Pola makan minum, lingkungan, alergen, merupakan penyebab umum dari alergi masyarakat. Penyakit alergi yang parah secara serius mengganggu kehidupan orang-orang, apabila ingin melawan alergi, daun shiso jenis tumbuhan termasuk keluarga mint, mungkin dapat digunakan sebagai salah satu terapi alami.

Melawan radang dan alergi

Menurut kedokteran tradisional Tiongkok, daun shiso dapat mengatasi racun ikan, karena itu, orang-orang Jepang kerap memadukan makanan lautnya dengan daun shiso, untuk mengurangi alergi yang dipicu oleh makanan laut seperti kepiting atau makanan laut lainnya.

Menurut penelitian, dengan mengonsumsi daun shiso minimal 3 minggu, dapat menguranghi gejala alergi. Cukup hanya dengan mengonsumsi sekitar 6 lembar daun shiso sehari, efeknya akan langsung terasa. Selain itu, daun shiso juga berkhasiat sebagai antidepresan, menghambat proliferasi sel kanker lidah, dan mereka yang rawan dengan bibir atau mulut pecah-pecah, cobalah konsumsi daun shiso ini dapat mengurangi kemungkinan kambuhnya tukak atau ulsus pada rongga mulut.

Daun shiso mengandung beragam unsur flavonoid, asam rosmarinic, vitamin K, β-karoten, perilla aldehida dan zat-zat lainnya, dapat mengembalikan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, sangat berkhasiat terhadap saluran pernapasan, sehingga sangat penting dalam meredakan atau menghilangkan gejala alergi.

Daun shiso (Epochtimes)
Daun shiso (Epochtimes)

Reaksi alergi pada sistem imun

Sistem kekebalan tubuh manusia akan memproduksi antibody dan mengirimkan sel-sel darah putih untuk melawan materi asing ketika diserang oleh zat atau bakteri eksternal dan mencegah infeksi. Gejala alergi merupakan reaksi sensitif berlebihan dari sistem kekebalan tubuh, hal ini disebabkan oleh pelepasan histamine dan pemicu lainnya dari sistem imun itu untuk melindungi tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh ketika ia tidak bisa mengidentifikasi terhadap serbuk sari tidak berbahaya atau benda-benda asing lainnya.

Histamin dapat menyebabkan ruam, kesulitan bernapas dan gejala alergi lainnya. Ketika terjadi alergi, dokter biasanya menggunakan steroid, atau antihistamin untuk mengobatinya, imbasnya racun tidak bisa secara lancar dikeluarkan, sehingga menciptakan lingkaran setan.

Untuk menghindari timbulnya alergi, sebaiknya perhatikan dari sisi makanan, hindari oksidasi minyak, racun, alergen, tidak menggunakan produk pelarut kimia, perbanyak penuhi dengan makanan antioksidan. Bagi Penderita penyakit alergi, Anda bisa mengonsumsi daun shiso, bisa dimakan mentah atau diolah menjadi jus atau bisa juga diseduh layaknya minuman teh, dan khasiatnya tetap akan memberi efek yang sama.

Anda bisa coba salah satu terapi alami untuk mengatasi alergi seperti berikut ini :

Teh dari daun muda shiso campur jahe

Bahan : Daun muda shiso, jahe, dark brown sugar (gula cokelat) masing-masing secukupnya.

Cara:

1. Pertama-tama siapkan jahe, cuci bersih, kemudian lumatkan, lalu seduh dengan air panas, tambahkan gula cokelat.

2. Daun muda shiso diiris, tambahkan ke dalam teh jahe panas yang telah disiapkan sebelumnya (no. 1). Anda bisa juga tambahkan dengan dua tetes cuka, supaya warna teh tampak lebih menarik. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular