Tahun lalu, Curiosity Rover menemukan keanehan, “urat” berwarna-warni di Mars yang bisa memberikan astronom wawasan baru ke masa dimana planet mars masih berair di masa lalu. Dan sekarang para ilmuwan telah menemukan “urat” (lapisan) mineral yang ditemukan ini kemungkinan besar terbentuk oleh penguapan danau Mars kuno.

Para ilmuwan di Universitas Terbuka dan Universitas Leicester menggunakan Curiosity Rover untuk mengeksplorasi Yellowknife Bay di kawah Gale. Mereka mengatakan lapisan mineral ini penuh dengan sulfur dan bahkan mungkin telah mendukung kehidupan asing di masa masih ada air di planet merah ini.

Kawah Gale mencapai 154 km diameternya dan memiliki sebuah gunung yang muncul dari lantai kawah. Para peneliti mempelajari mineralogi dari urat-urat tersebut yang merupakan jalur-jalur bagi air tanah di batuan mudstone.

danau di mars
Urat Mineral (foto) ditemukan di salah satu kawah paling terkenal terbentuk oleh penguapan danau Mars kuno. Para peneliti mengatakan urat mineral tersebut penuh sulfur dan bahkan mungkin telah mendukung kehidupan asing di masa planet merah masih berair.

“Rasa air tanah Mars ini akan menjadi agak tidak menyenangkan, dengan sekitar 20 kali kandungan sulfat dan natrium dari botol air mineral misalnya,” kata Profesor John Bridges dari University of Leicester.

“Namun karena Dr Schwenzer dari The Open University menyimpulkan, beberapa mikroba di bumi menyukai sulfur dan cairan yang kaya dengan kandungan besi, dengan demikian mereka dapat menggunakan dua elemen itu untuk mendapatkan energi. Oleh karena itu, untuk pertanyaan kelayakhunian di kawah Gale rasa air tersebut adalah berita yang sangat menarik,” lanjutnya.

Studi ini menunjukkan urat-urat ini dibentuk karena sedimen dari danau purba terkubur, terpanasi hingga sekitar 50 derajat Celsius dan berkarat. Penguapan danau kuno di Yellowknife Bay akan menyebabkan pembentukan silika dan endapan yang kaya dengan sulfat.

Endapan asli kemungkinan besar adalah gypsum, mineral putih atau abu-abu lembut yang terdiri dari kalsium sulfat yang terhidrasi ketika danau tersebut tertimbun. Kemudian endapan ini terlarut dalam air tanah, dan kemudian menjadi bagian dari batu di kawah Gale. Hal ini menyebabkan pembentukan urat-urat lapisan sulfat di dalam Yellowknife Bay.

Mudstone dengan urat sulfat di Kawah Gale mirip dengan komposisi batuan di Watchet Bay di Devon Utara.

“Hal ini memberikan bukti lebih lanjut untuk sejarah panjang dan bervariasi tentang air di kawah Gale. Multi generasi ke generasi tentang cairan, masing-masing dengan kimia yang unik, pasti telah ada untuk menjelaskan apa yang kita temukan dalam catatan batuan hari ini,” kata Ashwin Vasavada, ilmuwan Curiosity Project dari Nasa Jet Propulsion Laboratory.

Kawah di planet Mars

Ada ratusan ribu kawah di Mars, yang disebabkan oleh bertemunya dengan benda-benda lain seperti asteroid, tetapi hanya beberapa dari mereka yang memiliki nama. Kawah lainnya terbentuk dengan cara yang berbeda, melalui aktivitas gunung berapi, misalnya. Dan beberapa kawah ini telah memberikan petunjuk sejarah yang paling menarik tentang permukaan Mars. (ran)

Share

Video Popular