Erabaru.net. Pengobatan Tiongkok memandang penyakit baik secara internal maupun eksternal. Penyebab internal adalah yang terkait dengan kondisi mental dan diklasifikasikan dalam “Tujuh Emosi”, yakni berupa sukacita, kemarahan, kecemas-an, kemurungan, kesedihan, kekhawatiran, dan ketakutan.

Penyebab eksternal penyakit berhubungan dengan lingkungan sekitar, yang disebut “Enam Kelebihan” atau “Enam Kemalangan”, yaitu angin, dingin, panas, kering, lembab, dan serangan hawa panas. Dalam artikel ini, saya akan membabarkan tentang “Enam Kemalangan” atau kelebihan. Tentu saja, ada faktor lain yang berkontribusi terhadap penyakit, seperti pola makan, kecelakaan, dan gaya hidup.

Sebagai seorang praktisi pengobatan Tiongkok, ketika pasien datang ke klinik, saya menggunakan pola-pola ini untuk membantu mencari tahu apa yang menyebabkan gejala mereka. Saya akan membahasnya secara singkat tentang “Enam Kemalangan”.

Sebutan “Enam Kemalangan” (angin, dingin, panas, kering, lembab, serangan hawa panas) berasal dari ribuan tahun yang lalu dan mungkin agak terdengar primitif, akan tetapi mereka secara akurat dapat menjelaskan banyak penyakit dan bagaimana gangguan perilakunya dalam tubuh. Misalnya, di alam, angin memiliki sifat berputar-putar dengan cepat, datang dan pergi berkali-kali tanpa peringatan.

Demikian pula dengan gejala angin di dalam tubuh sering kali ditandai datang dan pergi, terkadang datang tiba-tiba. Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala yang mendadak hilang secara misterius seperti kedatangannya? Itulah serangan angin.

Dan, jika Anda mengalami sakit kepala yang sama dan ditambah wajah yang memerah serta berkeringat, maka kemalangan atau kelebihan “panas” yang bisa menjelaskan gejala-gejala ini sehingga kita akan tahu bahwa kondisi yang Anda alami adalah salah satu dari angin-panas. Masuk akal bukan?

Mari kita membahas lebih lanjut beberapa gejala umum dari masing-masing “kelebihan” tersebut:

Angin. Salah satu kasus invasi angin yakni termasuk gejala seperti bersin-bersin, sakit kepala, dan penyumbatan. Angin juga dapat mempermudah faktor patogen (penyakit) lainnya untuk menyerang tubuh karena jika Anda sudah merasa sedikit sakit dan sistem kekebalan tubuh rendah, maka akan lebih rentan terhadap masalah lainnya.

Dingin. Kelebihan dingin dapat membuat stagnan, lambat dan mengerutkan baik Qi maupun darah. Pikirkan tentang betapa cepatnya Anda menggigil dan berselimut ketika Anda merasa dingin. Kelebihan dingin termanifestasi dalam gejala seperti kedinginan, menggigil, badan terasa dingin, pucat, nyeri kram atau kejang.

Panas. Panas adalah ‘kemalangan’ yang melukai cairan tubuh Anda, mengganggu pikiran dan dapat merusak Yin (energi negatif). Gejala panas yang umum adalah wajah atau mata merah, haus, demam, pembuangan tubuh yang berwarna lebih kuning atau gelap (seperti dahak kuning atau urin berwarna gelap), iritabilitas, berkeringat dan gatal-gatal. Mungkinkah istilah “kepala-panas” berasal dari gejala ini?

Kering. Masalah kering memiliki banyak kesamaan dengan panas; keduanya merupakan satu rangkaian. Kekeringan berfokus pada konsumsi cairan terutama yang berkaitan dengan paru-paru. Itulah sebabnya sebagian gejala melibatkan organ atau gejala menjadi kering. Misalnya batuk kering, kulit kering, lidah kering, bibir pecah-pecah dan sembelit.

Lembab. Kelebihan kelembaban sering kali disebabkan oleh menetap atau bekerja di lingkungan yang lembab. Cara lain untuk melihat kelembaban adalah sebagai stagnasi atau gangguan cairan dalam tubuh. Gejalanya termasuk perasaan berat, edema, kelesuan, dahak lengket, dan urin keruh.

Serangan panas. Apakah suatu patogen eksternal semata yang hanya terjadi ketika Anda terkena panas ekstrim dan atau panas yang berkepanjangan. Gejala-gejalanya seperti yang mungkin telah Anda duga, yakni keringat berlebihan, sesak napas, pusing dan mual. Seperti terkena sengatan Matahari.

Melalui ribuan tahun pengamatan dan studi, praktisi pengobatan Tiongkok telah mengembangkan enam faktor ini yang masih sangat berlaku. Gejala yang Anda alami akan menentukan herbal dan titik-titik akupunktur yang akan dipilih oleh praktisi Pengobatan Tiongkok.

Misalnya, jika Anda mengalami kelebihan panas, herbal pendingin akan sesuai dengan kondisi Anda, jika lembab, maka herbal yang bersifat mengeringkan di alam akan diresepkan.

Ide yang sama juga berlaku bagi teknik penyembuhan akupunktur. Jika Anda mengalami kram yang menyakitkan akibat stagnasi dingin, saya mungkin akan mengalirkan panas ke daerah tersebut dengan memilih titik-titik akupunktur yang dapat membantu meningkatkan aliran Qi dan darah sehingga akan mengurangi rasa nyeri. Pastikan untuk memberitahu dokter akupunktur Anda tentang “kemalangan” yang menyerang Anda. (Epochtimes/Jennifer Dubowsky/Ajg/Yant)

Share

Video Popular