Oleh CNA

Mantan Presiden Filipina Fidel Ramos selaku utusan khusus Filipina akan berangkat menuju Beijing untuk memulai dialog bilateral yang menyangkut arbitrase Laut Tiongkok Selatan.

Situs chinanews.com mengutip kantor berita Filipina melaporkan bahwa Fidel Ramos yang kini berusia 88 tahun adalah utusan khusus yang ditunjuk oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk bernegosiasi dengan Beijing soal putusan arbitrase. Berita tersebut sudah mendapatkan konfirmasi dari kantor Ramos.

Laporan menyebutkan, rombongan yang menyertai Ramos dalam perjalanan ke Beijing kali ini termasuk mantan Menteri Dalam Negeri Filipina Rafael Alunan dan Sam Jones yang fasih berbahasa Mandarin.

Dilaporkan juga bahwa mencari solusi untuk menyelesaikan masalah sengketa wilayah antar kedua negara menjadi prioritas dalam kunjungan negosiasi Ramos kali ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lu Kang pada 15 Juli 2016 lalu telah menyampaikan sikap menyambut baik keputusan Presiden Duterte untuk menyelesaikan sengketa secara damai melalui dialog.

Ia mengatakan pada saat itu bahwa Presiden Filipina Duterte telah berulang kali menegaskan rencananya untuk menyelesaikan masalah sengketa wilayah melalui dialog bilateral.

“Pihak kami pun tidak pernah menutup pintu dialog dengan Filipina,” kata Lu Kang. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular