Erabaru.net. Kurangnya kualitas tidur yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke. Ketika tidak mendapatkan istirahat yang cukup, hal ini akan berdampak pada kinerja Anda di siang hari, yang dapat mengakibatkan reaksi lebih lambat dan memerlukan tidur siang.

Kualitas tidur yang optimal dan nyaman meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu memperbaiki jantung dan pembuluh darah.

Jika Anda tidak mudah tertidur atau sulit tidur, The Better Sleep Council dan National Sleep Foundation menawarkan beberapa tips untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik:

Membeli kasur baru

Jika Anda melalui malam atau bangun dengan perasaan kaku dan sakit, Anda mungkin perlu kasur baru. The Better Sleep Council mengatakan tubuh Anda akan ‘menyukai’ kasur yang nyaman dan mendukung tubuh.

“Penelitian menunjukkan ketika tidur di kasur yang baru, orang akan memiliki kualitas tidur lebih baik, risiko nyeri punggung berkurang dan menurunnya gejala stres,” seperti tertulis dalam situs.

Kasur terbuat dari berbagai bahan dan teknologi dan tidak ada satu kasur yang tepat untuk semua orang. Jenis umum yang bisa dipertimbangkan selain spring bed adalah kasur busa atau gel, kasur air, atau kasur dengan alas adjustable yang memungkinkan pengguna berada dalam kondisi tidur yang berbeda.

Jenis lain yang kurang umum adalah kasur organik atau serat kasur udara airweave yang digunakan oleh beberapa atlet Olimpiade. Kasur ini akan langsung menyesuaikan dengan gerakan alami tubuh Anda saat tidur.

Jam tidur yang sama setiap malam

Apakah Anda tidur pada waktu yang berbeda dalam seminggu dan tidur dengan durasi yang berbeda setiap malamnya? Pola tidur yang tidak teratur ini dapat menyebabkan Anda merasa lebih lelah, yang mungkin menyebabkan Anda harus tidur di akhir pekan hanya untuk menutupi kekurangannya.

Cobalah tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari bahkan saat di akhir pekan. Anda tidak hanya dapat mengatur jam biologis, tetapi juga bisa tertidur dan tetap tidur sepanjang malam.

Ritual sebelum tidur

Salah satu cara untuk menyinkronkan tubuh Anda adalah melakukan hal yang sama setiap malam sebelum tidur. Biasakan melakukan rutinitas yang santai, seperti meditasi atau membaca buku, sebelum tidur.

Atur lingkungan tidur yang nyaman

Cukup sulit untuk tertidur di kasur yang tidak nyaman, tapi setelah Anda memiliki kasur baru yang bagus, Anda akan tetap merasa kesulitan tidur jika lingkungan tidur Anda tidak terjaga.

Pastikan suhu ruangan cocok dengan kebutuhan tidur Anda. Matikan TV dan lampu.

Ruangan yang gelap umumnya menandakan waktu untuk tidur. Kurangi suara atau gangguan yang bisa mengganggu dan membuat Anda lebih sulit tertidur.

Coba gunakan tirai nuansa gelap, masker mata, atau penutup telinga untuk menjaga kamar dalam kondisi gelap atau memblokir suara-suara yang mengganggu.

Hindari tidur siang

Jika Anda berpikir tidur siang dapat membantu Anda menutupi kekurangan tidur malam, maka pikirkan lagi. Tidur siang dapat menjadi kontraproduktif. Meskipun Anda mungkin merasa segar di sore hari, Anda mungkin akan menyesal pada malam hari ketika Anda sulit tidur.

Jika Anda mendapatkan diri Anda mencoba untuk tidur siang dalam sehari-hari, Anda mungkin tidak akan mengalami tidur nyenyak seperti yang Anda butuhkan-bahkan jika Anda berangkat tidur saat yang sama setiap malam. (Epochtimes/Feb)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular