Erabaru.net. Duduk tenang  meditasi itu adalah kebijakan orang zaman dulu, pada 5000 tahun silam, Kaisar Huang di Tiongkok pernah bertanya pada Guang Zhenzhi tentang rahasia panjang umur: Tidak melihat dan tidak mendengar, pertahankan ketenangan jiwa, tubuh akan sehat. bentuk positif diri. Pasti akan tenang dan jernih, tidak perlu susah payah mengolah raga dan jiwa maka akan penjang umurr. “duduk meditasi juga tersebar luas di kalangan pangeran dan bangsawan dalam dinasti dan kaum intelektual, itu menjadi mode.

Duduk dengan hening (disebut juga meditasi), memungkinkan otak masuk ke dalam kondisi hening, hati yang kacau dapat menjadi tenang, suasana hati mencapai tenang dan damai, saluran energi akan ditembus, hingga mencapai mencegah dan menyembuhkan penyakit, meningkatkan kesehatan, itu juga merupakan cara terbaik untuk pelatihan fisik dan mental.

Dalam duduk bermeditasi, tuntutan terhadap kondisi luar sangat sedikit, namun ada keajaiban yang tak terbayangkan. Dalam buku “Duduk Bermeditasi” karangan Gao Panlong pada zaman Dinasti Ming dikatakan “Metode duduk meditasi, tidak perlu pengaturan khusus, hanya biasa-biasa saja, dengan tenang memasuki hening, kata umum ini, tidak dapat dengan mudah dilihat”.

Sepanjang sejarah Tiongkok, metode duduk meditas dalam tiga aliran Konfusianisme, Buddha dan Tao ada sekitar 96 macam. Bentuk yang paling umum adalah duduk dengan sila ganda, secara umum disebut duduk bersila.

meditasi2_serba-serbi

Kriteria duduk meditasi: Duduk dengan posisi kaki sila ganda, punggung lurus, bahu rileks, lidah menyentuh langit-langit, dagu ditekuk ke dalam sedikt, mata sedikit terbuka, seperti tertutup tapi masih terbuka, kedua tangan membentuk posisi bersimpul.

Para pakar meditasi dalam sejarah Tiongkok

Luyou

Penyair patriotik Tiongkok Luyou pada zaman Dinasti Song duduk bermeditasi mengolah tubuh, usia hampir sembilan puluh pikiran masih jernih. Tidak hanya meninggalkan sejumlah besar puisi patriotik, juga menuliskan pengalaman praktek meditasinya sendiri. Dalam puisisnya dia menulis: “Usia sudah sembilan puluh tahun lebih tubuh semakin sehat, membaca ribuan buku mata masih jernih”.

Sushi

Namanya Sushi juga disebut Dongpo, negarawan dan penulis terkenal pada zaman Dinasti Song Utara Tiongkok, seumur hidup dia duduk sebagai pejabat, namun masih bisa mempertahankan sikap positif, optimis dan berwawasan luas, pada usia hampir tujuh puluh tahun. Sushi sangat banyak melakukan penelitian terhadap kesehatan, dalam bukunya dia mencatat, katanya setiap hari saat fajar, dia segera bangun, duduk bersila. Pada bagian lain dalam bukunya dia menulis “Bila tidak ada yang dikerjakan maka dia duduk bermeditasi, selama sehari hingga dua hari”.

Duduk bermeditasi tanpa pengaturan apapun, hanya duduk dengan tenang dan tidak ada gerakan yang rumit, juga tidak perlu niat untuk konsentrasi, oleh karena itu, Sushi secara khusus merekomendasikan duduk bersila meditasi.

Ceng Guofan

Ceng Guofan adalah politikus pada zaman Dinasti Qing, juga adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Tiongkok. duduk bermeditasi mengolah watak adalah salah satu dari “dua belas pelajaran mengolah watak”. Setiap hari, setiap saat, harus mengambil beberapa waktu untuk duduk meditasi mengolah kesehatan, memahami arti kebajikan dan keadilan yang terpendam , duduk merapikan diri bermeditasi, masuk ke dalam keheningan, tenang, mantap dan kokoh seperti tungku berkaki tiga.

Pada awal Ceng Guofan mengolah jiwa, suka bergerak dan tidak bisa tenang, juga nyeri tidak menentu, Zhūxī Céng mengatakan: “Hati tidak tenang maka jiwa pasti gelisah”. Ceng menyadari dari “Jika hati tidak tenang, maka kemampuan sulit terwujud”. Jika ketemu masalah maka harus fokus, pikiran dan masalah menyatu, itu barulah kondisi ideal memperbaiki jiwa.

Meditasi juga menjadi trend masyarakat Barat

Hasil terbaru dari penelitian menunjukkan bahwa jika meditasi selama 80 menit dapat berperan dalam mengurangi rasa sakit. (Epoch Times)
Hasil terbaru dari penelitian menunjukkan bahwa jika meditasi selama 80 menit dapat berperan dalam mengurangi rasa sakit. (Epoch Times)

Duduk meditasi sebagai metode mengola jiwa, metode meningkatkan kebijakan mental, semakin lama semakin diterima oleh Barat. Percobaan ilmiah menunjukkan bahwa meditasi dapat mengurangi depresi, stres, apatis, sakit kepala, insomnia, dan linglung, dan dapat meningkatkan konsentrasi dan memori.

Sekarang, orang-orang di seluruh dunia sedang mencoba untuk belajar meditasi oriental kuno, aktor terkenal Richard Gere, penyanyi Shania Twain, aktor Goldie Hawn, pendiri apple Steve Jobs dll, mereka semua adalah penggemar meditasi.( Epochtimes/Li Xi/Lim/Yant)

Share

Video Popular