Menstruasi bulanan adalah siklus fisiologis perempuan dewasa. Oleh karena kebugaran fisik dan gaya hidup setiap orang berbeda, kondisi menstruasi setiap wanita juga tidak sama, sebelum menstruasi banyak yang memiliki masalah seperti: suasana hati buruk, sakit kepala, edema (busung), mengantuk, sembelit, masalah kulit dan lainnya yang disebut PMS (Pre Menstruation Syndrom).

Ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat bagi para wanita sebelum periode menstruasi yang memiliki efek penyesuaian dan pengurangan yang sangat baik pada ketidaknyamanan fisiologis tersebut.

1. Untuk mencegah berat badan bertambah: Susu kedelai

Susu kedelai selain dapat mengenyangkan, juga kaya serat dan protein, baik untuk tubuh. Protein susu kedelai mudah mengenyangkan.

Saponin kedelai dapat meningkatkan fungsi usus kecil dan menghambat penyerapan terlalu banyak lemak. Zat Magnesiumnya dapat menyelaraskan sekresi saraf dan hormon serta pencegahan ketidakstabilan emosional. Seminggu sebelum periode menstruasi, dapat dimulai minum susu kedelai, ia dapat mencegah akumulasi bahan limbah, tetapi juga untuk mencapai efek penurunan berat badan setelah masa menstruasi.

2. Pencegahan edema: Alpukat

Banyak kaum perempuan di masa sebelum dan sedang menstruasi, cukup rentan terhadap masalah edema (busung). Zat potasium yang terkandung dalam alpukat lebih tinggi daripada pisang. Ia dapat membantu mengekskresi kelebihan air di dalam tubuh dan mencegah edema (busung). Alpukat juga mengandung banyak nutrisi dan fitonutrien. Dengan memakan setengah buah alpukat setelah hidangan utama, dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan kebiasaan ngemil setelah makan nasi.

3. Mengurangi kecemasan: Pisang

Buah pisang mengandung tryptophan yakni bahan baku “serotonin” dari hormon yang berpengaruh terhadap perasaan gembira, ia dapat membantu mengurangi kecemasan (keresahan), dan mengandung vitamin B6 yang diperlukan ketika membentuk serotonin. Selain itu kandungan potasiumnya dapat memperbaiki penyebab edema (busung) serta zat magnesiumnya dapat meringankan penyebab gejala penyakit dada sesak.

4. Memperbaiki hormone kewanitaan: Ikan tuna

Kelompok wanita yang mempunyai sindrom pramenstruasi sebagian di antaranya berasal dari ketidak seimbangan pada sisi hormonal. Ikan tuna yang rendah lemak dan rendah kalori, tetapi juga mengandung protein yang unggul dan vitamin B6, dapat menyelaraskan hormon kewanitaan dan meringankan gejala sindrom pramenstruasi. Di saat Anda sebelum memasuki masa menjelang menstruasi, makanlah ikan tuna segar atau dari kalengan, hal itu akan dapat dapat membantu menekan nafsu makan yang berlebihan. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular