Erabaru.net. Berbicara mengenai tidur, semua orang ingin dapat tidur dengan nyenyak. Jika kualitas tidur diutamakan, selain tidur dengan tepat waktu, waktu tidur yang cukup dengan suasana kamar yang nyaman, posisi tidur juga sangat penting. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa posisi tidur miring ke kiri dapat membuat kualitas tidur lebih sehat dan nyaman.

Menurut laporan situs gaya hidup Amerika Serikat Lifehack, teori posisi tidur ke arah kiri berasal dari ilmu pengobatan tradisional India kuno Ayurveda. karena berdasarkan posisi organ di dalam tubuh manusia, tidur dengan posisi miring kiri bermanfaat untuk sistem pencernaan, sistem sirkulasi, bagian punggung dan jantung seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Meningkatkan sirkulasi getah bening

Menurut teori ilmu pengobatan Ayurveda, karena sistem limpa yang sangat penting bagi tubuh, terletak di paruh kiri dari tubuh, itu sebabnya tidur dengan posisi miring ke kiri dapat meningkatkan cairan limpa dan materi limbah dari penyaringan kelenjar getah bening; sedangkan tidur dengan posisi miring ke kanan berefek memperlemah fungsi sistem limfatik. Ada penelitian Barat yang juga telah menemukan bahwa posisi tidur kiri membantu tubuh menangani materi limbah dari otak besar.

Memperbaiki pencernaan

Bagi sistem pencernaan, lantaran pengaruh gravitasi Bumi, posisi tidur kiri lebih bagus daripada poisisi kanan. Secara mendasar dikatakan, posisi tidur kiri lebih mudah untuk melancarkan penyaluran sisa makanan dari usus besar masuk ke dalam usus bawah, bermanfaat untuk dapat langsung buang air besar setelah bangun tidur. Posisi tidur kiri juga membuat lambung dan pankreas terkulai secara alami (posisi lambung di bagian kiri tubuh), sehingga memungkinkan tripsin dan proses pencernaan lainnya mempertahankan kelancaran operasional pencernaan.

Bermanfaat untuk jantung

Dokter selalu menyarankan wanita hamil tidur dengan posisi miring ke kiri, hal itu untuk meningkatkan sirkulasi darah ke jantung. Meskipun laki-laki atau perempuan yang tidak hamil, posisi tidur kiri juga membantu mengurangi tekanan pada jantung, karena gravitasi dapat meningkatkan aliran getah bening mengalir ke jantung, bersamaan itu mendorong darah aorta lebih lancar keluar dari jantung.

Sangat dianjurkan bagi wanita hamil

Posisi tidur miring kiri tidak hanya akan meningkatkan sirkulasi darah ibu hamil, tetapi juga membantu meringankan tekanan pada bagian punggung dan mencegah rahim mendesak liver, serta meningkatkan aliran darah masuk ke dalam rahim, ginjal, dan janin. Oleh karena itu, dokter sering merekomendasikan wanita hamil sebisa mungkin memilih posisi tersebut dan semakin lama efeknya semakin baik.

Untuk mengurangi GERD (Gastroesophageal Reflux Disease, penyakit yang timbul akibat ada reflux /aliran membalik, isi lambung ke esofagus (pipa saluran pencernaan)

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa dengan posisi tidur miring ke kiri dapat membantu meringankan gejala refluks asam lambung (alasannya adalah karena lambung berada di sisi kiri tubuh); sebaliknya, tidur dengan posisi miring ke kanan akan meningkatkan gejala penyakit tersebut (GERD). Reaksi semacam itu cukup langsung, jika Anda ada masalah setelah makan, lambung terasa seperti terbakar, maka cobalah berbaring miring ke kiri selama 10 menit.

Meredakan sakit punggung

Orang yang menderita nyeri punggung kronis, dengan posisi tidur miring ke kiri dapat meningkatkan perubahan, karena dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang, tubuh akan merasa lebih nyaman; sedangkan tidur terlentang atau tengkurap akan membuat beban yang lebih besar pada tulang belakang. Ketika tidur terlentang, tekanan pada bagian pantat dan punggung atas lebih besar, punggung bawah akan koson atau menggantung. Tidur tengkurap membuat tulang tengkuk dan bagian punggung bawah dalam keadaan meregang.

Pengecualian

Meskipun banyak manfaat untuk posisi tidur miring kiri, tetapi ada juga orang yang tidak cocok bahkan tidak baik tidur dengan posisi miring ke kiri, misalnya bagi orang yang berpenyakit jantung, sleep apnea (penyakit pernapasan terasa berhenti sewaktu tidur), glaukoma dan carpal tunnel syndrome (Sindrom lorong karpal adalah penyakit di pergelangan tangan karena saraf yang tertekan dan menimbulkan gejala nyeri, mati rasa, dan kesemutan atau seperti terbakar). Jika Anda tidak yakin posisi tidur mana yang lebih baik untuk Anda, maka berkonsultasilah dengan ahli medis.

Bagaimana mengubah posisi tidur?

Kebiasaan baru dengan posisi tidur miring ke kiri memerlukan sedikit waktu penyesuaian, ada cara sederhana yang dapat Anda coba: Letakkan guling untuk wanita hamil di punggung untuk mengganjal tubuh, untuk mencegah ketika membalikkan badan meninggalkan posisi miring ke kiri ketika tidur. Selain itu, pilih kasur yang tepat untuk posisi tidur miring juga sangat penting, karena bagian pinggul dan bahu pada posisi tidur miring dapat menimbulkan tekanan, sehingga membutuhkan kasur yang agak lembut untuk meredam tekanan lokal tersebut. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular