Kelembaban di dalam tubuh disebut sebagai sumber dari segala penyakit, untuk menghilangkan kelembaban tubuh, caranya sangat sederhana, hanya perlu dua “obat”. Kedua obat ini dapat diminum sebagai teh, atau sebagai makanan sehari-hari, dan bisa mengatasi masalah besar, yaitu barley dan kacang merah.

Kedua jenis makanan ini tidak perlu diukur takarannya, masing-masing cukup diambil segenggam, cara mengolahnya pun sangat mudah, pertama-tama dicuci dulu, kemudian masukkan ke dalam panci, lalu rebus hingga matang, setelah itu menjadi makanan nikmat penguat limpa dan menghilangkan kelembaban tubuh.

Bubur barley dan kacang merah punya satu kelebihannya, yakni tidak akan lengket dan mengental, di bagian bawahnya adalah kacang merah dan barley yang sudah lembek, sedangkan di bagian atasnya adalah sup atau kuah merah muda, sementara unsur aktif dari kacang merah dan barley ini sebagian besar berada di dalam sup kuahnya. Saat memasak bubur, sebaiknya airnya agak banyakan, agar cukup dikonsumsi sepanjang hari itu, dan bisa dinikmati sebagai minuman yang menyehatkan.

Adapun mengenai khasiatnya memang benar-benar sangat luar biasa. Dalam pengobatan Tiongkok, barley dikenal sebagai coix seed atau Chinese Pearl Barley, dikategorikan sebagai sereal bermutu tinggi dalam The Compendium of Materia Medica (Kitab Herbal Klasik Shen-nong). Dapat menyembuhkan nyeri sendi, melancarkan pencernaan, menghilangkan edema (cairan berlebihan pada jaringan tubuh), menguatkan limpa dan baik untuk kesehatan lambung serta menguatkan energi apabila mengonsumsinya secara rutin.

Dalam pengobatan Tiongkok, kacang merah memiliki khasiat menguatkan limpa dan lambung, menghilangkan edema dan melancarkan urin. Selain itu, kacang merah juga dapat menguatkan jantung. Masyarakat sekarang banyak mengalami tekanan mental, lemah fisik, denyut jantung cepat, sulit bernapas, kurang berolahraga, lemah limpa dan sebagainya. Selain perlu mengatasi kelembaban tubuh, sekaligus juga menguatkan organ vital, dan menguatkan limpa serta lambung, jika mengalami gejala-gejala seperti ini, atasilah dengan barley dan kacang merah.

Dalam sudut pandang kedokteran Tiongkok, tidak peduli apakah gemuk atau edema, ini menandakan adanya kelembaban di dalam tubuh. Cairan air tidak dapat mengalir mengikuti aliran darah, tertinggal di antara sel-sel tubuh, membuat tubuh memuai dengan cepat. Demikian juga dengan edema dan obesitas, hanya saja tingkatannya ada yang dalam dan dangkal. Oleh karena itu, untuk mengatasi edema wajib menggunakan kacang merah, dan hasilnya membuktikan bubur barley kacang merah memiliki khasiat yang ampuh dalam mengurangi berat badan, dan tidak merusak kesehatan tubuh.

Kelembaban merupakan akar pemicu berbagai penyakit bandel dan kronis di era sekarang, sementara sup barley kacang merah adalah obat mujarab terbaik dalam mengatasi kelembaban itu sendiri. Anda bisa coba membuat bubur dari barley dengan campuran kacang merah, dan jadikan sebagai makanan pokok untuk makan malam.

Ada yang membuat bubur barley kacang merah dengan menambahkan segenggam beras, hasilnya bubur yang direbus itu pun lengket dan mengental. Jadi, sebaiknya jangan tambahkan beras saat memasak, karena beras mengandung uap lembab dan akan lengket di dalam air. Sementara barley dan kacang merah tidak akan lengket mengental meski dimasak bagaimanapun, sup atau kuahnya pun tampak bening. Dan justru karena sifatnya yang tidak lengket mengental inilah yang dimanfatkan untuk menghilangkan kelembaban tubuh, apabila ditambahkan beras, maka ini sama saja dengan menambahkan uap lembab ke dalamnya, sehingga bubur barley kacang merah pun lengket mengental. Meski aroma dan rasanya mungkin lebih sedap, namun, khasiatnya menjadi tidak efektif lagi dalam perawatan kesehatan, jadi jangan karena segenggam beras, sehingga yang diolah itu pun hilang khasiatynya gara-gara segenggam beras. (Secretchina/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular