentang kota tersebut,” ungkap Dr Winfield. (ran)