Oleh: Su Fei

Seorang fotografer asal Portugal baru-baru ini melakukan perjalanan jauh ke East African Great Rift Valley (Lembah Celah Besar) di Afrika Timur. Ia menelusuri kedalaman lembah yang penuh dengan mara bahaya, mengambil/ memotret pemandangan danau lava Erta Ale yang disebut-sebut sebagai “Gerbang Neraka.”

Menurut laporan media Inggris, Joel Santos, seorang fotografer yang berusia 38 tahun ini tanpa rasa takut dengan suhu setinggi 1,100 derajat Celcius, tampak berdiri di atas batu yang jaraknya hanya 1 meter dari danau lava sambil mengendalikan pesawat tanpa awaknya mengambil pemandangan di area yang dijuluki sebagai “Gerbang neraka.” itu.

Pemandangan gunung berapi Erta Ale yang dijuluki sebagai “Gerbang Neraka.”  (Internet)
Pemandangan gunung berapi Erta Ale yang dijuluki sebagai “Gerbang Neraka.” (Internet)

Erta Ale adalah sebuah perisai basaltic gunung berapi aktif di Utara Danakil Depression/Gurun Danakil dan Afar Depresion, Timur Afrika, merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Ethiopia. Aliran lavanya telah berlangsung lebih dari seratus tahun, suhu magma-nya lebih dari 1.100 derajat Celcius. Dalam bahasa setempat Afar, gunung berapi Erta Ale berarti “gunung berasap” merujuk pada tingkat aktivitas gunung yang tidak pernah reda dan lubang di selatan dikenal sebagai “pintu gerbang ke neraka” oleh masyarakat setempat.

Pelukis Polandia menggambarkan wujud “Neraka”

Wujud neraka yang terinspirasi dari otaknya. (Internet)
Wujud neraka yang terinspirasi dari otaknya. (Internet)

Zdzisław Beksiński, seorang pelukis kelahiran Polandia mengkreasikan lukisan beraliran surrealisme-nya, menggambar wujud neraka yang terinspirasi dari otaknya. Menurut kabar yang beredar, seniman/ pelukis ini mengalami kecelakaan lalu lintas yang menyebabkannya terbaring koma selama satu bulan, namun, setelah sadar kembali, ia mulai membuat lukisan-lukisan yang menyeramkan ini.

“Bagaimanakah wujud dari “neraka itu?” Ada yang telah menyaksikannya dan melukis pemandangannya. (Internet)
“Bagaimanakah wujud dari “neraka itu?” Ada yang telah menyaksikannya dan melukis pemandangannya. (Internet)

Ia lahir pada 1929, tidak pernah mengecap pendidikan seni secara formal. Ia menolak memberi nama pada semua lukisannya. Lukisan-lukisan ini terinspirasi dari mimpinya, ia hanya secara nyata menyajikan sesuatu seperti yang tampak dalam mimpinya. Bahkan ia pernah menyelesaikan seluruh rangkaian lukisan, tapi menolak memamerkannya ke publik, justru semua lukisannya itu ia bakar di halaman belakang rumahnya.

Selain lukisannya, ia juga memiliki sisi yang gelap dan tragis dalam sepanjang hidupnya. Tak lama setelah istrinya meninggal, ia menemukan jasad anaknya yang bunuh diri di dalam rumahnya. Beberapa tahun kemudian, ketika seorang teman anaknya yang berkunjung ke rumahnya dengan maksud untuk meminjam uang, ditolaknya. Setelah itu teman anaknya itu mengambil sebilah pisau dan menusuknya 17 kali secara beruntun, sehingga sang pelukis legendaris itu pun tewas mengenaskan. Dan dalam lukisannya sekarang, apakah memang benar-benar menggambarkan suasana neraka, hal ini mungkin akan menjadi misteri abadi yang tak akan pernah terpecahkan.

Dalam kepercayaan Tiongkok Kuno, neraka dikenal juga dengan nama “Di Yu” dalam bahasa Mandarin. Berisikan beberapa tingkatan yang berbeda-beda, dimulai dari 4 hingga 18. Setiap tingkatannya memiliki hakim tersendiri yang bertugas menghukum para pendosa seperti contohnya Yama Loki. Dalam kepercayaan mereka, sebelum dapat bereinkarnasi, para roh harus melewati semua tingkatan tersebut.

Walaupun mereka digambarkan dalam cara yang berbeda-beda namun umumnya mereka memiliki siksaan robek lidah, pemotongan, dipanggang, dibekukan, ditusuk, diceburkan ke minyak mendidih, ditimpa, dibakar, dan banyak lainnya. Namun di antara itu semua ada satu tingkatan terburuk yaitu Avici, di sini para roh tidak akan dapat bereinkarnasi melainkan harus ada di sana selamanya dan mengalami siksaaan abadi.

Jadi, sering-seringlah melakukan hal-hal yang baik selama hidup di dunia, niscaya akan lolos dari siksaan dan penderitaan, orang-orang yang baik tidak ditakdirkan bertemu dengan neraka. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular