Erabaru.net. Menurunkan berat badan adalah topik yang populer dan sudah menjadi industri, karena jarang orang benar-benar suka dengan berat badannya. Kebanyakan orang mencoba untuk menurunkan beberapa kilogram saja, atau menurunkan berat badan secara ekstrim, atau berusaha keras untuk mempertahankan berat badannya saat ini.

Mengapa begitu banyak orang berjuang karena angka-angka yang tertera pada skala timbangan di kamar mandi? Ada begitu banyak jawaban -karena kita hidup di tanah yang subur, kita makan makanan yang salah, kita makan terlalu banyak makanan, kita terlalu sedikit melakukan latihan fisik, dan cara bagaimana makanan kita diproduksi adalah menakutkan.

Berhasilkah Anda membuang kelebihan berat badan dan kemudian mempertahankannya? Banyak ahli kesehatan menyarankan Anda untuk makan lebih sedikit dan lebih sering berolahraga. Namun, untuk menurunkan berat badan tidaklah sesederhana itu. Apa yang Anda makan dan bagaimana Anda makan adalah kombinasi dari masalah fisik, emosional, dan spiritual, dan setiap orang adalah unik untuk hal ini karena memiliki perbedaan pada faktor apa saja yang merangsang seseorang untuk makan.

Berikut ini adalah hal-hal yang membantu menurunkan berat badan yang sukses menjadi kenyataan:

1. Menurunkan berat badan membutuhkan komitmen. Ini adalah langkah awal. Meskipun Anda menginginkan sembilan kilogram lebih ringan pada hari ini, itu tidak akan terjadi… pada hari ini. Tetapi hal ini dapat terjadi setelah beberapa bulan kemudian. Menurunkan berat badan berarti untuk jangka waktu yang lama akan tetap menepati apa yang dimakan dalam setiap kali makan termasuk camilan dalam satu hari.

2. Menurunkan berat badan membutuhkan perencanaan. Anda tahu bahwa Anda perlu untuk makan siang setiap hari. Anda mempunyai pilihan—apakah Anda makan burger dengan rekan kerja atau menyiapkan makan siang yang sehat untuk diri sendiri. Anda tahu bahwa Anda akan kelelahan saat tiba di rumah setelah bekerja seharian sehingga tidak berniat masak. Apakah Anda akan memesan pizza, atau menghangatkan hidangan yang telah Anda siapkan sebelumnya dari lemari es? Anda mendapat gambaran —Anda tahu bahwa Anda harus makan dan Anda harus tahu diri; maka rencanakan menu untuk esok.

3. Kendalikan diri bahwa apa yang Anda makan adalah sangat penting. Ketika Anda tidak makan di rumah, maka Anda tidak dapat mengendalikan berapa banyak mentega atau minyak dalam hidangan pasta yang Anda pesan. Salad dressing yang berlimpah tidak cocok untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan. Lemak memang rasanya benar-benar lezat. Pihak restoran tidak akan memberitahu Anda berapa banyaknya lemak yang disajikan untuk Anda.

4. Latihan fisik secara rutin akan membantu Anda. Dalam pengobatan Tiongkok, latihan fisik disebut gerakan. Semua yang kelebihan berat badan dianggap sebagai penumpukan jaringan lembab. Gerakan adalah penting untuk menghancurkan penumpukan tersebut, serta mempercepat metabolisme dan meningkatkan kerja pencernaan Anda. Anda tidak harus melakukan olahraga seperti mempersiapkan diri untuk memenangkan pertandingan Olimpiade. Anda cukup berjalan, naik sepeda, atau bermain di luar.

5. Orang-orang di sekitar Anda dapat membulatkan atau menghancurkan tekad Anda. Jika Anda berencana menurunkan berat badan, maka Anda harus dikelilingi oleh orang-orang yang mendukung usaha Anda, bukannya seseorang yang menggoda Anda dengan cokelat dan kue keju. Jika keluarga Anda tidak satu selera dengan makanan anda, maka carilah teman atau rekan kerja yang bertindak sebagai tim pendukung Anda.

6. Anda memerlukan perencanaan. Saya melihat pasien saya menurunkan berat badan dan mempertahankannya menggunakan segala macam metode. Mereka memiliki kesamaan yaitu mereka memiliki perencanaan.

7. Anda tetap makan makanan yang Anda sukai dan tetap menurunkan berat badan. Anda hanya perlu makan lebih sedikit dan jarang. Anda tidak akan dapat menurunkan berat badan jika makan semua kue sepanjang waktu—tetapi Anda boleh makan kue sesekali supaya Anda tidak merasa sengsara dalam menurunkan berat badan.

8. Pencernaan Anda adalah pemain utama dalam memenangkan pertandingan menurunkan berat badan. Dalam pengobatan Tiongkok, jika pencernaan Anda buruk, Anda cenderung mengubah makanan Anda ke dalam jaringan lembab yang menumpuk di perut dan paha. Bagaimana Anda tahu jika pencernaan Anda berfungsi dengan baik? Mulas, sakit perut, kembung, merasa lelah setelah makan, mengidam makanan, mencret atau sembelit, mual dan tidak nafsu makan adalah tanda bahwa pencernaan Anda kurang berfungsi dengan baik sehingga membutuhkan akupunktur, terapi makanan Ttionkok, dan formula herbal.

9. Kenalilah bahwa beberapa makanan mengandung kelebihan gizi. Makanan yang sangat kaya atau sangat pekat kandungan zat gizi maka akan sulit dicerna, misalnya makanan kaleng, jus yang pekat, dan makanan yang banyak mengandung daging dan saus.

10. Diet yang ekstrim tidak bermanfaat. Karena jika Anda hanya makan kubis, Anda akan kehilangan banyak berat badan selama dua minggu misalnya. Wow bagus sekali! Tetapi apa yang terjadi jika Anda tidak mengurangi makanan Anda? Anda akan segera kembali ke kebiasaan lama makan Anda, namun sekarang metabolisme Anda menjadi sedikit lebih lambat, karena Anda hanya makan kubis. Jadi jika sekarang Anda makan dengan kebiasaan sebelum melakukan diet maka berat badan anda akan bertambah.

11. Jatuh bangun dalam menurunkan berat badan adalah hal yang biasa. Ada yang menyerah pada kegagalan untuk menurunkan berat badan. Ada yang gagal pada awalnya tetapi kemudian bangkit kembali dan berjuang, sampai akhirnya berhasil menurunkan berat badan.

12. Anda perlu makan makanan yang baik. Ini berarti Anda harus banyak makan sayuran dan biji-bijian disertai sedikit protein setiap kali makan. Lupakan tentang makanan olahan yang sarat zat kimia, rekayasa genetika, kadar gula yang tinggi, hormon yang dijual di toko kelontong pada umumnya. Carilah makanan atau daging yang tidak mengandung pestisida, zat kimia, antibiotik, hormon, dan segala macam yang tertera pada label makanan.

13. Perubahan jangka panjang adalah kunci keberhasilan. Menurunkan berat badan dan menjaganya bukanlah proyek sesaat yang dilakukan karena Anda ingin memakai baju renang atau akan menghadiri acara reuni, tetapi merupakan cara makan Anda dan cara Anda menggerakkan tubuh untuk mendapatkan kesehatan sampai akhir hayat.(Epochtimes/Lynn Jaffee/Vivi)

Lynn Jaffee adalah ahli akupunktur dan penulis.

Share

Video Popular