Oleh Zhang Dun

Pertemuan Beidaihe diperkirakan membahas isu-isu terkait pembasmian korupsi dan penangkapan ‘harimau.’ Meskipun pertemuan baru berjalan 4 hari, sedikitnya 9 orang pejabat sudah menjalani pemeriksaan oleh pihak yang berwenang, termasuk 2 orang antek Jiang Zemin dan Zhou Yongkang bernama Yang Weize.

Menurut beberapa sumber bahwa pertemuan Beidaihe sudah diadakan pada 31 Juli 2016 lalu dan mungkin akan berlangsung selama 2 pekan. Majalah Hongkong ‘Zhengming’ edisi Agustus mengungkapkan, 6 isu menjadi pokok pembahasan dalam rapat itu. Di antaranya isu kelima menyangkut laporan tentang perkembangan upaya anti korupsi selama 1 tahun terakhir.

Sejak 31 Juli hingga 3 Agustus, sedikitnya 9 orang pejabat sudah menjalani pemeriksaaan oleh pihak yang berwenang.

Pengadilan Menengah Ningbo pada 3 Agustus 2016 telah memberikan vonis hukuman kepada Yang Weize yang terbukti telah menerima penyuapan dana lebih dari RMB. 16.430.000,- di depan hakim ia mengaku bersalah dan bertobat.

Mantan wakil sekretaris pemerintahan propinsi Henan Jing Zhaohui divonis bersalah pengadilan pada 2 Agustus karena menerima uang suap sebesar hampir RMB 20 juta.

Mantan Wakil Sekretaris Komite Tetap Kongres Rakyat Kota Chengdu, Sichuan Li Kunxie ditangkap pihak berwenang pada 3 Agustus karena dugaan penyuapan.

Sekretaris Partai Biro Peninggalan Budaya Propinsi Shandong merangkap Kepala Biro, Vie Zhixiu diinterogasi akibat Melanggar tata tertib Partai Komunis Tiongkok/ PKT.

Anggota Komite Tetap Kongres Rakyat Kota Yilin, Guangxi, ketua Departemen Pekerjaan Front Persatuan PKT Mai Chengbiao diperiksa pada 3 Agustus.

Wakil Walikota Shangqiu, Henan, Ketua Kantor Keamanan dan Ketertiban Publik Xu Dagang  serta Wakil Ketua Politbiro Kota Ping Ding Shan, Henan diperiksa pada 2 Agustus.

Anggota PKT Komisi Keluarga Berencana dari Departemen Kesehatan Daerah Otonomi Ningxia, Wang Wei serta Wakil Ketua Politbiro Kota Zibo, Shandong Wang Xiude diperiksa pada 1 Agustus.

Di antara itu, Yang Weize adalah orang kepercayaan Zhou Yongkang, ketika ia berkuasa di Wuxi kota asal Zhou Yongkang, ia mensponsori pembangunan ‘Jalan Raya Yongkang’ dan ‘Rumah Kediaman Keluarga Zhou. Dikabarkan bahwa total proyek pembangunan selama ia berkuasa di kota Wuxi yang ia berikan kepada Zhou Bin (putra Zhou Yongkang) bernilai tidak kurang dari RMB 500 juta. Belum lagi termasuk wanita-wanita cantik yang dikirim untuk menghibur Zhou Yongkang. Yang Weize sendiri juga memiliki sejumlah perusahaan publik yang beraset mencapai lebih dari RMB. 2 miliar.

Li Kunxie yang pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Komite Tetap Kongres Rakyat Kota Chengdu, Sichuan, Kepala Kantor Keamanan dan ketertiban Publik Chengdu, saat mendampingi Zhou Yongkang meninjau kota Chengdu pada Oktober 2012 lalu. Ia tidak segan-segan untuk  menyanjung kepemimpinan Zhou Yongkang dan berterima kasih atas bimbingannya di depan banyak orang.

Li Kunxie juga sangat akrab dengan orang kepercayaan Zhou Yongkang bernama Li Chuncheng yang mantan Sekretaris Komite Tetap Kongres Rakyat Kota Chengdu. Mereka yang dinilai memegang kekuasaan strategis itu  sangat membantu Zhou Yongkang dan Jiang Zemin dalam menindas Falun Gong.

3 di antara 9 orang yang diperiksa secara intensif itu adalah pejabat di propinsi Henan. Henan pernah lama menjadi tempat tugas pejabat dekat Jiang Zemin yang bernama Li Zhangchun, juga merupakan   tempat asal Jia Yan’an, seorang sekretaris utama yang dipercaya oleh Jiang Zemin. Kabarnya, Jia Yan’an adalah ‘orang kuat Henan’, ia dijuluki ‘Bos Gang Henan’. Li Zhangchun bisa ‘kenal’ Jiang Zemin katanyajuga melalui jalaur Jia.

Beberapa media asing dilaporkan juga banyak memberitakan tentang Jia Yan’an sedang menjalani pemeriksaan intensif dari petugas otoritas Xi Jinping. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular