Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Rabu (3/8/2016) mengatakan, Korea Utara pada sekitar pukul 7:50 pagi ini kembali melesatkan sebuah rudal balistik dari Ullyul, Hwanghae nam-do yang letaknya berada di bagian barat Korut ke perairan sebelah timur Semenanjung Korea.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menambahkan bahwa dalam selang 15 hari sejak peluncuran 2 buah rudal jenis Nodong dan 1 buah Scud pada 19 Juli lalu, Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistik ke perairan Laut Timur.

Militer Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara mungkin melalui peluncuran ini untuk menunjukkan sikap protes terhadap AS yang menempatkan sistem anti rudal THAAD di wilayah Korea Selatan.

Kantor berita Yonhap melaporkan, selama 5 tahun Kim Jong-un berkuasa, Korea Utara sudah meluncurkan sebanyak 32 buah rudal balistik, menghamburkan dana sedikitnya 110 miliar Won.

Menurut pakarnya bahwa jumlah dana sebesar itu cukup untuk membeli persediaan jagung yang dapat digunakan buat makanan rakyatnya selama 1 – 2 bulan. (Central News Agency/sinatra/rmat)

Share

Video Popular